Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Banyuwangi
  • Easy Touch Project - Kumpulan Ide Kreatif untuk Masa Depan Banyuwangi

biohazard89Avatar border
TS
biohazard89
Easy Touch Project - Kumpulan Ide Kreatif untuk Masa Depan Banyuwangi
Banyuwangi terletak di ujung paling Timur pulau Jawa dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Situbondo di utara, selat Bali di Timur, Samudra Hindia di selatan serta Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso di barat. Banyuwangi dihuni oleh beragam suku bangsa. Penduduk lokal Banyuwangi adalah suku Osing dan suku lain yang hidup dengan damai, seperti suku Madura, suku Jawa, Bali dan Bugis. Dalam keseharian, penduduk lokal memakai bahasa Osing.


Perkembangan sebuah daerah tentunya tidak terlepas dari realisasi sebuah kreativitas. Daerah yang tumbuh dan berkembang dengan kreativitas pastinya akan menghasilkan sesuatu yang berbeda dari yang lain dan dapat menarik perhatian banyak orang. Inovasi dan terobosan yang hadir dari seluruh perangkat masyarakat akan menjadikan sebuah daerah semakin maju. Terutama, jika daerah tersebut memiliki banyak potensi, seperti Banyuwangi, yang menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi Nasional Jaringan Kota Kreatif Indonesia pada tahun 2020.


Pada dasarnya, kreativitas itu sendiri berawal dari ide abstrak, yang kemudian tercermin melalui konsep kreatif dan realisasi. Kota kreatif adalah tempat di mana ide abstrak tersebut menjadi konkret. Kota kreatif akan menjadi tempat di mana ide-ide dan imajinasi dibentuk dan dibudidayakan untuk kemajuan bersama. Kota kreatif haruslah efisien, yang peduli dengan kesejahteraan semua warganya dan harus menjadi kota yang memuaskan secara emosional, serta menjadi kota yang merangsang kreativitas warganya. 

Kreativitas merupakan jenis sumber daya yang sangat dibutuhkan saat ini di mana menjadi sudut pandang peradaban yang paling menentukan, terutama dari sudut pandang sosial dan ekonomi. Kreativitas yang menghidupkan dan menggerakkan kota itulah pada akhirnya akan menentukan kesuksesan sebuah kota. Karakter dan Kearifan Lokal harus disertai dengan tersedianya ruang-ruang kota inspiratif yang memberi tempat pada warganya untuk berekspresi, berkumpul, berdiskusi, dan berkolaborasi menciptakan kreativitas untuk dapat mewujudkan kota kreatif.


Nah berdasarkan pemaparan di atas, berikut adalah ide-ide yang bisa TS kontribusikan untuk masa depan Banyuwangi, yang TS namakan dengan Easy Touch Project. Pada dasarnya, ide kreatif tidak harus selalu tentang something new. Dengan demikian, jika ada beberapa ide yang mirip atau bahkan sudah realisasi, mari kita sama-sama melakukan improvement dan/atau enhancement untuk perkembangan kota Banyuwangi yang lebih baik lagi.


Quote:

Sebuah wadah yang disediakan sebagai sarana bagi warga masyarakat dalam menyampaikan idenya. Dengan tingkat privasi yang sangat tinggi, dijamin setiap orang tidak akan malu dan takut untuk menuangkan ide yang mungkin sudah lama dipendam. Idea Box juga dapat menjadi daya tarik bagi setiap masyarakat untuk berkontribusi langsung mengembangkan kota tercintanya.


Idea Box sebaiknya ditempatkan di area yang ramai dikunjungi, seperti taman bermain, tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan tempat lainnya yang strategis. Seluruh ide masyarakat kemudian dikumpulkan dan dilakukan penilaian serta menentukan timeline realisasinya sesuai potensi yang relevan.


Quote:


Merupakan hari di mana masyarakat bisa berkontribusi langsung pada program peduli lingkungan. Aktivitas utamanya adalah menanam pohon atau tanaman lainnya di titik yang telah ditentukan. Selain itu, di hari yang sama, masyarakat juga bisa dengan bebas memanfaatkan jalanan tanpa polusi, tanpa kendaraan bermotor. Aktivitas tersebut misalnya, bersepeda, jalan sehat, lari santai, dan lain sebagainya.


Quote:


Recycling Box merupakan sebuah inovasi dalam hal pengolahan sampah. Masyarakat dapat memasukkan sampah, terutama sampah plastik, yang nantinya akan didaur ulang untuk menghasilkan sesuatu yang berguna dan bernilai ekonomis. Ide ini sangat bermanfaat untuk menciptakan lapangan kerja baru serta sangat cocok menggandeng generasi muda yang masih penuh dengan semangat.


