Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dimasgaharuAvatar border
TS
dimasgaharu
Ini Cara Mengelola Uang yang Tepat Berdasarkan Tipe Kepribadian


Agan dan sista pernah mengikuti tes kepribadian Myers-Briggs? Apa hasilnya gansis? Tes Myers-Briggs ini membagi orang dalam 16 tipe kepribadian. Lalu, apa hubungannya tes kepribadian Myers-Briggs dengan mengelola keuangan?

Ada, gansis setidaknya menurut perencana keuangan Ray Linder. Menurut penelitian yang dia lakukan, setiap orang mengatur uangnya dengan cara berbeda tergantung pada kepribadian mereka. Nah, berbagai perbedaan cara mengelola uang tersebut sesuai dengan tipe kepribadian Myers-Briggs.

Lebih lanjut, dalam bukunya, Ray Linder menggabungkan beberapa tipe kepribadian tersebut dan mengelompokkannya dalam empat kategori.

Dalam empat kategori ini, setiap tipe kepribadian dapat menilai dan pada akhirnya memilih cara yang paling tepat untuk mengelola keuangan mereka.

Untuk bisa tahu gansis ada di kelompok mana, sebelumnya gansis harus tahu hasil tes kepribadian Myers-Briggs.

Agan dan sista bisa mengikuti tes online secara gratis, kok! Tinggal google. Sementara empat kategori menurut hasil penelitian Ray Linder bisa gansis baca di bawah ini.


1. Protectors (Pelindung)



Tipe Kepribadian Myers-Briggs: ESTJ, ESFJ, ISTJ, ISFJ

Tipe ini termasuk konservatif, gansis dan jumlahnya mencapai 38% dari populasi manusia. Orang dalam kelompok ini berpikiran jauh ke depan dan menyiapkan masa depannya dengan matang.

Mereka bukan tipe yang mudah mengeluarkan uang, bahkan hanya untuk berlibur atau berinvestasi dengan risiko kecil.

Kekurangannya, tipe ini akan mengalami mengalami kesulitan jika ada perubahan mendadak dalam hidup mereka. Mereka bahkan bisa mengambil keputusan yang buruk karena terlalu panik.

Nah, jika gansis salah satunya, sebaiknya persiapkan juga uang untuk keadaan tidak terduga. Siapkan beberapa sumber dana untuk mendukung jika ada keadaan yang tidak diinginkan.

Selain itu, mulailah untuk belajar berinvestasi meski takut untuk memulainya. Investasi bisa membantu juga, lho di masa depan.

2. Planners (Perencana)



Tipe Kepribadian Myers-Briggs: ENTJ, ENTP, INTJ, INTP

Sesuai dengan namanya, 12% orang yang termasuk dalam tipe ini merencanakan masa depan mereka dengan baik. Tipe ini bisa dibilang tidak berbeda jauh dengan tipe pelindung. Bedanya, orang dalam tipe ini berani untuk berinvestasi, bahkan cenderung menyukai investasi jangka panjang.

Sayangnya, karena terlalu fokus pada masa depan, orang-orang dalam kategori ini bisa mengabaikan kesempatan yang ada pada saat ini. Bukannya sengaja, tapi perhatian mereka memang sudah dicurahkan untuk mengurus investasi jangka panjang.

Oleh sebab itu, jika gansis termasuk dalam tipe ini, usahakan untuk memperhatikan juga setiap kesempatan dan peluang yang ada, baik untuk saat ini atau masa depan.

Kita nggak pernah pernah tahu, investasi atau peluang mana yang bisa memberi keuntungan besar. Jangan memandang remeh apa pun peluang dan kesempatan yang datang, gansis!

3. Pleasers (Penggembira)



Tipe Kepribadian Myers-Briggs: ENFJ, ENFP, INFJ, INFP

Ini tipe orang yang akan dengan senang hati mentraktir teman-temannya. Gansis pasti punya teman seperti itu, bukan? Tipe ini bisa disebut sebagai tipe yang royal dalam membelanjakan uang mereka.

Ada sekitar 12% orang yang termasuk dalam tipe ini. Mereka membelanjakan uang mereka tanpa banyak berpikir, gansis. Baiknya, mereka mengeluarkan uang bukan hanya untuk menyenangkan diri sendiri, tapi juga orang lain.

Jika termasuk tipe ini, gansis harus mulai berlatih untuk mengendalikan uang secara ketat. Bukan berarti tidak boleh mentraktir diri sendiri atau orang lain, melainkan pastikan pengeluaran tersebut tidak berlebihan. Pikirkan juga keuangan gansis di masa depan dan mulai siapkan simpanan.

4. Players (Pemain)



Tipe Kepribadian Myers-Briggs: ESTP, ESFP, ISTP, ISFP

Tipe ini menurut Linder memiliki risiko finansial yang paling tinggi, gansis. Orang dalam kategori ini cenderung mengeluarkan uang secara kompulsif dan tidak memikirkan keadaan jangka panjang.

Mereka juga bukan tipe yang akan membuat atau memiliki rencana masa depan. Mereka hanya mengeluarkan uang tanpa mengkhawatirkan keadaan masa depan atau finansialnya saat ini.

Kalau gansis salah satu dari 38% orang dalam kategori ini, sebaiknya gansis mulai mengubah kebiasaan buruk dalam menggunakan uang.
Gansis boleh membeli apa pun, tapi sebelum itu selalu ingat untuk memisahkan sedikit uang untuk ditabung atau diinvestasikan.

Gunakan cara autodebit atau buat rekening khusus untuk menabung agar gansis tidak tergoda menggunakan uang yang ada.




=========

Nah, gansis masuk dalam kategori mana, nih? Tenang, gansis tidak ada benar atau salah, baik atau buruk jika gansis masuk dalam salah satu kategori.

Gansis bisa memanfaatkan penelitian dan kategori di atas sebagai langkah untuk mengenali diri dan kecenderungan gansis dalam mengelola uang.

Jika sudah mengenal diri dengan baik, gansis akan bisa menemukan cara yang paling tepat untuk mengatasi kekurangan dalam mengelola uang.

Intinya, gansis harus mau mencoba mengelola uang dengan cara yang lebih tepat. Selama gansis mau, pasti ada jalan.
Semangat mengelola uang, gansis!




Sumber
Diubah oleh dimasgaharu 04-10-2018 07:38
1
8.7K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.