Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

esemkajayaAvatar border
TS
esemkajaya
Mengaku Dibohongi Soal Mobil Esemka, Begini Cerita Rizal Ramli
JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli mengkritisi masih ada pejabat yang tidak jujur dan menyampaikan kebohongan publik sehingga berdampak luas kepada masyarakat.

Salah satunya dicontohkan Rizal soal rencana menjadikan mobil Esemka menjadi mobil nasional yang sempat ramai sejak 2012 silam.

Mantan Kabulog ini juga mengaku sempat ikut mempromosikan mobil Esemka tersebut karena dalam hitungannya mobil nasional akan sukses kalau kemampuan ekonomi kuat.

“Saya saat itu percaya saja dengan ikut mengkampanyekan namun saya malah dibohongi. Mobil Esemka hanya dijadikan alat kampanye, bukan sungguh-sungguh untuk dijadikan mobil nasional,” ungkap Rizal tanpa menyebut siapa yang ia maksud, di kediamannya di Jalan Bangka IX, Jakarta, Sabtu (16/2).




Kenyataannya hingga saat ini, kata Rizal, mobnas Esemka tidak terlaksana, padahal rakyat sangat berharap Indonesia memiliki industri mobil nasional.

Kisah Perjalanan Mobil Esemka, Mobil Nasional Yang Tak Berwujud

Jokowi saat menjabat Wali Kota Solo dan mobil Esemka karya siswa SMK di Solo. (foto:istimewa)
Kisah mobil Esemka bermula dari acara Kreatif Anak Sekolah Solo (Kreasso) tahun 2011. Di acara tersebut, Jokowi, yang waktu itu menjabat Wali Kota Solo, menyampaikan keinginannya menjadikan Mobil Esemkakarya siswa SMKN 2 Surakarta tersebut sebagai kendaraan dinas Wali Kota.

Jokowi saat mengunjungi acara yang memajang dua jenis mobil Esemka di kawasan Ngarsapura, Surakarta itu, kemudian menunjuka dan memilih mobil Esemka Rajawali, type Sport utility vehicle (SUV) untuk menjadi mobil dinasnya.

Sejak saat itulah popularitas Jokowi melambung dan elektabilitasnya menanjak, sehingga mengantarkan ke kursi Presiden ke-7 Indonesia.

Namun, sejak itu juga mobil Esemka menghilang. Tidak lagi terdengar kabar akan dijadikan mobil nasiona. Sementara mobil Esemka yang sebelumnya sempat dijadikan mobil dinas Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo, setelah Jokowi pindah ke Jakarta dan kemudian jadi Presiden, kini hanya jadi pajangan di SMKN 2 Surakarta (AD 1 A) dan SMK Warga Surakarta (AD 2 A).

Soal mobil nasional Esemka kembali mencuat jelang Pilpres 2019. Dikabarkan akan diluncurkan pada bulan Oktober 2018, namun hingga masuk Januari 2019, mobil Esemka tersebut tetap tidak berwujud.


https://seruji.co.id/fokus/mengaku-dibohongi-soal-mobil-esemka-begini-cerita-rizal-ramli/

Terharu perjuangsn pakde dalam mengembangkan esemka
1
2.3K
34
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.