• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • #Ini Indonesiaku 5 spesies laut ini ternyata hanya ada di laut Indonesia!

riceudukAvatar border
TS
riceuduk
#Ini Indonesiaku 5 spesies laut ini ternyata hanya ada di laut Indonesia!
#Ini Indonesiaku 5 spesies laut ini ternyata hanya ada di laut Indonesia!

Sebagai salah satu negara yang memiliki wilayah perairan yang lebih luas daripada daratan, Indonesia memang diberkahi dengan banyaknya sumber daya hayati yang beraneka ragam di laut nih gan. Makanya menteri perikanan kita Ibu Susi Pudjiastuti selalu ngomong kalo orang Indonesia harus banyak makan ikan karena kita memang udah dikasi anugerah dengan banyak ikan. Kerennya lagi, kita juga dikasi anugerah lain yaitu sejumlah spesies laut yang berada di perairan Indonesia termasuk spesies endemik gan! Apa sih spesies endemik itu? Spesies endemik adalah semua spesies yang hanya terdapat di suatu wilayah, jadi gitulah gan kita harus bangga sebagai warga Indonesia karena hewan-hewan laut ini Cuma ada di Indonesia makanya beberapa dari hewan ini memang ditetapkan sebagai spesies yang terancam punah. Nah penasaran kan apa aja? Berikut Riceuduk udah ngumpulin 5 spesies laut yang hanya di laut Indonesia.

1.Hiu Berjalan ( Hemiscyllium halmahera )

Spoiler for Walking Shark:

 Waduh serem juga ya gan kalo hiu bisa jalan!! Tapi tenang gan, jalan disini maksudnya bukan hiu nya bisa jalan dan nyamperin agan yang lagi makan pecel lele dipinggir pantai ya, tapi Spesies yang menjelajahi dasar laut Halmahera, Maluku ini emang lebih suka menggunakan siripnya untuk berjalan di dasar laut ketimbang menggunakannya untuk berenang. Keren kan gan!

2.Ikan Raja Laut ( Coleacanth sp.)

Spoiler for Coleacanth:

 Nah yang satu ini lebih keren lagi, ikan yang hidup di sekitar perairan Manado ini disebut sebagai fosil hidup karena ikan yang satu ini emang sudah hidup sejak zaman dinosaurus masih banyak di Bumi dan ngga mengalami perubahan bentuk sama sekali! Sudah banyak berbagai peneliti datang ke laut Manado hanya untuk meneliti ikan yang sudah sangat lama  berenang di permukaan bumi ini! Mana nih tepuk tangannya!

3. Penyu Belimbing ( Dermochelys coriacea )

Spoiler for Penyu:

 Nah yang satu ini merupakan salah satu jenis penyu yang hanya bermukim di perairan Indonesia nih gan. Sayangnya, spesies penyu belimbing ini sedang mengalami kepunahan dan terus mengalami penurunan populasi karena maraknya perburuan telur penyu ini dan seleksi alam yang membuat tukik-tukik muda sering mati lebih dulu dimangsa predator sebelum dapat tumbuh besar. Wah harus kita bantu nih gan!

4.Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata )

Spoiler for Penyu Sisik:

 Dilihat dari fisik penyu yang satu ini pun sangat jelas kenapa mereka sering diburu, bentuk tempurungnya yang unik dengan bagian belakang yang tajam seperti gergaji membuat penyu yang satu ini jadi sasaran para pengumpul cenderamata ataupun dekorasi.

5.Capungan Ambon ( Pterapogon kauderni )

Spoiler for Capungan Ambon:

 Meski belum terancam punah, namun spesies yang satu ini emang mengalami penuruan populasi akibat banyak diburu untuk dijadikan ikan hias karena bentuk ikan yang satu ini cukup indah sehingga sanga populer di kalangan kolektor ikan hias.

Nah kita sebagai rakyat Indonesia harus ikut melindungi hewan-hewan laut ini, jangan sampai mereka punah dan anak cucu kita tidak mampu melihat indahnya hewan-hewan laut yang hanya ada di Indonesia ini.
Dsitumeang
Dsitumeang memberi reputasi
1
1.1K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.