soktau.idAvatar border
TS
soktau.id
Gerakan Gravitasi Michael Jackson,bakat atau Sihir?
SOKTAU.ID



Rasanya hampir tidak ada yang tidak mengenal Michael Jackson di dunia ini. Jika kamu memang tidak tahu dengannya, mungkin kamu sudah puluhan tahun hidup dalam gua sepertinya. Menurut Rolling Stone, tidak ada artis tunggal yang seperti, berinovasi dan memiliki kemampuan lebih dari "King of Pop" Michael Jackson.

Kembali ke tahun 1980-an dan awal 1990-an, ketika MTV hanya memiliki satu format yaitu tayangan video musik dan genre itu benar-benar meledak ketika Jackson pada tahun 1983 hit dengan musiknya "Billie Jean." Sebelum munculnya Jackson, sebagian besar video hanyalah promo visual untuk lagu-lagu dan dalam beberapa kasus, sisi visual dari promo itu tidak terpengaruh oleh musik.

Sementara, Michael Jackson memulai cara baru dengan menambahkan alur cerita, efek khusus, sinematografi dan koreografi yang luar biasa. Dia membuat video pendek dengan musik dan tarian.


Referensi pihak ketiga
Nah, tarian itulah yang kemudian membuat Jackson kemudian fenomenal, tarian yang sepertinya mustahil dilakukan pada saat itu dan bahkan saat ini meski hampir semua penggemar mencobanya, tetapi tidak ada yang bisa melakukannya.

Beberapa gerakan tarian jackson tampaknya menentang hukum gravitasi. Seperti dalam video di tahun 1987 berjudul "Smooth Criminal", ia menggerakan tubuhnya ke depan dengan suduk 45 derajat dan tubuhnya lurus seperti tongkat dan sepatu bertumpu di atas panggung. Posisi yang jelas-jelas mustahil dilakukan dengan struktur tubuh manusia. Bagaimana Jackson melakukannya? apakah itu bakat, sihir atau keduanya?

Tiga ahli bedah saraf dari Postgraduate Institute of Medical Education and Research in Chandigarh, India Nishant S. Yagnick, Manjul Tripathi, dan Sandeep Mohindra mencoba mengungkap misteri tersebut dari sudut pandang ahli bedah saraf. Seperti dilansir laman sciencedaily.com.


Referensi pihak ketiga
Studi tersebut telah dipublikasikan dalam Journal of Neurosurgery pada 22 Mei 2018 berjudul "How did Michael Jackson challenge our understanding of spine biomechanics?."

Mereka mengatakan apa yang dilakukan Jackson membawa mereka ke dasar-dasar biomekanik tulang belakang untuk menunjukan betapa mengesankannya hal itu. Bahkan penari terkuat sekalipun hanya dapat mempertahankan kemiringan 25 hingga 30 derajat dari pergelangan kaki.

Para ahli kemudian mendokumentasikan bagaimana kemiringan seperti yang dilakukan jackson itu dapat dilakukan dengan mempertimbangkan bakat dan kekuatan inti dari penari terkuat sekalipun, daya imajinasi dan alat bantu untuk membuat hal serupa, melewati batas kemampuan manusia.

Yang jelas, dalam keadaan normal apa yang dilakukan Jackson sangat tidak mungkin dilakukan manusia sehingga sejumlah teori populer mengenai hal tersebut mengatakan hal itu bisa dilakukan dengan bantuan sepatu khusus yang sepertinya juga tidak mudah untuk digunakan.

Kemungkinan lainnya, Jackson memiliki struktur tulang belakang yang berbeda yang membuat para ahli beda saraf berpikir bagaimana hal itu bisa terjadi. Namun terlepas dari apakah itu trik atau memang bakat, Michael Jackson telah menjadi inspirasi dari banyak penari di dunia untuk melampaui batas-batas gerakan manusia.
Semoga thread ini bermanfaat..
1
2.2K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.