• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Gagas Lem Bedah Kebocoran Jantung, Lima Mahasiswa Unair Gunakan Lendir Ini

rahmadajiAvatar border
TS
rahmadaji
Gagas Lem Bedah Kebocoran Jantung, Lima Mahasiswa Unair Gunakan Lendir Ini
Inovasi baru, Lima mahasiswa S1 Teknobiomedik Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga (UNAIR) temukan lem operasi (surgical glue) dari lendir siput sebagai solusi atasi kebocoran jantung pada bayi.
Spoiler for :

Sains adalah dunia yang terus berkembang. Berbagai penelitian terus dilakukan guna kebaikan umat manusia. Mahasiswa, yang digadang sebagai agen perubahan, menjadi garda terdepan dalam penelitian-penelitian itu, tak terkecuali mahasiswa Indonesia.

Lima mahasiswa S1 Teknobiomedik Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga (UNAIR), Surabaya, berhasil menemukan lem operasi (surgical glue) sebagai solusi untuk mengatasi kebocoran jantung pada bayi. Yang unik, terobosan inovatif ini terbuat dari lendir siput (Achatina sp).
Spoiler for :

Di Indonesia, lendir siput bukanlah bahan asing dalam pengobatan. Masyarakat dahulu acap menggunakan lendir ini sebagai salep gatal atau pengobatan luar lain. Bahan ini juga terhitung gampang ditemukan di negeri ini

Dikutip dari Beritagar.id sebagaimana dilansir dari situs resmi UNAIR, lem ini diciptakan sebagai alternatif, dan bahkan pengganti, jahitan atau staples seusai operasi kebocoran jantung.

Ketika melakukan tindakan operasi, dokter acap dihadapkan dengan berbagai macam cara untuk menyembuhkan kebocoran jantung, misalnya melalui sutures(jahitan) dan staples.

Namun, penggunaan metode ini seringkali menimbulkan berbagai permasalahan lain lantaran keduanya memakan waktu cukup lama untuk penyembuhan, menyebabkan luka pada jaringan di sekitarnya, serta tidak tahan air.

Dari sinilah kelima mahasiswa yang terdiri dari Hana Zahra Aisyah, Putri Nurfriana Ramadhani, Putri Desyntasari, Diana Fitri, dan Juliani Nurazizah Setiadiputri mencoba berinovasi, melalui Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian Eksakta (PKMPE).

Penyakit jantung bocor sendiri selama ini sering terjadi pada anak. Kondisi ini merupakan abnormalitas struktur makroskopis jantung atau pembuluh darah besar intratoraks yang mempunyai fungsi penting.

Penyebab abnormalitas jantung bawaan dapat disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya karena berbagai macam jenis obat yang dikonsumsi ibu saat hamil, penyakit dari sang ibu, paparan sinar rontgen, dan juga penyakit genetik lainnya.

Ketua tim, Juliani, kepada Detikcom (18/7) menjelaskan, usai tindakan pembedahan, pada bagian dinding jantung yang robek diberikan surgical glue agar jaringannya menyatu kembali dan tidak ada cairan dari luar jantung yang masuk ke dalam jantung tersebut.

“Sebenarnya inovasi lem operasi untuk pasien jantung bocor bukanlah hal baru. Sudah ada penelitian di AS, tapi hanya sampai tingkat polimer saja,” ungkap dia.

Nah, dari situlah Juliani dan tim mencoba mengembangkan lem dari polimer tersebut dengan menambahkan lendir siput agar lem memiliki sifat antibakteri, tingkat kerekatan yang tinggi, sekaligus antiair.

“Kami yakin keberhasilan temuan ini mencapai 90 persen, tapi harus ada tahap uji coba hewan dan uji klinis (manusia) terlebih dahulu,” tandasnya. (GIL/IB)

Sumber : Lem Bedah Kebocoran Jantung
0
20.4K
115
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.