Quote:


Kota kreatif semakin mudah terwujud apabila dikombinasikan dengan smart dan agile. Smart dalam memanfaatkan peluang yang ada dan agile dalam menghadapi segala tantangan. Secara mudah, Ambidextrous Concept memiliki makna yang sama ketika seseorang mampu menggunakan kedua tangannya dengan nyaman untuk melakukan banyak hal dalam kehidupan. Dengan kata lain, Ambidextrous Concept akan menerapkan sistem dual function atau multi-strategy yang relevan untuk pengembangan inovasi dan kreativitas.

Menurut pandangan TS, realisasi dari Ambidextrous Concept tersebut adalah sistem SSO (Single Sign On). Setiap warga memiliki akun masing-masing yang dapat diakses melalui website atau aplikasi khusus (berbasis smart phone) yang telah disediakan. Semua fasilitas dan pelayanan publik yang telah terintegrasi dengan sistem dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat.

SSO (Single Sign On) mungkin merupakan long term idea dan harus berkontribusi dengan Pemerintah Pusat. Namun demikian, Banyuwangi sebagai kota kreatif, dapat dijadikan deployment dan batch pertama untuk merealisasikan ide tersebut.


Quote:

KIOSK merupakan sebuah mesin yang ditempatkan di tempat-tempat tertentu dengan tujuan tertentu. Banyuwangi KIOSK merupakan sebuah ide untuk mewujudkan digitalisasi informasi yang disajikan secara komprehensif melalui mesin touchscreen yang mudah digunakan oleh siapa saja.

Sumber

Banyuwangi KIOSK sangat cocok diletakkan di tempat-tempat wisata dan tempat strategis lainnya, sehingga pengunjung dapat dengan mudah memperoleh informasi terkait tempat yang bersangkutan. Seiring berjalannya waktu dan pesatnya perkembangan teknologi, KIOSK tersebut bukan tidak mungkin diintegrasikan dengan Virtual Reality (VR) untuk membuat suasana menjadi lebih hidup, menarik dan berkesan.


Quote:


Melakukan pengembangan akses menuju Banyuwangi dan yang paling berpotensi memiliki pengaruh besar adalah dengan memperbaiki infrastruktur, misalnya dengan membangun jalan tol yang terintegrasi dengan banyak kota di Indonesia. Ketika menjadi kota kreatif tentunya banyak orang yang ingin berkunjung ke Banyuwangi. Memiliki infrastruktur yang memadai pastinya akan sangat menunjang hal tersebut.


Quote:


Menciptakan transportasi lokal akan membuat aktivitas menjadi semakin nyaman, dengan menganut konsep ramah lingkungan. Contoh realisasinya adalah dengan membuat moda transportasi Trans-Banyuwangi. Kita bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan nyaman dan aman sambil menikmati indahnya kota, tanpa adanya polusi udara. Hal ini pastinya akan membuat warga dan bahkan para wisatawan merasa tenang menjelajahi Banyuwangi.


Quote:


Ide-ide revitalisasi kota dengan mengoptimalkan ruang-ruang publik akan menjadi daya tarik bagi warga masyarakat. Contohnya adalah kolong jalan layang dibuat taman yang cantik dan kolong beton penyangga dirambati tanaman atau dihiasi desain grafis, mural warna-warni, serta diterangi permainan lampu di malam hari. Saluran air di sepanjang jalan kecil dan gang juga dilakukan perbaikan untuk memaksimalkan fungsinya dan menciptakan suasana yang kondusif.
Quote:

Untuk menghadapi tantangan masa depan, Banyuwangi harus melakukan transformasi. Mengembangkan culture yang smart dan agile, yang dapat mengadopsi segala perubahan. Easy Touch Project merupakan solusi komprehensif "semudah sentuhan" yang diharapkan dapat membawa Banyuwangi ke masa depan yang lebih cerah. Hal ini akan menjadi salah satu kekuatan Banyuwangi untuk menghadapi persaingan.

Di tengah perekonomian nasional dan dunia yang tidak menentu, pemerintah harus mendorong dan memfasilitasi pembangunan kota kreatif, terutama bagi daerah yang memiliki potensi luar biasa. Kota yang kreatif pada nantinya akan melahirkan warga yang kreatif pula dan akhirnya akan menumbuhkan ekonomi yang kreatif. Hal tersebut tidak hanya akan berdampak pada daerah itu sendiri, namun juga akan berdampak pada kemajuan pembangunan Indonesia.


Sumber:
Opini Pribadi
dan
[1], [url=https://S E N S O Rthe-urban-condition/the-creative-city-how-creativity-can-transform-urban-planning-design-46943468b9b8][2][/url], [3]
Diubah oleh biohazard89 13-06-2021 12:33
veromoss
dalledalminto
anna1812
anna1812 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
2.3K
59
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Banyuwangi
BanyuwangiKASKUS Official
524Thread672Anggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.