Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nyai.dasimah99Avatar border
TS
nyai.dasimah99
Mahasiswa Ubah Kopi dan Labu Jadi Selai Empat Variasi Rasa
SURYA.co.id | SURABAYA – Pengolahan produk makanan kerap menjadi alternatif peningkatan nilai ekonomi suatu bahan mentah. Apalagi bagi sejumlah bahan yang selama ini belum digunakan secara maksimal seperti kopi dan labu.

Empat mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Jurusan Teknologi Pangan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (FTP UKWMS) pun berinovasi menggunakan bahan baku kopi dan labuuntuk membuat selai.

Mereka adalah Jane Nathania (22), Carolina Hendrianto (21), Alvina Handoyo (22) dan Lovina Aprilia Sugianto (22). Keempatnya membuat selai kopi menggunakan beberapa jenis labu, di antaranya menggunakan labu siam, labu air, labukuning dan labu kabocha.

"Masyarakat Indonesia tidak lepas dari budaya mengkonsumsi kopi dan labuterbatas. Apalagi labu selama ini hanya digunakan sebagai sayur, padahal labumemiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh," ungkap Jane sambil mempraktekkan pembuatan selai, Kamis (12/9/2018).

Proses pembuatan selai ini menurutnya sama halnya dengan pembuatan selai buah pada umumnya. Yaitu dengan membuat larutan dari sari bahan-bahan yang digunakan kemudian diuapkan.

Penggunaan labu ini juga sebagai pelarutkopi sehingga bisa menciptakan tekstur dan wujud selai.

"Karena penggunaan labu yang berbeda, produk kami menghasilkan empat jenis rasaselai, setiap anak membuat selai dengan jenis labu yang berbeda,"urainya.

Jane menggunakan labu siam, Carolina menggunakan labu air, lalu Alvina menggunakan labu kuning, serta Lovina menggunakan labu kabocha.

Jane menjelaskan untuk membuat selai ini mereka membutuhkan labu yang memang sehat dan segar. Selanjutnya labu perlu dicuci bersih dengan air mengalir dan dipotong menjadi ukuran yang kecil sehingga memudahkan proses pengukusan.

“Potongan labu itu dikukus selama kurang lebih 15 menit agar menjadi lunak. Langkah berikutnya labu kukus dihaluskan dan dicampur dengan bahan-bahan lainnya termasuk kopi. Kemudian dilakukan pemasakan selama 10 menit hingga didapatkan selai yang kental,” jelas Jane.



emoticon-Shakehand2 emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol

Kereen..... Terus berprestasi ya kawan-kawan.....

0
927
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.4KThread41.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.