selldombaAvatar border
TS
selldomba
Moeldoko Keluhkan Penangkapan KPK
Jakarta: Begitu giatnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap pejabat-pejabat daerah yang diduga melakukan korupsi dianggap sangat mungkin turut andil menghambat investasi. Kepala daerah ketakutan mengeksekusi program kegiatan pembangunan.

Hal tersebut dikemukakan Kepala Staf Presiden Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, saat rapat bersama Komisi II DPR, di kompleks parlemen, Jakarta, Rabu, 7 Februari 2018.

"Kepala daerah terjebak dalam kegiatan dan tidak berani melampaui karena takut kena bidikan KPK. Ini Pemerintah juga ikut memikirkan jangan-jangan kegiatan KPK yang kita lihat saat ini berakibat pada penurunan investasi," ujarnya.

Menurut Moeldoko, jangan sampai hal itu berdampak pada investor yang justru takut pada upaya hukum KPK. "Semakin hari semakin banyak yang ketangkap," cetusnya.

Di kesempatan terpisah, Koordinator Divisi Korupsi Politik Indonesia Corruption Watch (ICW) Donal Fariz menilai pernyataan Moeldoko itu perlu dipertanyakan lagi dasarnya. Bahkan yang terjadi sebaliknya. Donal meyakini investasi tidak akan jalan kalau kepala daerahnya korupsi.

"Tidak akan jalan kalau kepala daerah korup memimpin daerah mereka. Ada tiga sumber masalah korupsi kepala daerah: perilaku partai, perilaku kepala daerah itu sendiri, dan perilaku masyarakat," paparnya.

Donal mengatakan pangkal korupsi ialah perilaku sejumlah elite partai yang meminta mahar pencalonan kepala daerah. Mereka membuat biaya politik menjadi mahal. Hal ini berujung pada korupsi.

"Tidak mengherankan bila ada kepala daerah yang terpilih kemudian melakukan korupsi. Biaya politik yang tinggi itulah yang kemudian harus diganti," tutur Donal.

Keluhan atas banyaknya tangkapan KPK juga pernah dilontarkan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Menurut dia, KPK merusak citra positif Indonesia yang tengah dibangun oleh Presiden Joko Widodo.

Editor : K. Yudha Wirakusuma

http://www.metrotvnews.com/amp/gNQyRDoN-moeldoko-keluhkan-penangkapan-kpk?__twitter_impression=true

Koplak bener, Adakah hubungannya penangkapan KPK jadi menghambat investasi?
Mungkin tim buzzer ezim (nastak cs) bisa menjawab?
emoticon-Big Grin
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 69 suara
Apa pengaruh penangkapan KPK terhadap Indonesia?
Tegaknya keadilan dan akuntabilitas negara
74%
Menghambat investasi (kata moeldoko)
17%
Merusak citra baik presiden (kata FH)
9%
0
7.9K
106
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.3KThread40.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.