ujiecaproneAvatar border
TS
ujiecaprone
Yang paham keris pusaka, berbagi cerita donk!!!
Assalamualaikum ...

Sebelumnya maaf nih nulis jam 3.26 wib alias subuh buta, karena gak bisa tidur akibat sebelum tidur baca kisah2 horor diforsub ini. Jadinya sedikit mau cerita aja.

Mohon maaf dulu sebelumnya, ane gak ada fotonya Krn keris tersebut tersimpan di lemari kamar dikampung. Sayanya di kota.

@#&#_ to the point aja.

Berawal ketika tamat SD saya khitanan alias sunat, jd pake acara nih dibuat nenek dgn adat Melayu ya berpakaian ala kerajaan Melayu serba kuning2 dan dgn sebuah keris tua.

Di keris itu dililit kain supaya gak bisa dibuka, jd saya nanya ke nenek boleh dibuka? nenek cm jawab gak boleh dibuka. Tapi anehnya keris itu cuma boleh dipakai sama saya, sementara cucu2 lainnya gak ada yg dibolehin nenek. Sekedar agan tahu kalau saya bukanlah cucu kandung si nenek Krn emak saya anak angkatnya nenek dr kecil. Cuma untuk kehidupan sehari2 kita serumah sama nenek, jd nenek ini tiada duanya seolah satu2nya nenek saya walau saya punya nenek sebelah ayah dan belakangan tahu nenek sebelah emak ternyata masih cina.

Anehnya kok keris itu cuma bisa dipake ke saya?????

Padahal cucu dari anak kandung nenek ada tuh 4 cowok dan 1 cewek. tapi kok bisa ke saya.

Oke lanjut cerita:
Tahun lalu(2015) ane punya pacar dan bawain kerumah buat kenalin ke keluarga. (sebelumnya menjomblo 4 thn lebih ha-ha-ha). Pas satu momen berdua sama nenek, lgsg saya nanya soal keris itu sejak kapan?. Nenek cuma jawab.. keris itu udh tua, udah turun temurun hingga ke nenek. (gak disebutin dari tahun kapan, tp udh turun temurun. oh ya usia nenek skrg sekitar 77 thn). Ya mungkin nenek juga gak tau dr tahun kapan.

pas momen itu juga saya tanya, itu keris kenapa tak boleh dibuka Nek????

Nenek jawabnya gini.
Bukalah, tapi bersihkan yg berkarat tu dan perbaiki tangkai yg lepas.

Langsung ane buka dan bersihin karatnya pake grinda dan perbaiki gagang kayu yg lepas dgn sedikit bantuan bbrp lem. Setelah selesai ane kasi ke nenek, trus nenek bilang suruh saya simpan baik2. katanya gini "kamu simpan baik2, jangan sampai dibuka selain kamu. Itu buat kamu pake nanti ketika kamu nikah dgn adat Melayu." Makanya sampe skrg saya simpan baik2 dilempari baju dgn menyampaikan pesan ke adik2 jangan menyentuh keris tsb.

Saya gak ngerti itu keris berisi atau gak, tapi yg jelas dulunya tiap tahun kita sekeluarga selalu mengadakan ritual "LANCANG KUNING" dgn keris tsb karena asal nenek saya dari Melayu Deli (Medan) dan skrg kita berdomisili di Riau. Soal ritual LANCANG KUNING sendiri mgkin sebagian udha paham, cuma sejak beberapa tahun terakhir ini (sejak 2013) nenek lumpuh cuma bisa terbaring Krn kaki patah jatuh kamar mandi jdnya ritual tersebut gak pernah dilakukan lagi.

Kira2 ada yg bisa bantu terawang soal keris saya itu???

NB: sorry belepotan nulis ceritanya, maklum jarang nulis beginian.
Diubah oleh ujiecaprone 01-08-2016 20:49
0
3.4K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Supranatural
SupranaturalKASKUS Official
15.6KThread10.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.