Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ErinonkaskusAvatar border
TS
Erinonkaskus
Geger! Supermarket di China Gak Ada Kasirnya
8 Juli lalu, raksasa e-commerce Alibaba meresmikan Taocafe di Hangzhou, China. Di dalam Taocafe ini, pengunjung dapat membeli barang-barang spesial dari 108 toko berbeda.

Geger! Supermarket di China Gak Ada Kasirnya
Tampak Luar Taocafe

Geger! Supermarket di China Gak Ada Kasirnya
Di dalam Taocafe ini, pengunjung bisa membei barang-barang jualan spesial dari 108 toko berbeda

Geger! Supermarket di China Gak Ada Kasirnya
Suasana Taocafe di hari pertama peresmian, walaupun sudah jam 4 sore, tetapi orang yang ngantri untuk masuk luar biasa banyak

Supermarket tanpa kasir ini pun memiliki konsep: ambil dan langsung keluar, terdeteksi secara otomatis dan otomatis terbayar saat keluar
Konsep yang sungguh luar biasa, ini bukanlah zaman no cash lagi, sekarang sesi membayar di kasir pun tidak perlu lagi, otomatis proses ngantri juga telah terskip, belanja menjadi super cepat dan tidak lagi tersadari, ini akan sangat disukai oleh orang-orang shopaholic.
Pertama-tama, pengunjung scan barcode melalui aplikasi Taobao (e-commerce) yang ada di HP mereka, ini syarat utama untuk masuk ke dalam supermarket. Setelah masuk, seperti layaknya belanja di supermarket, pengunjung boleh melihat dan memilih apa yang mereka mau, tapi setelah selesai, pengunjung tidak lagi perlu ke kasir untuk membayar, cukup melewati sebuah pintu otomatis dan dalam beberapa detik ini, pengunjung akan menerima konfirmasi transaksi di akun Taobao dan otomatis terpotong saldo di Alipay(aplikasi pembayaran untuk Taobao)nya.

scan barcode dan masuk
Proses Belanja
belanja selesai dan keluar dari pintu

Geger! Supermarket di China Gak Ada Kasirnya

Jadi yang menjadi kunci utama di supermarket ini adalah pintu, scan barcode di pintu masuk yang artinya memasuki tahap pembayaran di aplikasi Taobao, sistem akan menotifikasi pembayaran sedang diproses dan setelah melewati pintu keluar dan pintu keluar terbuka maka proses pembayaran ataupun belanja telah selesai. Pengunjung bisa membuka aplikasi Taobao di HP dan langsung mengecek detail pembelian. Dan setelah diuji oleh tim, wajah pengunjung juga harus terlihat jelas saat keluar, pada saat penguji memakai kacamata hitam ataupun topi dengan rapi dan melewati pintu keluar, masih ok-ok saja, tetapi pada saat penguji memakai topi dan kacamata secara acak-acakan (ada bagian wajah yang tertutupi), maka pintu keluar tidak akan terbuka.
penguji memakai kacamata hitam dan keluar
penguji memakai kacamata hitam dan topi
pengunjung tidak bisa keluar pintu
Geger! Supermarket di China Gak Ada Kasirnya

Selain berbelanja, di Supermarket ini juga bisa memesan makanan, cukup menghadap ke layar pemesanan dan sebut makanan yang Anda mau, system akan langsung melist-out menu pesanan Anda di layar dan langsung terbayar dengan memotong saldo di Alipay, gak perlu lagi pakai cash ataupun mengeluarkan HP untuk scan barcode dan bayar.

Geger! Supermarket di China Gak Ada Kasirnya

Jadi kalau sudah capek belanja, duduk saja dan pesan kopi Anda, kamera di atas meja akan mengenali wajah dan identitas Anda, lalu layar pun akan menampilkan rekomendasi barang-barang di Supermarket kepada Anda.

“Untuk membuka Supermarket ini, modalnya masih bisa terkontrol, tetapi detail modalnya berapa masih belum bisa diumumkan.” Kata pihak Alibaba.

Ada yang mau buka di Indonesia mungkin? emoticon-2 Jempol

Download "Bahasa Indonesia Soft Keyboard" disini
Diubah oleh Erinonkaskus 31-07-2017 07:09
0
3K
19
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.