Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

votreeAvatar border
TS
votree
Riwayat Baju Kotak-kotak



bila kita telisik lebih jauh, baju kotak-kotak bukan sekadar motif yang berurusan dengan estetika atau kenyamanan berbusana belaka. Ada banyak cerita dan pemaknaan orang terhadap baju kotak-kotak dan asal-usulnya.

Dalam sejarah Nusantara, kita menemukan kain motif kotak-kotak identik dengan pakaian adat Bali. Khususnya pakaian Pecalang. Jauh sebelumnya, kain kotak-kotak kerap digunakan sebagai pakaian pohon dan patung-patung penjaga rumah dan pura. Namun, belum ditemukan alasan yang jelas di balik tradisi ini.



Di Barat, baju kotak-kotak memang baru populer ketika diadopsi menjadi pakaian kebesaran bangsa Skot di abad ke-17. Di sini, baju kotak-kotak menjadi simbol pemberontakan mereka kepada tirani Inggris yang kemudian melarangnya sejak pemberontakan tahun 1746.



Di abad ke-20, baju kotak-kotak adalah pilihan berbusana dari para hipster, pencinta musik rock. Komunitas subkultur yang dikenal selalu mengekplorasi kemungkinan-kemungkinan penciptaan baru yang datang dari perkimpoian budaya kelompok minoritas ini seringkali ditemukan memakai baju kotak-kotak. Kemeja kotak-kotak juga kerap dipakai kaum koboi. Bahkan ketika jenis baju ini masih berbahan flannel.



Akhir dekade 1960-an, gerakan persamaan derajat perempuan mengadopsi motif kotak-kotak untuk melawan budaya patriarki yang secara sewenang-wenang mengkotak-kotakkan motif pakaian berdasarkan jenis kelamin. Dekade 1990-an, flanel kotak-kotak merupakan simbol pemberontakan “grunge”. Tak heran, bila Kurt Cobain seringmengenakan baju kotak-kotak.



Ceritanya menjadi berbeda ketika kini baju kotak-kotak pun mengalami komodifikasi. Ia telah menjadi simbol arus utama. Tapi sebagai busana, kemeja kotak-kotak di mata banyak orang tetaplah mencerminkan semangat orang yang kreatif, menyukai seni, sederhana, dan santai.


emoticon-Kiss


Mampir juga ke trid ane yg laen dimari emoticon-Kiss (S)
Diubah oleh votree 24-12-2012 08:41
0
15.6K
127
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.