Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sulindoAvatar border
TS
sulindo
Pendaftaran Siswa Baru Kini Pakai Sistem Zonasi, Akan Ada Sekolah yang Ditutup?


Koran Sulindo – Pendaftaran murid baru sekolah sekarang diataur dengan sistem zonasi. Aturannya tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 17 Tahun 2017. “Ada dua poin penting dalam Permendikbud tersebut, yakni adanya sistem zonasi dan larangan pungutan pada saat PPDB [penerimaan peserta didik baru] berlangsung,” kata perwakilan Bagian Hukum Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kemdikbud Hartono di Jakarta, Kamis (18/5).

Dengan adanya peraturan tersebut, siswa hanya mendaftar ke zonasi sekolah sesuai dengan tempat tinggalnya. Kuota zonasi tersebut mencapai 90%. Sisanya, sebanyak 5% untuk siswa yang terkena bencana alam dan 5% bagi siswa pindahan.

Dijelaskan Hartono, peraturan mengenai zonasi tersebut sangat penting agar tidak ada lagi kejadian siswa yang bersekolah jauh dari tempat tinggalnya. Juga untuk mewujudkan pemerataan. “Tidak ada pungutan selama PPDB berlangsung. Kalau ada, jangan segan-segan melaporkan ke kami,” tuturnya.

Ada juga sanksi bagi siswa yang melakukan manipulasi dokumen, seperti surat keterangan miskin atau sertifikat prestasi. Sanksinya: pencabutan status sebagai siswa.

Pihak Indonesian Corruption Watch (ICW) mengapresiasi kebijakan baru tersebut. Namun, kata Febri Hendri dari ICW, perlu adanya pengawalan. “Kami melihat aturan zonasi ini akan menjadikan adanya sekolah yang ditutup karena kekurangan siswa. Ini menimbulkan implikasi terhadap pengelolaan infrastruktur, fasilitas, dan manajemen guru yang berada pada sekolah yang ditutup tersebut,” tuturnya.

Selain itu, ketentuan zonasi itu akan berdampak terhadap jumlah siswa pada rombongan belajar, jumlah rombongan belejar di sekolah, serta pencapaian standard pelayanan minimal sekolah dan daerah. “Kemdikbud harus melakukan sosialisasi mengenai kebijakan baru itu,” katanya. [RAF]

0
5.8K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.