• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • INILAH 10 PERUSAHAAN TERBESAR DI DUNIA DENGAN ASAL USUL YANG TAK TERDUGA

EFenderAvatar border
TS
EFender
INILAH 10 PERUSAHAAN TERBESAR DI DUNIA DENGAN ASAL USUL YANG TAK TERDUGA
Quote:


Quote:


10. SAMSUNG

Pada bulan Maret 1938, Lee Byung-chull dengan modal awal hanya US$.27 membuka sebuah toko kelontong dan sebuah perusahaan kecil di Taegu, Korea. Perusahaan itu disebut Samsung, dan fokus pada impor dan ekspor ikan kering, nabati, dan mie, kemudian ia beralih ke penyulingan gula, asuransi, keamanan, dan tekstil hingga akhirnya Samsung memiliki pabrik tekstil terbesar di seluruh Korea.

Pada tahun 1960 Samsung mulai memproduksi peralatan elektronik seperti televisi, microwave, telepon, mesin faks, mesin cuci dan kulkas. Pada tahun 1987, Samsung membentuk beberapa anak perusahaan, yaitu Samsung Electronics, Shinsegae Group, CJ Group, dan Hansol Group. Untuk Samsung Electronics memfokuskan usahanya pada bidang elektronik, konstruksi, rekayasa teknik, dan teknologi, sementara anak perusahaan lain ke bidang ritel, kimia, makanan, logistik, dan hiburan

Tahun 1993 Samsung menjual beberapa anak perusahaannya untuk fokus pada bidang elektronika, teknik, dan bahan kimia. Hingga saat ini, Samsung termasuk dalam perusahaan raksasa di dunia.

9. ROYAL DUTCH SHELL

Royal Dutch Shell didirikan sejak 1833 saat seorang pemilik toko di kota London bernama Marcus Samuel mulai mengimpor kerang dari Cina, Jepang dan Korea untuk digunakan sebagai bahan mendesain interior. Pada tahun 1886, Bisnis itu dikelola oleh anak-anaknya, Sam dan Marcus Samuel Jr yang kemudian mulai mengekspor mesin dan tekstil ke negara-negara asia dan uang hasil penjualan itu mereka gunakan untuk membeli gandum, gula, dan tepung di negara tujuan ekspor mereka.

Sam dan Marcus Samuel Jr mengembangkan usaha itu ke bidang perdagangan minyak dan menjadi perusahaan pertama yang mengangkut minyak dengan kapal tanker dan memberi nama perusahaan itu "The Tank Syndicate," yang kemudian di ubah menjadi “Shell Transport and Trading Company” pada tahun 1897.

Shell Transport and Trading Company segera memperluas operasinya ke Negara Timur Jauh, di mana ketika itu mereka harus bersaing dengan perusahaan minyak Royal Dutch sampai akhirnya mereka memutuskan untuk bermitra dan membentuk perusahaan minyak bernama “Asiatic Petroleum Company”.

Pada tahun 1907, Asiatic Petroleum Company berubah nama menjadi Royal Dutch Shell, dengan pembagian saham Royal Dutch 60% dan Shell Transport and Trading Company 40%. Pada tahun 1904, logo Kerang (Shell) milik Shell Transport and Trading Company diadopsi menjadi logo resmi Royal Dutch Shell.

8. 3M (Minnesota Mining and Manufacturing)

Pada tahun 1902, lima orang pengusaha kaya asal Amerika mendirikan perusahaan yang saat ini kita kenal bernama 3M. Awalnya mereka tidak puas dengan produksi perusahaan yang tidak mencapai target 50.000 barang per hari .

Sebenarnya mereka mendirikannya perusahaan ini untuk menambang korundum yang akan diproses menjadi ampelas atau kertas pasir. Itulah alasan kenapa nama perusahaan ini disesuaikan dengan tujuan awalnya yaitu “Minnesota Mining and Manufacturing Company”, yang kemudian pada tahun 2002 menggunakan singkatan 3M untuk menjadi nama resmi perusahaan.

Belakangan para Pengusaha ini baru mengetahui bahwa mineral yang mereka tambang itu ternyata bukan korundum tapi batuan biasa yang tidak bernilai. Dengan begitu mereka terpaksa harus mengimpor mineral lain agar perusahaan ini tetap bisa berproduksi walaupun kualitasnya jauh dari harapan. Pada tahun 1905, 3M di ambang kebangkrutan, pengusaha yang bernama St. Paul dan Lucius Pond Ordway menyuntikan dana sebesar US$ 25.000 dengan imbalan 60 persen kepemilikan saham.

Setelah memperoleh dana segar, perusahaan ini mulai berbenah dan memperluas bisnisnya dengan memproduksi isolasi, Catatan Tempel, dan floppy disk (disket) yang sukses di pasaran. Hingga saat ini, 3M aktif di beberapa industri, termasuk telekomunikasi, perlengkapan kantor, peralatan medis, peralatan keamanan dan transportasi.

