Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Simpel Sampai Rumit, Berikut 6 Sarang Hewan Dengan Bentuk Yang Paling Unik Di Dunia!

Si.joniiAvatar border
TS
Si.jonii
Simpel Sampai Rumit, Berikut 6 Sarang Hewan Dengan Bentuk Yang Paling Unik Di Dunia!
Sarang bagi hewan adalah tempat menyimpan telur, berdiam diri, menjaga anak, berlindung dari predator dan hal lainnya. Tapi hewan ini memiliki cara sendiri loh dalam membuat sarangnya, bentuk sarang dari semua hewan juga bermacam-macam namun diantaranya ada yang berbentuk unik. Nah berikut ini ada 10 sarang unik diantara banyak yang lainnya..


1. Sarang Laba-Laba
Quote:
sumber
Pada tahun 2010 ada kejadian aneh bin unik di Pakistan, saat itu terjadi banjir dahsyat di wilayah tersebut yang merenggut 2000 nyawa, hingga jutaan laba-laba melarikan diri dari air yang banyak dan menyelimuti diri mereka dengan jaring laba-laba di pohon-pohon. Laba-laba tersebut menenun jaring yang terkenal rumit tersebut diantara dedaunan, di cabang dan ranting pohon, jaring tersebut terdapat di lebih dari satu pohon. Fenomena seperti ini belum pernah disaksikan oleh warga sekitar, tapi bagusnya sih karena jaring tersebut resiko penyakit malaria semakin menurun karena mengurangi populasi nyamuk yang bertambah akibat genangan air, karena nyamuk-nyamuk diperkirakan banyak terperangkap ke dalam jaring laba-laba tadi.


2. Sarang Rayap
Quote:
sumber
Banyak hewan yang mampu membuat sarang dengan struktur bangunan yang sempurna dan rumit termasuk para rayap, sarang rayap memiliki kemampuan untuk menjaga suhunya tetap stabil, mereka biasanya membangun saluran udara di sekeliling sarangnya dan biasanya nih gan koloni pekerja akan menjaga dan membangun sarang mereka selayaknya rumah milik manusia, maka tidak jarang sarang mereka memiliki struktur bangunan yang rumit seperti sarang rayap yang pernah ditemukan di australia, tepatnya di kawasan Taman Nasional Litchfield Northern Territory. Sarang rayap ini memiliki tinggi 4,5 m dan berdiameter 1,5 m dan diperkirakan sudah berumur 50 tahun, namun bukan hanya sekali saja sarang rayap ini ditemukan berbentuk unik dan besar.


3. Sarang Katak Pohon
Quote:
sumber
Katak pohon adalah hewan yang sangat unik, hewan ini adalah hewan poliandri terekstrim karena kata seorang ahli ekologi perilaku religius dari university of wollongong di Australia, saat sedang kimpoi katak betina ini akan memanjat pohon dan pejantan akan naik di punggung kemudian merangsangnya agar bertelur, nah pejantan akan mengocok betina sehingga mengeluarkan busa dan memasukkan telurnya, setelah satu pejantan dilanjutkan lagi oleh pejantan lainnya hingga cukup sampai 20 pejantan. Pejantan pun berbaris menunggu giliran, wah pantas aja ya dibilang ekstrem selama berjam-jam mereka ini bisa menghasilkan gamet dan membungkusnya dalam gelembung tadi yang akan melindungi embrio, 5 hari kemudian anak katak akan meninggalkan sarang dan nyemplung ke air. Sarang katak ini sangat unik karena berupa busa atau gelembung yang tergantung di ranting pohon.


4. Sarang Semut
Quote:
sumber
Selain rayap, semut termasuk dalam hewan berkoloni dan dalam pembuatannya sarang semut termasuk paling jago, salah satu sarang semut yang paling fenomenal adalah yang berada di brasil, beberapa arkeolog menemukan sarang semut raksasa yang bisa disebut megapolitan. Sebelum melakukan pemeriksaan arkeologi ini menuangkan cairan semen dan sebulan kemudian mulai mengerjakan penggalian, besarnya sarang semut itu sebesar 500 kaki persegi dan lebar hingga 26 kaki, sarang semut tersebut sangat unik memiliki saluran yang berfungsi sebagai ventilasi dan jalur keluar masuk, ada juga jalan kecil dan besar kemudian ada jalan utama dan banyak cabang menuju sumber makanan. Sarang ini seperti lubang labirin yang terbuat dari tanah, strukturnya sangat kompleks dan ukurannya sangat besar.


5. Sarang Lebah
Quote:
sumber
Semut dan rayap adalah hewan berkoloni tapi jangan lupa lebah ya, mereka juga hidup berkoloni malah dalam semua aspek kehidupan mereka, mencari makan, kimpoi dan membangun sarang mereka melakukannya secara sistematis dan bersama-sama. Struktur bangunan sarang mereka juga dibangun gak asal-asalan bahkan terkesan rumit, tapi ada satu sarang lebah yang unik yang pernah di temukan tahun-tahun. Percobaan yang dilakukan Mattia Menchett seorang mahasiswa jurusan biologi di Universitas Florence Italia, ia memberikan warna berbeda pada kertas yang digunakan koloni tawon dari waktu ke waktu, ia memberikan saat membuat sarang agar tawon ini membuat rumah mereka dengan spektrum yang berwarna-warni dan hasilnya pun sangat cantik, hasil yang sama pernah terjadi pada tahun 2012 di Prancis, seorang peternak menemukan madunya berwarna hijau dan biru. Setelah ditelusuri ternyata tawonnya ini menggunakan gula yang dikumpulkan dari cangkang coklat MNM di dekat sebuah pabrik pengolahan limbah.


6. Sarang Burung Penenun
Quote:
sumber
Burung Penenun adalah salah satu burung yang paling banyak jumlahnya, mereka memiliki kemampuan yang bagus dalam pembuatan sarang, burung ini terkenal sangat artistik. Malah dalam berpasangan betina menaruh syarat yang menarik, pejantan paling kreatif lah yang akan memenangkan hati sang betina. Tes keterampilan mereka dilakukan dengan membuat sarang yang paling rumit dari setiap sarang yang pernah ada, tes keterampilan ini membuat burung penenun selalu menghasilkan sarang yang unik dengan bahan-bahan yang juga unik tiap tahunnya. Nah sebuah sarang burung di namibia dibuat sangat besar sehingga membuat ranting pohon ini melorot, ternyata sarang tersebut dibuat untuk digunakan secara berkoloni namun bukan oleh pejantan saja, betina lebih banyak mengambil peran. Sebuah sarang burung penenun yang paling cantik adalah yang ada di india, bentuknya itu memanjang ke bawah rapi dan ketat terbuat dari akar dan sulur.

Nah itulah tadi beberapa sarang hewan dengan bentuk yang paling unik yang ada didunia, pasti masih banyak lagi ya sarang-sarang hewan yang lebih menarik yang belum pernah ditemukan oleh manusia. Semoga kita dapat mengambil pelajaran dan manfaatnya, semoga bermanfaat dan sampai jumpaa..
Diubah oleh Si.jonii 28-10-2021 00:30
0
1.9K
7
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.