GooGonAvatar border
TS
GooGon
[Info Marvel] 7 Tingkatan Kekuatan Mutant pada komik Marvel





Pembukaan

Para mutant dalam komik Marvel terlahir dengan membawa kemampuan spesial yang membuat mereka berbeda dengan manusia normal. Tidak hanya mendapat tambahan kekuatan super, beberapa mutant bahkan mengalami mutasi fisik yang membuat tubuh mereka tidak manusiawi dan bahkan terlihat seperti monster.

Memiliki kemampuan yang berbeda-beda, membuat para mutant dalam komik X-Men bisa dikategorikan dalam tingkatakan level tertentu.

Level mutant bukan hanya diukur dari tingkat kekuatannya saja, namun juga dari tampilan fisik, tingkat ancaman dan faktor yang melatarbelakangi mutasi tersebut.



Zeta - Level
Istilah mutant di dunia komik Marvel umumnya ditujukan untuk orang yang mengaktifkan X-Gene nya secara alami, tanpa bantuan dari faktor luar. Oleh karena itu Zeta level sebenarnya tidak bisa disebut mutant, karena mutasinya berasal dari faktor luar.

Hulk (Zeta Level Mutant)

Contohnya adalah Bruce Banner yang bermutasi menjadi Hulk setelah terkena radiasi Gamma, Cloak and Dagger yang bermutasi setelah dicekoki narkoba, atau Peter Parker yang bermutasi setelah terkena gigitan laba-laba radioaktif.



Epilson - Level

Tidak semua mutant lahir dengan kekuatan yang keren dan berguna. Ada juga mutant yang bernasib kurang baik karena mengalami perubahan fisik drastis namun mendapat kekuatan yang ecek-ecek.

Para mutant level Epilson bisa saja memiliki kekuatan super tertentu, namun kekuatan tersebut cenderung sangat lemah dan tidak begituberguna dalam pertarungan.

Beak (Epilson Level Mutant)

Sialnya lagi, mutant level Epilson biasanya mengalami perubahan fisik yang sangat drastis, sama kasusnya dengan mutant level Gamma. Tentu saja dengan fisik layaknya monster, Epilson mutant tidak bisa menjalani hidupnya dengan normal.

Contoh mutant yang masuk dalam level Epilson adalah Beak, dengan mutasi wujud seperti burung, kemampuannya untuk terbang sangatlah terbatas dan hampir tidak berguna dalam pertarungan.






Delta - Level

Mutan level Delta tidak mengalami perubahan fisik drastis, hanya saja level kekuatan mereka berada di bawah Alpha, Beta maupun Gamma.

Kebanyakan mutant level Delta memiliki kekuatan pasif yang tidak terlalu cocok untuk pertarungan. Ada juga yang tidak bisa mengaktifkan kekuatannya dengan sesuka hati.

Domino (Delta Level Mutant)

Terkadang, karena sifat kekuatannya yang samar, para Delta level mutant ini sangat sulit untuk dideteksi. Bahkan, ada juga orang yang tidak menyadari bahwa dirinya adalah mutant level Delta karena mereka tidak mengetahui dengan persis apa sebenarnya kekuatan mereka. Contoh mutant yang masuk dalam level Delta adalah Domino, Forge dan banyak lagi lainnya.



Gamma - Level

Dilihat dari segi kekuatan, mutant level Gamma bisa disejajarkan dengan Alpha level maupun Beta level. Hanya saja, mutant level Gamma mengalami perubahan fisik yang sangat drastis dan permanen.

Nightcrawler (Gamma Level Mutant)

Contohnya adalah Beast, Nightcrawler, Feral dan sebagainya. Meski memiliki kekuatan super hebat, namun perubahan fisik yang tidak manusiawi membuat mereka sulit membaur dengan manusia normal.



Beta - Level

Mutant level Beta memiliki kekuatan yang hampir setara dengan Alpha level, namun ada sedikit mutasi yang mempengaruhi fisik mereka. Contohnya adalah Wolverine dan X-23 yang memiliki tulang cakar di kedua tangannya, kemudian ada Gambit yang memiliki warna mata abnormal.

Wolverine (Beta Level Mutant)

Ada juga Beta level mutant yang sama sekali tidak memiliki cacat fisik, karena mutant yang tidak bisa sepenuhnya mengendalikan kekuatan mereka juga masuk dalam golongan ini.

Contohnya adalah Cyclops yang tidak bisa menonaktifkan laser di matanya. Lalu, ada Rogue yang tidak bisa begitu saja melakukan kontak fisik dengan orang lain.






Alpha - Level

Mutant level Alpha memang dikategorikan di bawah level Omega, namun beberapa di antaranya sebenarnya berpotensi untuk menjadi Omega level. Contohnya adalah Storm, meski dirinya dikategorikan sebagai Alpha level, namun Storm disebut-sebut mampu menyaingi beberapa mutan level Omega karena kekuatan cuacanya.

Strom (Alpha Level Mutant)

Mutant dalam golongan ini adalah mutant berkekuatan destruktif yang bisa mengendalikan kekuatannya dengan sangat baik. Selain itu, Alpha level Mutant sama sekali tidak mengalami perubahan fisik gara-gara mutasinya. Secara tampilan fisik, Mutant level Alpha tidak bisa dibedakan dengan manusia normal, sehingga mereka bisa membaur dengan masyarakat biasa.

Selain Strom, mutant yang masuk dalam level Alpha adalah Kitty Pride,Emma Frost, Jubilee, Havok, Jamie Madrox, Sunspot, Magik, Magma, Psyclocke, Dazzler, Negasonic Teenage Warhead dan banyak lagi lainnya.



Omega - Level

Mutant level Omega adalah golongan mutant dengan kekuatan terhebat. Setiap mutant yang masuk dalam level ini pasti memiliki kekuatan dahsyat yang berpotensi menimbulkan kerusakan dalam skala global, dan bahkan kosmik.

Legion (Omega Level Mutant)

Tidak banyak mutant dalam komik Marvel yang masuk golongan ini. Tidak lebih dari 15 mutant saja. Beberapa diantaranya adalah Jean Grey (Phoenix), Legion, Iceman, Hope Summers, Mister M, Elixir, Franklin Richards dan sebagainya.


Sumber : Selowae - 1-- Selowae - 2


Diubah oleh GooGon 27-09-2017 16:33
jokoariyanto
jokoariyanto memberi reputasi
1
40.1K
139
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.