Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tofatofiAvatar border
TS
tofatofi
MASJID TERMEGAH DI KEDIRI
Treathd kali ini ane mau membahas seputar masjid yang berada di kawasan kediri.
emoticon-Smilieemoticon-Smilieemoticon-Smilie

Yuk cek this out:


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan




1. MASJID AN-NUR PARE
Masjid An Nur jadi kebangaan masyarakat Kediri. Masjid ini pernah mendapat penghargaan Juara Pertama Sayembara Internasional untuk kategori Perancangan Arsitektural Masjid.
Masjid An Nur adalah masjid yang terletak di Pare, Kediri. Masjid megah ini menjadi ikon kebanggaan warga Kediri. Dengan dominasi warna biru dan merah, masjid ini semakin terlihat indah.
Konsep masjid megah dengan arsitektur joglo yang ditunjang 4 soko guru ini memang unik. Hal inilah yang mengantar Masjid An Nur mendapat penghargaan Juara Pertama Sayembara Internasional untuk kategori Perancangan Arsitektural Masjid. Termasuk, pemanfaatan teknologi modern dalam arsitektur masjid yang diselenggarakan oleh Arab Saudi. Penghargaan tersebut didapat pada tahun 1991 silam.



2. MASJID AGUNG KEDIRI
Masjid Agung Kota Kediri tepat berada di depan alun-alun kota. Sangat gampang ditemukan, karena berada di tepat di samping perempatan dimana semua kendaraan umum yang masuk dan keluar Kediri, selalu melintasinya. Dari luar bangunan bertingkat tiga ini kelihatan sangat megah, apalagi ditambah dengan menara setinggi 49 meter dan air mancur yang berada di depannya. Begitu masuk ke dalam bangunan masjid mata kita serasa dibuat sejuk dengan hamparan marmer berwarna abu-abu. Nuansa gaya Roma sangat terasa dalam masjid agung, ini bisa dilihat dari seni mozaik marmernya, hiasan di atap masjid dan hiasan cungkup masjid serta banyaknya tiang yang ada yaitu sebanyak 106 buah tiang kolom. Meski bergaya ala Eropa klasik kita masih tetap akan menemukan nuansa etnik di dalamnya, yaitu ukiran kaligrafi dari kayu yang menjadi ciri khas sebuah masjid. Luas Masjid Agung sendiri sebesar 1388,8 m 2 untuk lantai dasarnya, sementara lantai 1 seluas 1335,1 m 2 dan lantai dua seluas 396,8 m 2 . Berdiri di atas tanah seluas 4780,6 m 2 Masjid Agung memiliki jumlah pintu utama 15 buah dan pintu Bantu sebanyak 12 buah. Para jemaah pun dijamin dengan fasilitas parkir yang luas dan urinoir, kamar mandi, wc serta kran wudlu yang disediakan. Ada 80 buah kran wudlu yang disediakan untuk jemaah pria dan 15 kran untuk jemaah wanita. Bagian untuk fasilitas ini dibuat lorong memanjang sedemikian rupa sehingga memudahkan bagi para penggunanya. Sehingga kalau kita sudah masuk masjid, rasanya ingin terus berlama-lama di dalamnya.






3. MASJID BAITUL A'LA PONDOK WALI BAROKAH KEDIRI.

Masjid ini berada di dalam kompleks pondok wali barokah kediri. Yang mana yang menjadi icon di masjid dan pondok ini adalah menara asmaul husna. Dengan menara tertinggi di Indonesia yaitu menara asma'ulhusna ( lihat
Asmaulhusna, Menara Islam Tertinggi di Indonesia ). Sesuai dengan namanya menara ini tingginya 99 (sembilan puluh sembilan) meter dengan kubah / mahkota berlapis emas seberat 60 kg. Menara Asmaulhusna dapat dilihat dari berbagai pelosok kota Kediri . Sebaliknya jamaah
Muslim dapat melihat seluruh penjuru kota
Kediri dari ketinggian setiap balkon menara. Menara Asma'ulhusna saat ini tercatat sebagai menara Islam tertinggi di Indonesia dan telah menjadi ikon (landmark) Kota Kediri yang sangat menonjol dan indah. Bandingkan dengan Monas Jakarta yang tingginya 132 meter (433 ft). Secara filosofi Menara Asmaulhusna merupakan identitas LDII dan simbol KEBESARAN dan KEBENARAN QUR'AN HADIST yang dibawa oleh Lembaga Dakwah Islam Indonesia .







Tambahan juga dari kaskuser
Sekian.
Mohon rate dan komengnya.
0
6.1K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.