sisipiiiittttAvatar border
TS
sisipiiiitttt
Papua, Tempat Berkumpulnya 5 Gunung Tertinggi Di Indonesia!

Tahu kah kalian? Kalau di Papua terdapat pegunungan tertinggi di Indonesia? Iya, betul banget! Pegunungan tersebut adalah Pegunungan Jayawijaya dengan puncak tertingginya Puncak Jaya. Pegunungan Jayawijaya sendiri terdiri dari banyak rangkaian pegunungan.

Rangkaiannya ini ternyata termasuk kedalam 5 gunung tertinggi di Indonesia, mau tau apa saja? Ini dia jawabannya:

1. Puncak Jaya

Spoiler for :


Puncak Jaya adalah gunung yang paling terkenal dari Pegunungan Jayawijaya. Gunung ini memiliki ketinggian 4.884 meter diatas permukaan laut yang terletak di Papua, sekaligus masuk kedalam tujuh besar puncak tertinggi di dunia. Puncak Jaya pertama kali ditaklukkan oleh Hendrikus Albertus Lorentz, seorang pendaki asal Belanda Bersama orang Dayak berjumlah enam orang.

Gunung ini sebelumnya dikenal dengan nama Carstensz karena “ditemukan” oleh Jan Carstenszoon, seorang warga negara Belanda yang sedang melakukan penjelajahan lalu melihat gunung yang diselimuti salju padahal cuaca sedang cerah dan panas.

2. Puncak Mandala

Spoiler for :


Puncak Mandala terdapat dibawah Puncak Jaya dengan ketinggian 4.760 meter diatas permukaan laut. Puncak Mandala merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia. Gunung ini termasuk gunung yang sulit ditaklukkan, sehingga tidak semua orang bisa mendakinya.

3. Puncak Trikora

Spoiler for :


Puncak Trikora memiliki ketinggian 4.730 meter diatas permukaan laut. Kabarnya, Puncak Trikora ternyata lebih sulit ditaklukkan dibanding Puncak Jaya. Gunung tertinggi ketiga di Indonesia ini memiliki suhu terendah, yaitu sebesar 4 derajat celcius.

4. Ngga Pilimsit

Spoiler for :


Gunung Ngga Pilimsit juga dikenal dengan sebutan Gunung Idenberg. Gunung tertinggi no. 4 di Indonesia ini memiliki ketinggian 4.673 meter diatas permukaan laut. Dengan adanya Ngga Pilimsit ini, Papua berhasil menempatkan lima gunung tertingginya sebagai gunung-gunung tertinggi di Indonesia.

5. Puncak Yamin

Spoiler for :


Puncak Yamin pertama kali didaki pada 2018 oleh kelompok pendakian bernama Wanadri. Untuk menuju puncaknya masih terlalu sulit, karena itu hanya sedikit pendaki yang berhasil menaklukan puncak ini.

Tahun 1913, Puncak Yamin bernama Hendrik-top. Saat itu, disana terdapat salju yang kemudian dinamai dengan “salju abadi”. Namun sayang, sekarang salju itu sudah meleleh dan tidak terlihat wujudnya di Puncak Yasmin.

Keren ya, Gan! Kelima gunung tertinggi di Indonesia ternyata ada di Papua semua. Kira-kira agan tertarik kah untuk mendaki gunung-gunung tersebut? Jawab dikolom komentar, ya.emoticon-Big Grin

Nah, sekalian bahas Papua nih. Ane ingin mengingatkan kalau PON XX 2021 akan diselenggarakan di Papua pada 2-15 Oktober mendatang. Kurang lebih 3 bulan lagi pagelaran olahraga terbesar di Indonesia ini akan dilaksanakan. Ayo, kita dukung PON XX Papua 2021!!!

Selanjutnya tentang PON XX Papua:

Quote:






Diubah oleh sisipiiiitttt 26-07-2021 03:21
0
921
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Olahraga
Berita OlahragaKASKUS Official
15.1KThread4.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.