Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Miguel Endara, Seniman Yang Membuat Lukisan Keren Menggunakan 3 Juta Titik!

mukamukaosAvatar border
TS
mukamukaos
Miguel Endara, Seniman Yang Membuat Lukisan Keren Menggunakan 3 Juta Titik!




 
Di tangan orang yang tepat, barang-barang sederhana dapat disulap menjadi karya seni yang tidak pernah terbayang. Di tangan orang yang tepat pula, imajinasi yang liar dapat diwujudkan. Bisa melalui media tulisan, lagu, hingga lukisan.

Melukis adalah salah satu bidang seni rupa 2 dimensi yang cukup digemari banyak orang. Walau tidak semua orang pandai melukis, namun bidang yang satu ini memiliki jumlah peminat yang banyak.

Banyak pelukis-pelukis yang namanya melambung berkat karyanya. Kebanyakan para pelukis tersebut memiliki gaya di setiap karyanya. Sebut saja Theodore Rousseu dan Gambir Anom dengan aliran naturalismenya, kemudian ada Fransisco de Goya dan Tarmizi yang dikenal lewat karyanya yang beraliran realisme, atau ada juga Raden Saleh yang terkenal dengan lukisannya yang beraliran romantisme, dan masih banyak lagi aliran dalam karya seni rupa seperti ekspresionisme, impresionisme, kubisme, fauvisme, dadaisme, futurisme, surealisme, kontemporer, kontruksivisme, pop art, abstrak, neo-klasik, primitif, optik, dan gotik.


Quote:


Dilansir dari Sahabatnesia, pointilisme merupakan salah satu aliran seni rupa yang menggambarkan suatu objek menggunakan titik-titik.

Ciri-ciri aliran ini adalah objek yang digambar akan terlihat jika dinikmati dari jarak jauh, dan membaur bila dinikmati dari dekat. titik yang digunakan terdiri dari bermacam variasi, baik tebal-tipis, besar-kecil, ataupun berwarna hitam-putih.

Dan salah satu tokoh fenomenal yang karyanya tenar lewat aliran ini adalah Vincent van Gogh.


“Starry Night” karya Van Gogh (sumber)


Dalam aliran pointilisme dikenal istilah teknik stippling. Apa itu? Dilansir dari sini dictio, teknik stippling ialah teknik  mengarsir dengan memberikan titik-titik, dengan tujuan memberikan value warna yang berbeda. Caranya bisa dengan merapatkan atau merenggangkan pengisian titik untuk mendapatkan hasil tertentu.

Teknik ini cukup familiar di kalangan seniman profesional. Salah satunya adalah Miguel Endara. Seniman asal Spanyol ini dikenal lewat karya-karyanya yang luar biasa! Menggunakan teknik stippling yang super-duper-butuh-ketelitian-tingkat-nasional, Miguel berhasil membuat lukisan dengan menggabungkan 3 juta titik! Penasaran seperti apa karyanya? Yuk, gan!


 
1. Benjaman Kyle

 





Quote:


Yang pertama adalah lukisan berjudul Benjaman Kyle yang dibuat pada tahun 2012. Di karya berukuran 20x15 inchi ini, Miguel menggunakan tinta di atas kertas. Dan yang menakjubkan, dengan menggunakan teknik stippling, Miguel menghabiskan sebanyak 2.1 juta titik! Demi sebuah lukisan yang luar biasa ini.

Dan, lukisan ini telah terjual seharga $13.800 atau setara 205 juta rupiah! (dengan kurs saat ini 14.800)
 

2. Hero

 




Yang kedua adalah lukisan berjudul ‘Hero’ yang dibuat pada tahun 2011. Masih menggunakan media dan teknik yang sama, lukisan berukuran 11x17 inchi ini dibuat menggunakan 3.1 juta titik! Edan!

Lukisan ini terjual dengan harga$21.000 atau setara dengan 312 juta rupiah lebih!


3. Lily With a Pearl Earring

 




Lukisan yang dibuat tahun 2010 ini tidak disebutkan berapa jumlah titik yang sama. Miguel hanya menerangkan bahwa lukisan berukuran 11x17 inchi ini dibuat menggunakan tinta dan teknik stippling.
Tetep keren!

 

4. Capricho Arabe






Mundur satu tahun ke belakang, 2009, Miguel telah membuat karya lain yang menakjubkan. Lukisan berukuran 7x7 inchi ini ia beri nama Capricho Arabe.

Luar biasa! emoticon-Wagelaseh


5. Ash

 




Sepuluh tahun yang lalu, 2008, Miguel menelurkan karya yang berjudul Ash. Lukisan ini berhasil terjual dengan harga $7.000saat itu, atau setara dengan 104 juta rupiah lebih untuk sekarang! Tidak disebutkan berapa banyak titik yang digunakannya.


6. Legacy

 




Lukisan kapal ini dibuat pada tahun 2006. Tidak dijelaskan berapa banyak titik yang ia gunakan, namun masih menggunakan teknik stippling. Mungkin waktu itu doi gak kepingin ngitung. emoticon-Big Grin
 



Di website miliknya, terdapat secuil QnA mengenai salah satu lukisannya yang berjudul ‘Hero’. Berikut ane terjemahkan ke dalam versi gaul untuk kaskuser dan pembaca tercinta.



Quote:




 
Artikel oleh Mukamukaos
Referensi dari sini
Gambar bersumber dari sini




Jangan lupa mampir di trit ane yang lain :

(HT #2)



9 Hal Edan Yang Cuma Ada Di Dubai! No 8 Cuma Sultan Yang Bisa



(HT #3)








Diubah oleh mukamukaos 04-09-2018 05:02
0
9.5K
48
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.