Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Masih Seneng Beli Barang Import? Padahal Beli Produk Lokal Lebih Untung, Lho!

laziestgulzzAvatar border
TS
laziestgulzz
Masih Seneng Beli Barang Import? Padahal Beli Produk Lokal Lebih Untung, Lho!
Masih Seneng Beli Barang Import? Padahal Beli Produk Lokal Lebih Untung, Lho!



Indonesia gak pernah bosan untuk menyuarakan kampanye cinta produk dalam negeri. Semua itu karena produk dalam negeri punya peran dalam keberlangsungan ekonomi sebuah negara. Tapi sayangnya pada kenyataannya masyarakat kelihatannya masih banyak yang lebih suka belanja produk buatan luar negeri ketimbang produk lokal.

Tanpa sadar dengan kebiasaan belanja produk luar negeri, kita malah memberi pemasukan ke produsen luar negeri, tanpa ada manfaat apapun untuk ekonomi dalam negeri. Coba deh pikirin lagi, belanja barang-barang dalam negeri itu gak ada ruginya kok. Kualitas produk lokal banyak yang menyamai bahkan melebihi kualitas produk internasional.

Dibawah ini adalah beberapa kelebihan kalo kita belanja barang dari dalam negeri:

1. Membantu meningkatkan pemasukan bagi negara

Spoiler for :


Pemasukan negara kita pastinya akan bertambah jika kita melakukan ekspor atau penjualan ke luar negeri. Makanya, uang yang kita dapat dalam bentuk dollar otomatis akan kita tuker ke bank. Itu secara langsung akan menambah cadangan devisa bagi negara kita.

2. Memperluas lapangan pekerjaan

Spoiler for :


Gak usah pusing-pusing mikirin gimana caranya supaya kita menambah pemasukan negara. Dengan kita membeli dan memakai produk buatan dalam negeri aja, kita udah membantu industry atau unit usaha penghaasil produk tersebut untuk mempelruas lapangan pekerjaan mereka.

Para pencari kerja akan merasa terbantu dengan bertambahnya jumlah lapangan pekerjaan. Karena jika penjualan produk asli Indonesia meningkat, maka jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk tersebut pun akan semakin meningkat juga. Makanya, kalo mau bantu saudara-saudara kita yang masih nganggur, cobalah beli produk dari dalam negeri aja.

3. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Spoiler for :


Berkaitan dengan meluasnya lapangan pekerjaan, kesejahteraan masyarakat juga akan ikut meningkat apabila mereka bisa mendapat pekerjaan berkat pertumbuhan penggunaan produk dalam negeri. Angka kemiskinan juga akan turun apabila kita ikut menggunakan produk dalam negeri.

4. Meningkatkan kualitas produk

Spoiler for :


Kalo sampe produk lokal berkembang, tentunya akan ada peningkatan kualitas dari produk mereka. Biasanya produsen akan mempelajari ulang penjualan mereka, kalo dirasa ada yang perlu diperbaiki atau ditambah dari produknya, mereka akan melakukan evaluasi.
Contohnya dari perusahaan kosmetik Purbasari, karena melihat antusias peminatnya yang besar, pihak Purbasari banyak melakukan penambahan pada produk-produknya. Sukses dengan lipcreamnya, sekarang Purbasari ngeluarin produk lipstick metalik yang bisa bikin Kulit bibir tetap sehat dengan warna lipstick yang pigmented, dan tampilan glitter yang menawan. Pilihan warnanya masih cocok banget buat dipake sehari-hari.

5. Memperkuat rasa bangga terhadap produk dalam negeri

Spoiler for :


Kalo kita menggunakan produk dalam negeri yang berkualitas, pasti akan ada sedikit rasa bangga dalam hati kita. Bahwa produk-produk dalam negeri juga mampu menyaingi kualitas produk luar negeri. Memakai produk dalam negeri juga bisa membuat kita kelihatan keren, seperti memakai tas, sepatu, baju yang diproduksi oleh perusahaan atau produsen dalam negeri.

Gimana? Setelah baca tulisan ini apa kalian mau belanja barang-barang dalam negeri??
0
6.6K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.