• Beranda
  • ...
  • Madura
  • Wisata Unik Api Tak Kunjung Padam di Pamekasan, Sejarah Dibalik Munculnya Api Abadi

iissuwandiAvatar border
TS
iissuwandi
Wisata Unik Api Tak Kunjung Padam di Pamekasan, Sejarah Dibalik Munculnya Api Abadi

Madura selain identik dengan kulinernya yang khas, destinasi wisatanya pun bikin terpesona wisatawan, baik lokal mau pun luar. Salah satu destinasi wisata yang tidak pernah sepi pengunjung adalah destinasi wisata api abadi atau api tak kunjung padam. Fenomena alam unik ini menjadi daya tarik pengunjung yang ingin melihat langsung wujud dari api tak kunjung padam.

Dinamakan demikian karena memang destinasi wisata tersebut merupakan keajaiban alam, di mana api tersebut keluar dari permukaan tanah. Tenang, GanSist, api yang keluar tidak akan melewati pagar pembatas, jadi yang di luar pagar akan aman dari semburan api.

Beralamat di Asemanis satu, Larangan, Desa Tokol, Pamekasan, objek wisata ini selalu ramai didatangi pengunjung yang penasaran dengan wujud api tak kunjung padam. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota Pamekasan yang berjarak kurang lebih 4 km dengan lama perjalanan sekitar 15 menitan, jika ditempuh dari Kota Surabaya membutuhkan waktu kurang lebih 2,5-3 jam melewati Jembatan Suramadu.

Untuk GanSist yang ingin masuk ke area api tak kunjung padam, pengunjung dikenai biaya Rp10.000 per-orang. Untuk kendaraan roda dua dikenai tarif Rp2.000 sedangkan roda empat Rp5.000. Tempat ini terbuka untuk umum selama 24 jam, loh, GanSist. Keunikan dari wisata api tak kunjung padam ini adalah semburan api yang berasal dari bawah permukaan tanah atau perut bumi yang meski diguyur hujan atau air, api tersebut akan tetap menyala.

Banyak pengunjung yang memanfaatkan api tersebut untuk membakar jagung dan sosis, juga makanan lain seperti ayam. Tentunya memakai bahan bakar dari alam memiliki sensasi rasa berbeda saat proses berlangsung. Oiya, bagi GanSist yang ingin mendirikan tenda, juga bisa loh, GanSist bisa bermalam di dalam tenda di sekitar pagar pembatas.

Konon katanya api tak kunjung padam tercipta dari bekas tancapan tongkat Ki Moko. Namun, secara ilmiah kawasan tersebut mengandung belerang yang jika bergesekan dengan oksigen, maka terjadilah fenomena api menyala.
Spoiler for Sejarah asal-usul api tak kunjung padam:

Jika Agan dan Sista ingin berkunjung ke api tak kunjung padam, ada baiknya datang pada malam hari, karena ke-eksotis-an dari api itu sendiri akan memancar kuat pada malam hari.
Quote:

Jangan takut kehilangan sinyal, Agan dan Sista bisa bebas internetan dengan
Smartfren Unlimited MAXItanpa perlu khawatir internetan lemot. Mau di mana pun dan kapan pun, internet akan lancar jaya. Mau upload video perjalanan hingga foto-foto ciamik, mudah banget!

Kuy, ke Madura, nikmati sensasi pengalaman seru berpetualang dengan Smartfren Unlimited Maxi!

Sumber gambar dan referensi: 1, 2, 3
Diubah oleh iissuwandi 31-05-2021 23:08
rirandara
franssinaga
istijabah
istijabah dan 2 lainnya memberi reputasi
3
807
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Madura
MaduraKASKUS Official
1.7KThread686Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.