• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • [Hello Community] Mengenal Pulpen Klasik bersama Indonesian Fountain Pen Community

kaskus.infoforumAvatar border
TS
kaskus.infoforum
[Hello Community] Mengenal Pulpen Klasik bersama Indonesian Fountain Pen Community


Pulpen udah jadi alat tulis yang sering kita gunakan dalam kegiaatan sehari-hari. Tapi, tahukah Agan kalau jenis pulpen ada bermacam-macam? Beda jenis, beda fungsi, juga beda rasa memakainya Gan. Pulpen juga bisa jadi benda koleksi unik, salah satunya seperti fountain pen.



Udah Tau Fountain Pen?



Kalau di Indonesia, jenis pulpen ini biasa disebut pena. Meksi nama fountain pen gak familiar di telinga kita, tapi pasti Agan gak asing dengan bentuknya. Pena ini termasuk jenis pulpen jaman dulu, yang diciptakan setelah pena celup. Fountain pen sudah memiliki tinta di dalamnya, dengan struktur yang berbeda dengan pulpen yang biasa kita gunakan sekarang. Ujung penanya (disebut nib) memiliki bentuk yang unik. Nib ini juga bisa menghasilkan goresan tinta yang berbeda tergantung kecepatan, tekanan, dan arah goresan. Tintanya pun bisa diisi ulang Gan. Kalau di jaman sekarang fountain pen emang haya dipakai untuk keperluan tertentu aja, biasanya dipakai buat hal yang penting, misalnya tanda tangan dokumen penting, menulis piagam, atau ijazah, atau membuat kaligrafi. Hal ini mungkin karena harganya yang lebih mahal dari pulpen yang biasa kita pakai. Merk fountain pen juga banyak dengan harga yang bervariasi dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Di KASKUS, para penggemar fountain pen tergabung dalam Indonesian Fountain Pen Community.

Indonesian Fountain Pen Community



Dalam komunitas ini Agan bisa ngupas tuntas soal fountain pen dengan orang-orang yang menyukai fountain pen, dari mulai newbie, sampai yang expertbanget juga ada loh! Komunitas ini juga berisi berbagai usia dan kalangan , jadi gak peduli usia berapa saja, dari mana saja, kalau suka fountain pen sih boleh banget gabung Gan!

Ngapain Aja?



Agan bisa tanya jawab soal fountain pen, cari tau tips dan trik untuk memakainya, tempat beli, rekomendasi pena dan tinta terbaik, atau mungkin tuker-tukeran koleksi fountain pen sama kolektor lainnya juga bisa.

Mau Gabung dong Gan?



Kalau Agan tertarik ama fountain pen, udah lama penasaran, suka liat-liat tapi ingin mengenalnya lebih jauh, atau malah udah lama punya tapi dipendam aja, gabung aja sama Indonesian Fountain Pen Community biar Agan gak merasa kebingungan sendiri. Kalau pun masih baru tertarik juga gak apa-apa, langsung aja main ke TKP untuk tahu seluk beluk mengenai pena klasik ini Gan.

emoticon-pencet emoticon-pencet emoticon-pencet
Indonesian Fountain Pen Community

Quote:

Diubah oleh kaskus.infoforum 07-07-2017 05:38
unuk.unuk.mulih
unuk.unuk.mulih memberi reputasi
1
41.4K
148
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.