Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Hanya Sekadar Mencium Aroma Makanan, Ternyata Sudah Bisa Bikin Badan Gemuk Lho

yukepodotcomAvatar border
TS
yukepodotcom
Hanya Sekadar Mencium Aroma Makanan, Ternyata Sudah Bisa Bikin Badan Gemuk Lho
WELCOME TO YUKEPO OFFICIAL THREAD
emoticon-Ultahemoticon-Ultah emoticon-Ultah



Saat kita sedang menikmati makanan, tekadang bukan hanya rasanya yang membuat makanan tersebut terasa lezat. Namun aroma yang ditimbulkan oleh makanan tersebut juga membuatnya terasa lebih nikmat. Pernah nggak sih kalian merasa makanan menjadi terasa kurang sedap saat hidung tersumbat? Hal ini bisa terjadi karena indra penciuman ternyata memiliki pengaruh kuat pada penentuan rasa makanan.

Terkait dengan indra penciuman dan makanan, ternyata hanya dengan mencium aroma makanan saja sudah bisa bikin gemuk. Lho, kok bisa?



Peneliti mengungkapkan bahwa seseorang bisa gemuk hanya dengan mencium bau makanan. Hal ini disebabkan karena tubuh bisa tertipu dengan aroma makanan yang kita cium. Tubuh akan mengira kita sudah makan bahkan saat kita hanya mencium baunya.



Penemuan tentang hal ini berdasarkan hasil penelitian dari dua ekor tikus yang memiliki kemampuan penciuman yang berbeda. Satu ekor tikus memiliki indra penciuman yang buruk dan satu lagi dengan indra penciuman yang normal. Dua ekor tikus ini sama-sama diberikan diet tinggi kalori. Namun pada akhir penelitian, ternyata tikus dengan penciuman yang buruk berat badannya berkurang dan tikus dengan penciuman normal berat badannya meningkat dua kali lipat.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bau pada makanan akan mempengaruhi pengaturan tubuh yang berhubungan dengan kalori. Selain itu hal ini juga menunjukkan adanya hubungan antara sistem penciuman dan bagian di otak yang berfungsi untuk mengatur metabolisme, terutama bagian hipotalamus. Meskipun demikian peneliti juga belum tahu secara pasti gambaran saraf yang menghubungkan sistem penciuman dan sistem metabolisme.



Tikus dan manusia sama-sama lebih sensitif dengan aroma saat sedang lapar. Sehingga, berkurangnya atau indra penciuman yang buruk dapat membuat tubuh tertipu. Tubuh akan merasa sudah makan saat tidak mencium makanan. Dan sebaliknya, saat mencium makanan terus menerus, tubuh akan terus mencari makanan dan membuat cadangan kalori. Hal inilah yang dapat membuat seseorang menjadi gemuk hanya dengan mencium bau makanan.

Wah ternyata mencium aroma makanan saja sudah bisa bikin gemuk ya. Bisa jadi selama ini kita gagal diet karena sering mencium aroma makanan meskipun tidak memakannya. Info penting nih buat agan/sis yang ingin menurunkan berat badan. Selain membatasi porsi makanan, menghindari aroma makanan juga penting untuk kesuksesan program diet. Semangat diet ya!

Sumber dari Yukepo

Rate, comment, cendol appreciated emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
tien212700
lasealwin
lasealwin dan tien212700 memberi reputasi
2
2.2K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.