fabian1960Avatar border
TS
fabian1960
Nilai Proyek Meikarta Rp 278 T, Ini Dia Investornya Gan!
Akhir-akhir ini, dunia jagad raya online memang selalu diramaikan dengan berbagai kabar, dari mulai kabar tentang Saracen, Meikarta, Sea Games, hingga yang terbaru adalah kesuksesan Owi-Butet yang menjuarai gelaran kejuaraan bulutangkis dunia BWF 2017, dan masih banyak kabar lain yang bikin rame jagad raya Kaskus tercinta kita gan. Tapi dari sekian kabar hot dan pastinya enak untuk dibahas, adalah kabar Meikarta gan! Pasalnya ini merupakan mega proyek dari Lippo Group yang menelanan dana ratusan trilliun emoticon-Wow. Kebayang kan gan, berapa karung tuh duit yang dibutuhin untuk membangun kota baru yang kabarnya sih lebih keren dan lebih bagus ketimbang Jakarta .

Foto dok. Sindonews.com
Lippo Group tengah gencar-gencarnya membangun kota raksasa yang diklaim akan menjadi lebih indah dari Jakarta. Nama kota raksasa baru garapan Lippo Group diberi nama “Meikarta” yang tahap pertama bakal dibangun di atas lahan seluas 5 juta m2, dan bakal terus bertambah luas lagi. Ga tanggung-tanggung, nilai investasi mega proyek ini pun tembus Rp 278 triliun. Keseriusan membangun kota ini dibuktikan lewat diluncurkannya penjualan 200 ribu unit apartemen Meikarta. Untuk mendukung aktivitas para penghuninya, secara bertahap di kawasan ini pun bakal dibangun fasilitas umum hingga komersial, mulai dari Rumah Sakit, sekolah, gedung pameran skala internasional, mall, pusat riset sampai tempat berkumpulnya start up ala Silicon Valley.

Ternyata Lippo Group Ga Sendirian, dan Ada Investornya Gan!
Kalau melihat dari nailai investasinya, ane sendiri pun akan ngerasa heran dan penasaran dengan bagaimana pembiayaan dengan proyek segede ini. Hingga akhirnya pun ane cari tahu dan nemuin jawabannya. Menurut CEO Lippo Group, James Riady, mengatakan pendanaan yang cukup besar tersebut memang sudah disiapkan dengan matang oleh perseroan. Meski mengandalkan sepenuhnya dari pendanaan internal, Lippo Group juga menggaet beberapa investor Jepang dalam membangun kota tersebut. Beberapa investor yang sudah sepakat bekerja sama dengan membangun kota itu ada investor Jepang yaitu Mitsubishi, Toyota, dan Sanko Soflan.


Langkah ini sebagai strategi pendanaan Lippo dalam merealisasikan pembangunan yang direncanakan. Menurutnya, 35% porsi pendanaan berasal dari kas Lippo, sedangkan sisanya dari kerja sama dengan mitra bisnis baik dalam maupun luar negeri. "Pendanaan kota ini kan Rp 278 triliun, besar sekali karena dibangun sekaligus. Karena itu Pendanaannya demokratisasi pendanaan. Artinya pendanaan ini dari begitu banyak partner masuk, ada Jepang, Korea, Taiwan dan banyak lagi, plus pendanaan dari setiap pembeli yang mempercayakan kepada Lippo," kata James.

Meski pun ga merinci siapa saja mitra tersebut, hal ini tebukti dengan bakal dibangunnya apartemen bernuansa Jepang yang dibangun oleh Toyota dan Mitsubishi di kawasan ini. Hal ini tidak lepas dari lokasi Meikarta yang dekat dengan pabrik dan kawasan industri kedua produsen kendaraan bermotor asal Jepang tersebut. "Jadi multiple partnership. Partner-partner itu ikut mendanai. Ada 120 perusahaan yang bermitra dengan Lippo, 30-40 kontraktor, 20-30 partner dari luar negeri seperti Mitsubishi, Toyota. Mitsubishi bangun 1.000 unit, tapi desainnya khusus lebih ke Jepang. Toyota juga," terang James. Tak hanya bermitra dengan mitra global, lanjut James, pembangunan kota ini juga didukung oleh kontraktor-kontraktor lokal seperti PT Total Bangun Persada, PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), PT PP Properti Tbk, dan perusahaan konstruksi dalam negeri lainnya. "Pekerjaan pembangunan dan konstruksi di kawasan ini akan dikelola oleh Lippo sendiri bekerja sama dengan kontraktor nasional," ucap dia.

Rencananya, tahap pertama akan selesai pada akhir bulan Desember 2018, jadi buat yang masih penasaran tentang Meikarta bisa mengunjungi situs meikarta.com. Itulah dia informasi tentang mega proyek Meikarta yang menelan nilai investasi 278 T yang ternyata 35% porsi pendanaan berasal dari kas Lippo, dan selebihnya didukung oleh Investor. Jadi Ga sabar pingin lihat kalau udah jadi bakalan kayak apa gan, secara ini proyek trilliunan!

Sumber Thread
0
12.5K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.