Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fd26Avatar border
TS
fd26
Junko Tabei, Perempuan Pertama Penakluk Everest Meninggal Dunia








TOKYO, KOMPAS.com -
Junko Tabei, perempuan pertama di dunia yang menapakkan kaki di puncak Everest, dari Jepang, meninggal dunia di usia 77 tahun.

Tabei meninggal dunia akibat serangan kanker peritoneal.

Dia menghembuskan nafas terakhir pada Kamis lalu, di Rumah Sakit Saitama, di utara Kota Tokyo.

Demikian dilansir AFP, Sabtu (22/10/2016), mengutip kabar yang dirilis kantor berita NHK dan Kyodo dari pihak keluarga.

Kanker peritoneal adalah jenis kanker yang langka, yang biasanya muncul sebagai kanker ovarium saat diagnosis awal.

Kanker ini biasanya berkembang di daerah perut, dan bukan organ reproduksi. Namun, dapat berakibat serius terhadap sistem reproduksi wanita, melalui metastasis.

Metastasis diambil dari bahasa Yunani yang artinya "perubahan status". Dalam konteks ini adalah penyebaran kanker dari lokasi awal ke tempat lain di dalam tubuh.

Tabei menjadi perempuan pertama di dunia yang menaklukkan puncak Everest pada tahun 1975. Kala itu dia menggunakan jalur tenggara.

Sekalipun dia telah mencapai puncak tertinggi di dunia, Tabei yang berasal dari Fukushima terus melakukan aktivitas pendakian di berbagai belahan dunia.

Dia tercatat telah menaklukkan puncak-puncak dunia lainnya, seperti Kilimanjaro di Tanzania, puncak McKinley di Amerika Serikat, dan Vinson Massif di Antartika.

Rangkaian pendakian itulah yang kemudian menciptakan tren perempuan pendaki gunung kala itu.

Dalam wawancara dengan AFP di tahun 2003, dia pernah mengatakan, "saya tak punya hasrat untuk mendaki Everest lagi."

"Jika saya punya cukup waktu dan uang, saya lebih memilih untuk mendaki gunung-gunung yang belum pernah saya daki," sambung dia.

Ekspedisi terakhir yang dilakukan Tabei dibuat pada Juli lalu, ketika dia mendaki puncak Fuji di Jepang besama sejumlah murid SMA


iputan6.com, Saitama - Wanita pertama pendaki Gunung Everest, Junko Tabei, tutup usia. Warga Jepang itu meninggal dunia pada umur 77 tahun.

Tabei menaklukkan Everest pada Mei 1975 di usia 35 tahun. Dan pada 1992, ia berhasil mencapai tujuh puncak tertinggi di dunia lainnya.

Dilansir dari BBC, Senin (24/10/2016), Tabei didiagnosis menderita kanker perut empat tahun lalu. Ia meninggal di rumah sakit di Kota Saitama

Pendakian terakhirnya adalah ke Gunung Fuji pada Juli lalu. Ia mendaki bersama siswa SMA yang terkena gempa dan tsunami Jepang pada 2011.

Tabei berasal dari Prefektur Fukushima -- bagian yang paling parah terkena bencana tersebut.

Pada 2012, Tabei mengatakan kepada Japan Times betapa bangganya ia atas pendakiannya ke Everest.



Pada tahun 1970-an di Jepang, masih kuat anggapan bahwa laki-laki yang bekerja di luar dan perempuan harus tinggal di rumah. Bahkan wanita yang memiliki pekerjaan -- mereka d biasanya hanya diminta untuk membuatkan teh, sehingga jarang bagi mereka untuk dipromosikan di tempat kerja mereka," jelas Tabei kala itu.

Pendakiannya ke Gunung Everest terjadi 12 hari setelah ia tertimbun longsoran salju di gunung itu. Dia sempat dicari dan digali dari tumpukan salju oleh tim pemandu. Namun ia memilih meneruskan ekspedisi ke gunung setinggi 8.848 meter tersebut.

Berkat usahanya yang keras, Tabei menjadi wanita pertama yang mencapai puncak gunung setinggi 29.035 kaki di atas permukaan laut bersama sang sherpa, Ang Tshering.

Sebelum Tabei, pendaki asal Selandia Baru, pada 1953 Edmund Hillary dan pemandunya asal suku Sherpa di Nepal, Tenzing Norgay berhasil menjadi manusia pertama yang mencapai Gunung Everest di ketinggian 8.848 meter pada 29 Mei 1953.

Keberhasilan keduanya memicu pendaki lainnya untuk melakukan hal sama. Pada 1960, ekspedisi dari China berhasil menaklukkan gunung ini dari sisi Tibet. Dilanjutkan dengan James Whittaker di tahun 1963 sebagai warga Amerika Serikat pertama yang menginjakkan kaki di puncak Everest.






RIP Oma Junko Tabei

Spoiler for biodata:



Spoiler for kisah:





Spoiler for sumur:
Diubah oleh fd26 24-10-2016 05:57
sebelahblog
anasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
6.5K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.1KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.