Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

minumbaygonAvatar border
TS
minumbaygon
Fotonya diedit (dijadiin kurus), Dosen lapor Polisi



Tak terima fotonya diedit, Maulina Pia Wulandari (42) melaporkan seorang netizen ke Polres Malang Kota. Tak hanya mengedit, netizen tersebut juga mengunggah foto Pia ke akun media sosialnya.

Postingan yang diunggah sejak tanggal 22 Juli 2018 tersebut kemudian menjadi viral hingga diketahui rekan-rekan korban.

"Tadi sudah melapor ke polisi, soal kasus yang saya alami. Semua saya ketahui berawal dari informasi teman-teman. Foto saya diedit seseorang dan diunggah di akun pelaku," ungkap Pia kepada detikcom, Kamis (26/7/2018).

Wanita yang berstatus sebagai staf pengajar di Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya tersebut mengaku awalnya ia berupaya menelusuri sendiri jejak pelaku di dunia maya. 

"Itu memang foto saya, pernah saya unggah beberapa tahun lalu. Saya tak pernah mengenalnya. Foto sengaja diambil tanpa izin," beber Pia.

Baca juga: Pria Usia 37 Tahun Baru Disunat Hebohkan Warga Blitar

Penelusuran itu pun membuahkan hasil. Berkat informasi dari netizen, Pia memperoleh akun pelaku yang belakangan diketahui merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayah Bontang, Kalimantan Timur.

"Saya counter di medsos milik saya, hingga kemudian ada netizen memberi info pemilik akun yang mencuri dan mengubah foto saya. Tak lama saya dapatkan messenger dari pelaku, untuk mengucapkan permintaan maaf," terang wanita yang juga menjabat staf ahli bidang publik relations Wakil Rektor Universitas Brawijaya ini.

Ditambahkan ibu dua anak ini, langkah hukum yang ia ambil saat ini adalah sebagai wujud edukasi kepada khalayak, terutama pelaku, agar bijak mempergunakan media sosial. Apalagi postingan tersebut dianggap telah merugikan citranya sebagai akademisi dan juga enterpreneur.

"Katanya pimpinan dari pelaku akan memberikan sanksi tegas. Jika benar silakan dilakukan, jalur hukum saya tempuh, juga sebagai pembelajaran agar bijak dan bermartabat dalam menggunakan medsos," tuturnya.

Maulina Pia Wulandari saat melapor ke kantor Polres Malang Kota. (Foto: Muhammad Aminudin)



Polres Malang Kota mengaku telah menerima laporan dari korban. Namun pemeriksaan untuk menggali keterangan korban baru akan dilakukan beberapa hari ke depan. 

"Laporan tadi sudah, tapi belum dimintai keterangan, karena kondisi saya kurang fit," tegas Pia.

Namun Pia mengaku tersinggung dengan postingan tersebut. "Badan saya dibuat tak sebenarnya. Foto sengaja diedit pelaku yang kemudian di-posting dengan menambahi caption di bawahnya," keluhnya.

Baca juga: Polisi Cari Pegiat Medsos yang Edit Foto Kapolri dan Wakapolri

Dari pengamatan detikcom, pelaku mengunggah foto Pia yang sudah diedit ke media sosialnya. Hasil editan yang tidak sesuai dengan kondisi Pia itu pun viral, bahkan menjadi pergunjingan di grup-grup pengguna medsos. 

Tak hanya mengunggah foto hasil editan, pelaku juga menambahkan caption dengan kalimat mencibir.

'Bu.. ini photonya dah selesai..

Oh udah ya.. berapa biayanya?

Photonya 50 ribu, editnya 500 ribu

Loh..!! kok mahal editnya mas..?

Ya iyalah bu.. coba ibu beli obat pelangsing sampe bisa sekecil itu kira2 ibu habis biaya berapa.?? Pasti jutaan kan..??

Iya juga ya mas.. haddeeww' 








Diubah oleh minumbaygon 27-07-2018 05:01
0
2.1K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.