• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Cuma Mereka yang Bisa Mengalahkan The Power Emak-Emak, Jebmen Everywhere!

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Cuma Mereka yang Bisa Mengalahkan The Power Emak-Emak, Jebmen Everywhere!


[ HT# 831 ]

Urusan berbelanja atau menawar sesuatu emang jagonya emak-emak, selain kejam karena bisa menawar pandai pula memilih barang. Ini adalah fakta, tapi terkadang sejago-jagonya emak bisa kena tipu muslihat penjual yang cerdik, terutama emak yang sudah bernafsu beli dan malas untuk berfikir.

Pedagang yang berpengalaman dan menguasai bidangnya tentu akan lancar berkata-kata bak tukang obat atau tukang kecap, barangnya selalu dibilang berkualitas selalu nomor 1. Yah, namanya juga orang usaha ya tapi gak gitu juga kalee, bang! hehe.

Selama saya mengenal penjual di lapak atau pasar tradisional ada macam cara seperti salah satunya penjual menjajakan dagangannya dengan sekreatif mungkin, macam bersilat lidah saja.



Kepiawaian penjual dengan 'meracik' kata agar calon pembeli tergoda seringkali berhasil. Tanpa disadari seorang emak yang baru saja lewat depan lapak si abang langsung melirik begitu mendengar kata:

"Mari bu, harga normal 75rb, diskon hari ini saja saya kasih 50rb bonus senyum dari saya". Padahal harga modal hanya 35rb, harga gelap macam baju anak agak susah ditebak oleh emak padahal kalau diperhatikan secara detail kualitas jahitan, kancingnya, sablonannya, atau resletingnya biasa saja.

Contoh lain adalah si abang teriak : "Ngabisin nih bu, udah siang saya mau pulang!", atau "Saya kasih murah nih bu, tinggal satu!" Padahal aslinya harga ngabisin tetap harga normal, iya bener tinggal satu yang dipegangnya padahal di tasnya masih ada selusin. Wkwk.



Namanya agar jualannya cepat laku banyak pedagang melakukan cara kreatif lain yang tidak kalah inovatif mempermainkan logika calon konsumennya. "Mari bapak, mari ibu.. beli 1 bayar 1500, beli 2 bayar 3000 saja, kalau beli 3 cukup bayar 5000!"

Dari jauh terdengar penjual tahu kotak 500 goreng dadakan, tapi yang di jual tahu yang sudah bertumpuk sejak tadi di wadahnya. Ada sebuah iklan online bertuliskan "Jual Sepatu Mike Replika Super Limited Edition", padahal hanya untuk memperhalus bahasa dari kata aslinya yakni barang Palsu!

Istilah permainan kata ini memang seringkali membuat calon konsumen tanpa sadar telah masuk dalam jebakan betmen penjualnya. Untuk itu sikap kehati-hatian dan mencerna dulu perkataan sipenjual atau tulisan iklan yang dilihat adalah penting, tujuannya untuk menghindari kekecewaan karena sudah diakali penjual. Apalagi jika di Notanya tertulis "Barang yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan", wassalam deh kamu!







Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini | img : gugel 




Diubah oleh iskrim 02-11-2021 06:07
erqitanews
Uprutz
areszzjay
areszzjay dan 13 lainnya memberi reputasi
14
4.1K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.