rahmadajiAvatar border
TS
rahmadaji
E-commerce Menggeliat, Ritel Konvensional Merana
Pagi gan...emoticon-Baby Boy

Berbanding terbalik dengan geliat e-commerce yang kian tinggi, keberadaan ritel konvensional justru semakin lesu

Inibaru.id – Perdagangan elektronik (e-commerce) yang kian menggurita belakangan ini diperkirakan telah “membunuh” ritel-ritel konvensional yang menggelar dagangannya di mal atau pasar tradisional. Alih-alih berbelanja, mal kini didatangi pengunjung untuk sekadar bermain atau makan.


Satu persatu toko di mal menutup bisnisnya lantaran tak banyak lagi transaksi jual-beli yang mereka hasilkan, sementara biaya operasional terus meningkat. Barangkali, keberadaan ritel yang mempertemukan penjual dan pembeli secara langsung itu memang tengah berada di titik akhir.

Dilansir dari Tandaseru.id, Subsidiary Liaison Manager Bank Mandiri, Puguh Jati Tri Saroso, mengatakan, pengunjung mal sekarang lebih banyak menghabiskan waktu di restoran atau food court di mal. Sementara, untuk berbelanja produk ritel, mereka lebih mengandalkan toko daring.

“Kini mal sudah kian sepi pengunjung. Transaksi jual-beli sudah tidak banyak di sana. Karena itu, banyak yang menutup toko mereka sehingga keramaian mal sudah tidak lagi jadi tolok ukur,” terangnya.

Aktivitas ke mal, lanjutnya, kini hanya untuk melihat contoh model atau sekadar mencari perbandingan harga saja, sedangkan untuk transaksi, mereka memilih berbelanja secara daring.

“Saya menilai bisnis e-commerce saat ini lebih menjanjikan ketimbang membuka sebuah toko,” kata dia.

Bahkan, menurut dia lagi, digitalisasi tak hanya mengubah peta bisnis ritel, tetapi sudah ke berbagai lini kehidupan. Imbas itu, lanjutnya, juga dirasakan di dunia perbankan.

“Bisnis e-commerce juga menekan aktivitas fisik di perbankan. Itu diindikasikan dengan penurunan para nasabah yang mengantre di berbagai bank yang ada,” tutur Puguh.

Puguh mengungkapkan, antrean nasabah di Bank Mandiri saat ini sudah menurun cukup drastis hingga mencapai antara 30-40 persen. Semua ini, menurutnya, lantaran masyarakat lebih memilih untuk menggunakan kehebatan teknologi e-banking dan lain sebagainya.

“Apalagi sekarang sudah ada fasilitas setoran tunai, itu memudahkan mereka untuk melakukan penyetoran dana sendiri kapan saja,” pungkasnya.

Sumber : https://www.inibaru.id/teknologi/suk...asilnya-mantap
0
1.3K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.