Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Pengguna Aktif Media Sosial, Perhatikan Tips Bernetiket di Medsos Ini!

poseedAvatar border
TS
poseed
Pengguna Aktif Media Sosial, Perhatikan Tips Bernetiket di Medsos Ini!
Di era sekarang ini, hampir semua kalangan mengenal dan bahkan menjadi pengguna aktif media sosial. Media sosial menjadi tempat seseorang berekspresi dan berpendapat. Dengan berkembangnya teknologi tentu mendorong gansis untuk melakukan sesuatu dan mendapat informasi dengan cara yang instan lho. Namun untuk itu, sama halnya ketika bersosialisasi secara nyata, menggunakan media sosial juga perlu kita ketahui apa dan bagaimana saja netiketnya. Netiket berasal dari kata Nettquettee yang berarti etika dalam berkomunikasi lewat internet. Yuk simak poin-poinnya.

1. Perlakukan orang lain selayaknya ada di hadapanmu


Berusahalah untuk selalu berpikiran positif dan berkata positif. Jangan melakukan atau mengatakan apapun kepada siapapun yang tidak akan Agan dan Sista lakukan dalam kehidupan nyata.

2.Jangan mengharapkan respon instan


Ketika status atau pesanmu tidak langsung dibalas oleh lawan bicara atau pengguna lain, hindarilah sikap paranoia seperti “apa dia mengabaikan saya ya? apa dia membenci saya?” Bagaimana pun setiap dari kita pengguna media maya memiliki kehidupan nyata, begitu pun Agan dan Sista bukan?

3.Hindari mengeluh


Meski mengeluh memang sifat alami manusia, tapi bisa dihindari oleh orang-orang yang berpikir rasional. Selain menghindari kesan negatif gansis dari para followers, ada baiknya Agan dan Sista beralih dengan kata-kata positif yang dapat meningkatkan semangat dan energi positifmu untuk orang lain. Siapa tahu status kata-kata positifmu dapat menginspirasi seseorang yang juga sedang mengalami masalah yang sama.

4. Jangan sembarangan tag orang lain


Meskipun media sosial bersifat publik, tidak semua orang ingin menjadi bagian dari percakapan lho. Pilihlah akun dengan orang-orang yang tepat dalam bagian pembahasan tersebut.

5.Memilih mana yang bersifat pribadi dan tidak


Jika Agan dan Sista memiliki informasi pribadi milik orang lain yang bersifat sensitif, maka berusalah untuk menjaga dan menghormati privacy-nya. Jangan langsung membaginya di ranah publik, di mana para netizen siap untuk meresponnya yang cenderung berkomentar negatif.

Nah demikian etika-etika menggunakan media sosial untuk berkomunikasi. Selamat bermediasosial secara cerdas, Agan dan Sista.



Spoiler for Jangan Lupa Rate dan Baca Thread Lainnya:
0
1.1K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.