• Beranda
  • ...
  • Madura
  • Tidur di Kasur Pasir, Tradisi Unik Turun Temurun Warga Madura

camplongAvatar border
TS
camplong
Tidur di Kasur Pasir, Tradisi Unik Turun Temurun Warga Madura

Kampung Pasir yang terletak Desa Legung Timur Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep, Madura, mulai dikenal karena kebiasaan warganya yang unik. Manusia di desa tersebut mendapat julukan "Manusia Pasir". Bukan tanpa sebab julukan tersebut diberikan, masyarakatnya mempunyai tradisi yang telah dijalankan dari zaman leluhur hingga saat ini yaitu tidur di atas pasir.

Hal tersebut sudah menjadi tradisi turun temurun bagi warga sekitar dan merupakan kewajiban setiap rumah memiliki kasur pasir dalam rumahnya. Bukan karena tidak mampu, hanya saja masyarakat sekitar tidak bisa tidur dengan nyaman di atas kasur. Mereka hanya bisa tidur pulas di atas hamparan pasir.
Quote:

Spoiler for :

Tidak hanya di dalam rumah saja masyarakat setempat menaruh pasir, di halaman rumah dan tempat-tempat tertentu juga ada pasir yang digunakan untuk bersantai bersama keluarga dan tetangga. Tradisi ini sudah berlangsung selama ratusan tahun dan tetap dilakukan hingga saat ini. Bahkan, kebanyakan anak di desa tersebut dilahirkan di atas pasir.

Mereka lahir, bermain, tumbuh, berkembang, dan menjadi dewasa di atas pasir sehingga tak heran jika mereka disebut Manusia Pasir. Warga percaya jika pasir memberi manfaat besar berupa kesehatan bagi tubuh mereka, kualitas tidur mereka pun lebih nyenyak jika tidur di atas pasir dibandingkan di atas kasur.

Pasir yang digunakan berasal dari Pantai Lombang. Pasir tersebut tidak lengket di kulit atau tubuh meski kulit dalam keadaan basah. Butiran pasir tersebut memiliki kristal pasir yang sangat halus, bersih mengkilap, dan memiliki warna putih gading. Sebelum digunakan, pasir akan diayak terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada batu atau benda berbahaya lain di dalamnya. Pasir lalu dijemur agar tak basah atau lembab.

Kampung pasir ini juga sudah menjadi tempat wisata unik yang banyak dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri. Masyarakat sekitar menyambut ramah para pengunjung yang penasaran dengan sensasi tidur di atas pasir.
Quote:

Abadikan setiap momen berharga GanSist dengan Smartfren Unlimited Maxi, posting apa pun ke media sosial nggak ada drama internet lemot atau sinyal hilang. Smartfren Unlimited Maxi menjangkau semua tempat, kapan pun, dan di mana pun GanSist berada. Oiya, jangan lewatkan penawaran menarik khusus untuk pengguna Smartfren Unlimited Maxi.

Sumber gambar dan referensi: 1, 2, 3
iissuwandi
istijabah
REVA
REVA dan 2 lainnya memberi reputasi
3
627
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Madura
MaduraKASKUS Official
1.7KThread686Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.