7. NOKIA

Sejarah Nokia dimulai sejak 1865, saat insinyur Fredrik Idestam membuka pabrik kertas di Tammerkoski Rapids, Finlandia, 6 tahun kemudian, dia membuka pabrik kertas lainnya di tepi sungai Nokianvirta Finlandia, yang kemudian menginspirasinya untuk menamai perusahaan Nokia Ab.

Seiring berjalannya waktu, Nokia Ab mulai berkecimpung di dunia pembangkit listrik dan diakuisisi oleh Finnish Rubber Works yang sebelumnya telah mengakusisi Finnish Cable pada tahun 1922. Ketiga perusahaan tersebut beroperasi dengan bidang usaha yang berbeda sampai akhirnya tahun 1967 mereka bergabung untuk membentuk Nokia Corporation, yang berfokus pada produksi kertas toilet, ban mobil, sepatu, sepeda, dan komputer.

Nokia mulai terjun ke dalam produksi ponsel pada tahun 1979, ketika bermitra dengan Salora dan membentuk Mobira Oy. Produk pertama Mobira Oy adalah telepon mobil yang bernama Mobira Senator dan beratnya mencapai 10 kilogram. Nokia Corporation kemudian mengakuisisi Solora pada tahun 1984, dan 3 tahun kemudian meluncurkan Mobira Cityman 900, ponsel pertama di dunia.

Pada tahun 1988, Nokia Corporation dibagi menjadi enam anak perusahaan yang berfokus pada telekomunikasi, data, elektronika, kabel, mesin, dan telepon genggam. Salah satu anak perusahaan Nokia Moboy Oy kemudian berganti nama menjadi Nokia Mobile Phones pada tahun 1989 dan setahun berikutnya, Nokia menjual semua anak perusahaannya kecuali Nokia Mobile Phones.

6. TOYOTA

Awal pendirian Toyota adalah gagasan dari seorang insinyur Jepang Sakichi Toyoda, yang membuat mesin tenun mekanik pertama di Jepang pada tahun 1897. Toyoda memperoleh hak paten atas penemuannya, dan pada tahun 1918, ia menciptakan Toyoda Spinning and Weaving yaitu sebuah mesin menggulung benang.

Pada tahun 1926, melalui perusahaannya Loom Works, ia menciptakan mesin tenun yang diberi nama Toyota Automatic Loom Works dan tahun 1927 ia memulai produksi massal mesin tenun Type G terbarunya, 25 di antaranya dapat dioperasikan oleh satu pekerja sekaligus. Dua tahun kemudian, dia menjual hak paten mesin Type G ke semua negara lain kecuali Jepang, China, dan Amerika Serikat, hasil penjualannya dari Platt Brothers of Britain seharga 100.000 yen dia berikankan kepada anaknya, Kiichiro, yang kemudian mengunakan dana itu untuk melakukan penelitian mobil.

Tahun 1935, Divisi mobil yang berada di bawah bendera Loom Works berhasil membuat mobil pertamanya, yang terdiri dari Chrysler, Ford, Chevrolet dan ia juga meluncurkan truk pertamanya di tahun yang sama. Pada tahun 1937, Toyota Motor Corporation resmi terbentuk dan memisahkan diri dari Loom Works untuk fokus pada produksi mobil, sementara Loom Works tetap dalam bisnis mesin tenun, kompresor AC, dan forklift. Loom Works juga memproduksi mesin-mesin untuk kendaraan Toyota.

5. PEUGEOT

Pada tahun 1810, dua bersaudara Jean Pierre dan Jean Federic Peugeot mengubah pabrik tepung terigu menjadi pabrik baja untuk membuat gergaji, penggiling kopi, dan penggiling lada. Produk inilah yang menginspirasi lahirnya logo khas mereka yaitu singa dengan rahang terbuka yang melambangkan kekuatan dari penggilingnya. Kemudian mereka pembuatan bingkai payung, roda, sepeda, crinolines (rangka besi untuk mengembangkan gaun wanita) dan juga membuat kendaraan.

pada tahun 1882 Peugeot membuat sepeda Le Grand Bi dan tahun 1889 mereka mulai membuat mobil pertamanya yaitu kendaraan beroda tiga. Seiring berjalannya waktu, Peugeot terbagi menjadi dua divisi. Divisi yang satu masih tetap berfokus pada bidang usaha sebelumnya, sementara yang satu lagi fokus pada pembuatan mobil dan sepeda, hingga akhirnya kedua divisi ini bergabung menjadi satu dan berkonsentrasi pada produksi mobil dan sepeda.

4. SUZUKI

Suzuki mengawali debutnya pada tahun 1909 oleh Michio Suzuki. Sama seperti pendahulunya Toyota, Suzuki juga membuat mesin tenun dan dinamakan Suzuki Loom Works kemudian berganti nama menjadi Suzuki Loom Manufacturing Company pada tahun 1920. Karena merasa berhasil membuat mesin tenun, Suzuki akhirnya mulai merambah ke pembuatan mobil.

