Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

trasideleAvatar border
TS
trasidele
Kemenag Tarik Soal Ujian Madrasah Bahas Khilafah yang Viral


Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) menarik soal ujian Madrasah Aliyah (MA) yang memuat pertanyaan khilafah. Siswa MA di Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang mendapat soal itu lalu akan mengikuti ujian susulan.

"Soal itu dicabut dan diganti dengan soal yang lain yang akan diujikan tersendiri dalam ujian susulan," ujar Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin dalam keterangan tertulisnya, Rabu (6/12/2017). 

Soal itu merupakan ujian akhir sekolah mata pelajaran Fiqh kelas XII yang berlangsung pada 4-9 Desember 2017 lalu. Ujian susulan lalu akan dilangsungkan pada 11-16 Desember 2017. 



Kamaruddin menjelaskan, soal itu disusun oleh guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). MGMP adalah organisasi guru mata pelajaran yang dibentuk sebagai forum komunikasi untuk memecahkan masalah pelaksanaan tugas guru sehari-hari di sekolah.

"Penyusunan soal ujian semester dilakukan oleh guru sebagai bagian dari penilaian kompetensi profesionalismenya," katanya. 

Kewenangan guru menyusun soal itu Pasal 63 dan 64 PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan serta Pasal 1 PP Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru. Soal yang viral ini disusun oleh MGMP Provinsi Kalimantan Selatan. 

Kamaruddin mengungkapkan sebenarnya titik tekan materi tentang pemerintahan Islam di mata pelajaran Fiqh kelas XIII adalah soal sejarah. Materinya menjelaskan tentang sejarah pemerintahan Islam setelah Nabi wafat, mulai dari Khulafaur Rasyidin hingga Turki Utsmani. 

Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Setjen Kemenag, Mastuki sebelumnya mengatakan keberadaan materi ini tidak menjadi masalah. Syaratnya yaitu bila dapat dijelaskan secara tuntas oleh guru.

"Persoalannya tidak semua guru memiliki pemahaman yang sama tentang materi ajar seputar khilafah. Hal ini berisiko terjadinya kekeliruan perspektif dalam pembuatan soal, terutama di daerah," ungkap Kamaruddin.

Soal UAS yang beredar di media sosial tersebut tertanggal 5 Desember 2017. MA yang dimaksud berada di wilayah Kalimantan Selatan. Berikut ini soal nomor 1 dan 2 dalam UAS tersebut yang membahas khilafah:

1. Dalam kerangka khilafah, ada disebutkan dengan sebutan 'Siyasah Syar'iyah'. Apa yang diartikan dengan Siyasah Syar'iyah adalah...
A. Politik Islam
B. Pejuang Islam
C. Syari'at Islam
D. Hukum Islam
E. Perundang-undangan

2. Kata khalifah berasal dari bahasa Arab 'Khalafa - Yakhlifu Khilaafatan' yang artinya…
A. Pemimpin
B. Pengganti
C. Pejuang
D. Pahlawan
E. Pemberontak

https://m.detik.com/news/berita/d-37...fah-yang-viral

Mia Khilafuck bre emoticon-Big Grin
Diubah oleh trasidele 06-12-2017 11:37
0
2K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.