BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Mencari Kota Pilihan 2017

Ilustrasi Kota Pilihan 2017 KASKUS-Beritagar.id
Kota telah menjadi rumah mayoritas penduduk Indonesia. Persentase penduduk Indonesia yang tinggal di perkotaan mencapai 53,3 persen dari seluruh populasi 258,1 juta jiwa pada 2015. Badan Pusat Statistik (BPS) memproyeksikan, jumlah itu akan terus meningkat hingga mencapai 66,6 persen pada 2035.

Pada 1980, jumlah penduduk Indonesia mencapai 147,4 juta jiwa. Saat itu sekitar 78 persen penduduk Indonesia tinggal di perdesaan. Setelah 35 tahun kemudian, terjadi kebalikannya, jumlah penduduk yang tinggal di kota kian meningkat setiap tahunnya.

Banyak penyebab meningkatnya jumlah penduduk di perkotaan. Mulai dari urbanisasi, perubahan status pemekaran wilayah, hingga gagalnya sistem pengendalian penduduk.

Hal ini tidak hanya dialami Indonesia. Di seluruh kota-kota dunia, Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) menyebutkan sebanyak 54 persen penduduk dunia tinggal di perkotaan. Populasi perkotaan di dunia berkembang pesat dari 746 juta jiwa pada 1950 menjadi 3,9 miliar pada 2014.

Dengan jumlah populasi perkotaan yang terus meningkat, akan mempengaruhi banyak hal, mulai dari kenyamanan, keamanan, tingkat harapan hidup, pendidikan, lapangan kerja hingga kesehatan penduduknya. Tidak semua kota siap dengan segala persoalan itu, termasuk di Indonesia.

Apalagi ditambah dengan sistem politik di Indonesia yang mengharuskan kepala daerah dipilih kembali setiap lima tahun sekali. Penyelesaian masalah dengan solusi-solusi jangka pendek, kerap tak mengantisipasi masa depan. Hal-hal inilah yang menginspirasi pencarian "Kota Pilihan 2017" oleh KASKUS dan Beritagar.id.

Ada sepuluh kategori kota yang akan dicari dalam ajang ini, yaitu, 1) Kota Aman, 2) Kota Panjang Umur, 3) Kota Sehat, 4) Kota Online, 5) Kota Cinta, 6) Kota Layak Tinggal, 7) Kota Milenial, 8) Kota Para Pelancong, 9) Kota Enterpeneur, dan 10) Kota Para Pesolek.

Ronny W. Sugiadha, Chief Marketing Officer KASKUS berharap Kaskuser maupun pembaca dari Beritagar.id turut berpartisipasi dalam proses memilih kota favoritnya mengingat luasan jejaring Kaskuser saat ini.

"Penghargaan Kota Pilihan 2017 ini kami persembahkan untuk kota-kota di Indonesia yang menonjol dengan keistimewaannya masing-masing. Kategori yang dihadirkan bertujuan untuk mengangkat keistimewaan dari sudut pandang lain, dari setiap kota di Indonesia," ujar Ronny.

KASKUS merupakan salah satu forum daring terbesar di Indonesia, anggotanya tersebar di 58 wilayah di seluruh Indonesia. Demikian pula pengakses Beritagar.id sudah mencapai 250 lebih alamat IP internet berdasarkan Kabupaten/Kota di Indonesia.

Pemilihan yang dilakukan Kaskuser melalui online voting, nominasinya akan ditentukan terlebih dahulu pada tahap pertama. Sebanyak 10 nomine per kategori akan ditentukan berdasarkan penilaian gabungan dari Kaskuser dan Tim Lokadata Beritagar.id.

Sebagai media yang sedang mengembangkan jurnalisme berbasis data, Beritagar.id akan menggunakan data mikro Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2016 BPS untuk menentukan nominasi. Susenas mencakup 300.000 rumah tangga sampel yang tersebar di 34 provinsi dan 511 kabupaten/kota di Indonesia.

Kesepuluh nomine per kategori ini akan dipilih kembali, untuk menentukan Kota Pilihan 2017. Kaskuser akan kembali menentukan kota pilihannya, sedangkan Beritagar.id akan melakukan pemilihan berdasarkan data-data yang tersedia. Akan ada dua versi kota terpilih untuk per kategori.

Dalam ajang "Kota Pilihan 2017" ini, hanya wilayah administrasi kota yang disertakan. Kota-kota tersebut terdiri dari 31 kota besar dan 58 kota sedang. Pemilihan jenis kota besar dan kota sedang, untuk menyoroti pertumbuhan kota itu, apakah pelayanan publik, ekonomi, hingga fasilitas hidup di dalamnya telah memenuhi kebutuhan warganya.

Pemilihan jenis kota yang akan dinominasikan sesuai Undang-Undang Nomor 26/2007 tentang Penataan Ruang dan dan Peraturan Pemerintah Nomor 26/2008 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional.

Dua beleid itu memuat kriteria kota berdasarkan kawasan yang sudah ditetapkan, jumlah penduduk, dan persyaratan lainnya. Misalnya kawasan kota metropolitan yang mensyaratkan penduduk minimal satu juta jiwa, dan memiliki kawasan perkotaan inti yang saling terhubung.

Sedangkan kota besar kriterianya berpenduduk lebih dari 500 ribu jiwa, kota sedang dengan jumlah penduduk lebih dari 100 ribu hingga 500 ribu jiwa, kemudian kota kecil dengan jumlah penduduk lebih dari 50 ribu jiwa sampai dengan 100 ribu jiwa.

"Kami ingin menyajikan perkembangan kota-kota di Indonesia sesuai dengan karakter unik masing-masing kota. Terbentuknya karakter kota, selain oleh faktor geografis dan demografis, juga subkultur penduduknya yang beragam," kata Herman Kwok, CEO PT Lintas Cipta Media, perusahaan tempat bernaung Beritagar.id.

Pemilihan nomine berlangsung mulai 5-15 Oktober 2017, sedangkan fase pemilihan pemenang per kategori, berlangsung selama 16-31 Oktober 2017. Hadiah menarik disiapkan untuk Kaskuser yang berpartisipasi pada fase voting. Adapun Kota Pilihan 2017 akan diumumkan pada ulang tahun ke-18 KASKUS pada 6 November 2017.

Beritagar.id juga akan menampilkan profil masing-masing kota pilihan melalui laporan lapangan dan hasil analisis data. Hasilnya akan disajikan dalam bentuk laporan khusus setelah kota terpilih diumumkan.

Penjelasan lebih lanjut bisa dilihat di salah satu laman di KASKUS, yang bisa ditemukan pada tautan berikut.



Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...a-pilihan-2017

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Ada racun VX di pakaian Siti Aisyah

- Eh, dibilang kena e-tilang

- Metamorfosa Andien tergambar dalam album terbarunya

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
1.3K
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beritagar.id
Beritagar.idKASKUS Official
13.4KThread733Anggota
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.