Suzuki membuat mobil prototipe pertamanya pada tahun 1937 dan memperkenalkan mobil itu ke publik empat tahun kemudian. Selama Perang Dunia II, Suzuki melayani permintaan pemerintah Jepang untuk memproduksi peralatan-peralatan perang dan kemudian pemerintah jepang mengeluarkan kebijakan kepada Suzuki untuk memproduksi mesin-mesin tenun setelah perang.

Di tahun 1951 pasar mesin tenun anjlok dan Suzuki berada di ambang kebangkrutan, mereka mulai menentang kebijakan pemerintah hingga pada tahun 1952 Suzuki akhirnya meluncurkan sepeda motor pertama mereka dan ternyata sukses besar di pasaran. Dengan melihat kenyataan itu, akhirnya pada tahun 1954 pemerintah Jepang memberikan subsidi kepada Suzuki untuk memproduksi massal sepeda motor. Hal ini pula menjadi tonggak awal berdirinya Suzuki Motor Corporation yang terpisah dari Suzuki Loom Manufacturing Company.

3. NINTENDO

Nintendo didirikan pada tahun 1889. Kemudian dikenal sebagai Nintendo Koppai, dan produk utamanya adalah bermain kartu. Kartu permainan Nintendo Koppai menjadi hit di Jepang, di mana kebanyakan digunakan untuk perjudian oleh Yakuza dan sindikat Mafia Jepang lainnya.

Karena merasa bahwa permainan kartu kurang meyakinkan dimasa depan maka Nintendo mencoba mencari sumber penghasilan lain. Mereka membuat perusahaan taksi dan Perhotelan. Nintendo juga memproduksi beras cepat saji dan penyedot debu, namun semuanya gagal. Ketika berada di ambang kebangkrutan, Nintendo diselamatkan oleh mainan Ultra Hand yang sangat sukses di pasaran, mainan ini seperti perpanjangan lengan dan membiarkan orang memilih benda-benda yang berada di luar jangkauan lengan mereka.

Nintendo kemudian menaruh minat pada industri game saat menjadi distributor resmi Magnavox Odyssey di Jepang, konsol game pertama di dunia. Kemudian memfokuskan untuk membuat game konsol sampai tahun 1983, saat merilis game konsol pertamanya yang disebut Family Computer (Famicom), yang kemudian diganti namanya menjadi Nintendo Entertainment System (NES).

2. WRIGLEY

Nama Wrigley terkenal dengan permen karetnya, Wrigley didirikan oleh William Wrigley Jr pada tahun 1909. Sebelumnya, dia bekerja sebagai salesman untuk bisnis sabun milik ayahnya. Wrigley Jr memberi hadiah payung gratis kepada siapa pun yang membeli sabunnya, tapi payung itu memudar jika terkena air hujan, jadi dia beralih untuk memberikan Baking Powder gratis. Baking powder (tepung pengembang kue) ternyata lebih populer dari pada sabun, kemudian dia mengabaikan sabun untuk beralih menjual baking powder.

Ketika mulai menjual baking powder, dia memberikan permen karet sebagai hadiah kepada pembelinya, dan kejadian yang sama pun terulang dimana permen karet lebih populer dibandingkan baking powder. Wrigley melihat bahwa bisnis permen karet lebih menjanjikan sehingga pada tahun 1909 ia membeli Zeno Manufacturing dan mulai memproduksi massal permen karet.

1. HASBRO Inc.

Hasbro adalah Perusahaan pembuat mainan Terbesar kedua Di Dunia setelah Mattel Inc. Didirikan oleh Hassenfled bersaudara pada tahun 1923 dan menamakan Hassenfeld Brothers Incorporated. Mereka mendaur ulang barang-barang bekas untuk membuat kotak pensil yang kemudian mereka jual bersama pensil.

Pada tahun 1930, pesaing mereka mulai membuat kotak pensil dan menjualnya dengan harga lebih rendah. Karena tidak ingin terlempar keluar dari bisnis ini, Hassenfeld bersaudara mulai membuat pensil dan mainan yang mereka anggap sebagai bagian dari perlengkapan sekolah.

Pada tahun 1968, mereka mengubah nama mereka menjadi Hasbro Industries dan memecah perusahaannya menjadi dua unit usaha. Yang satu berfokus pada pembuatan mainan, sementara unit lain fokus pada pembuatan pensil. Keduanya selalu berselisih, karena unit usaha mainan mendapat lebih banyak dana daripada unit usaha pensil yang justru menghasilkan lebih banyak keuntungan. Hasbro juga pernah merambah ke bidang peralatan masak namun tidak menguntungkan sampai akhirnya mereka menjual unit usaha pembuatan pensil dan berkonsentrasi penuh pada bidang pembuatan mainan.

Quote:

Orang bijak taat cendol gan
emoticon-2 Jempol

Diubah oleh EFender 29-11-2017 08:04
0
50.2K
142
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.