Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

michelin234Avatar border
TS
michelin234
KEMENTAN: "Stok Cabai di Jamin Aman Sampai Natal dan Tahun Baru"
Melalui Direktorat Jenderal Hortikultura, pemerintah intensif melakukan pengamanan pasokan melalui pengaturan tanam aneka cabai di sentra-sentra produksi. Alhasil, pasokan dan harga cabai kurun waktu 2 tahun terakhir aman.

Untuk memastikan stok tersebut aman, Kasubdit Aneka Cabai dan Sayuran Buah Direktorat Hortikultura Kementerian Pertanian, Mardiyah melakukan kunjungan langsung ke sentra produksi cabai di Kabupaten Sumedang dan Tasikmalaya, Sabtu (29/92018).

Turut hadir pada kunjungan tersebut para champion atau penggerak petani cabe setempat. Mardiyah menekankan untuk pengamanan natal dan tahun baru, para champion di Sumedang sudah sigap menanam cabe seluas 200 ha yang tersebar di Kecamatan Pamulihan dan Cimanggung.





Dalam kunjungan tersebut, Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumedang, Nani Kordiani Rusyano, menyebutkan Luas Tambah Tanam (LTT) bulan Agustus untuk cabe besar seluas 100 hektar dan Cabe Rawit seluas 74 hektar dengan potensi produksi per hari rata-rata 8 ton untuk cabe besar, sementara cabai rawit 4 hingga 5 ton.


Quote:



Aseng, Ketua Asosiasi Cabai Sumedang mengaku telah memasok cabai secara rutin ke pasar Induk Kramat Jati Jakarta. Pasokan setiap harinya rata-rata 40 ton untuk cabe merah keriting, 50 ton cabe rawit merah dan 20 ton cabe merah besar.

Adapun harga aneka cabe di Pasar Induk stabil sejak Idul Adha hingga saat ini. Harga cabai rawit merah berada di kisaran Rp 12.000 sampai Rp 16.000, cabe merah keriting berkisar Rp.14.000 sampai Rp. 20.000 dan cabe merah besar Rp. 19.000 sampai Rp 21.000.


Quote:



Terpisah, Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Ditjen Hortikultura, Prihasto Setyanto, mengapresiasi kesiapan petani di Sumedang dan Tasikmalaya menghadapi Natal dan Tahun Baru. Pasalnya, pasokan yang cukup dari 2 sentra cabai tersebut diharapkan bisa memenuhi kebutuhan pasokan Pasar Induk Kramat Jati, Pasar Cibitung dan pasar besar di wilayah Jawa Barat.

Karenanya, lanjut Prihasto, Kementan akan terus melakukan pendampingan bagi petani utamanya terkait penerapan teknologi budidaya ramah lingkungan. Caranya dengan menggalakkan pergiliran varietas, penggunaan pestisida nabati, likat kuning dan tanaman pembatas seperti bunga matahari, kenikir dan jagung.


Quote:



Spoiler for Sumber:

0
475
1
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.