Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jasjus.kriptossAvatar border
TS
jasjus.kriptoss
Bikin Film Berbahasa Jawa, Bayu Skak Dihina Netizen


YouTuber Bayu skak langsung pasang badan saat netizen dianggap mengolok-olok orang Jawa secara keseluruhan. Diduga, ini karena film dan konten video berbahasa Jawa yang tengah digarap Bayu, dan jadi sasaran lantaran banyak yang tidak mengerti ucapannya.

Di Instagram, Sabtu 10 Februari 2018, ia mengunggah screenshot berbagai komentar netizen yang menghujat konten-kontennya tersebut. Komentar-komentar yang ditulis untuk Bayu, salah satunya, bertuliskan,"Menarik sih tapi Jawa banget boy, gak bakal laku."

Namun, rupanya komentar seperti "Jawa katrok kecebong" dan "Jaman sekarang masih pakek bahasa kampung" yang membuat Bayu tak terima. Ia menyatakan, dirinya sengaja membuat karya berbahasa Jawa agar netizen tidak lupa budaya Indonesia yang lambat laun tergerus budaya luar.

Caption bernada mengomelnya itu pun ditulis dalam Bahasa Jawa. Okezone berhasil menerjemahkan sebagian tulisan Bayu yang sepenuhnya berbahasa Jawa tersebut.

"Aku bikin video berjudul AKU WONG JOWO ini tujuannya buat ngasih ngerti. Bahwa ini sebagai Wong Jowo gak bisa terus-terusan diremehkan. Semisal kamu bilang atau komentar kalau aku ini bodoh masih enggak apa-apa. Aku ini di barisan paling depan biar jati diriku yang sebagai Wong Jowo ini enggak diinjak-injak terus," tulis Bayu.

"Tapi kalau kamu bilang Jowo bodoh ini aku enggak terima! Soalnya kalau bilang Jawa berarti keseluruhan Wong Jowo. Aku ini kerja pakai Bahasa Jawa di Channel YOuTube dan sekarang aku bikin film Bahasa Jawa yang bakal tayang seluruh Indonesia ini tujuanku apa sih? Biar aku ini enggak lupa budayanya di sini," lanjutnya.

YouTuber senior ini memang menggunakan Bahasa Jawa sebagai bahasa utamanya dalam berbagai video. Kadang, ia menyediakan teks/subtitle agar para pendengar yang tidak berbahasa Jawa mengerti.

Ia sendiri akan merilis video yang sudah disebutnya itu pada Minggu (11/2/2018) pukul 12.00 WIB.

https://celebrity.okezone.com/read/2...wa-diolok-olok

0
18.2K
245
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.4KThread41.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.