Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kebenaran Dibalik 'Beristirahat Dengan Caffeine' atau 'Coffee Nap'

kopibrew.idAvatar border
TS
kopibrew.id
Kebenaran Dibalik 'Beristirahat Dengan Caffeine' atau 'Coffee Nap'

Bisa dibilang ini gila, tapi tahukah kamu bahwa kopi dan lebih khususnya lagi yaitu caffeine yang ada di dalam kopi dapat membantu kamu tidur lebih nyenyak? Ya, ini benar. Ketika kamu meminum kopi atau minuman lain yang mengandung caffeine, kamu bisa merasa lebih segar dan lebih berenergi saat bangun dari tidur siang. Hal ini banyak disebut istirahat dengan caffeine siang atau dikenal dengan Caffeine Nap.

Kok bisa? Memang benar, caffeine di dalam kopi itu seharusnya membuat kamu terbangun dan berenergi. Namun, bila dikombinasikan dengan tidur siang, kamu akan mendapatkan lebih banyak lagi energi. Untuk memahami ini, mari kita lihat apa itu Caffeine nap, ilmu dibalik itu, dan bagaimana melakukannya.

Apa Sebenarnya Coffee Nap itu?
Pada dasarnya, Caffeine Nap adalah tidur siang yang dilakukan setelah meminum atau mengkonsumsi sesuatu yang mengandung caffeine. Kopi adalah caffeine terbaik yang mengandung 200mg caffeine didalamnya.

Tidur siang yang dimaksud disini bukanlah tidur siang dalam jangka waktu yang lama yang akan merusak jam kamu beraktifitas. Tidur siang yang dimaksud ialah tidur siang berkualitas yang biasanya terjadi hanya selama sekitar 15-20 menit pada kebanyakan orang saat jam istirahat. Bukan tidur yang terlalu larut yang menyebabkan kepala kamu pusing saat terbangun.

Yang kamu lakukan adalah meminum segelas kopi atau minuman yang mengandung caffeine dan langsung mencoba untuk tidur. Terlebih lagi ketika kamu lelah, kamu akan merasakan energi yang luar biasa ketika kamu terbangun. Ada ilmu pengetahuan yang dapat mendukung statement tersebut.

Ilmu Pengetahuan Yang Mendukung
Pada dasarnya, semua itu berawal pada zat kimia yang ada di dalam tubuh. Untuk lebih spesifiknya, itu semua terjadi karena caffeine dan adenosine bereaksi di dalam tubuh. Caffeine seperti yang kamu ketahui, dapat meningkatkan tingkat energimu, setidaknya untuk sementara waktu. Di sisi lain, Adenosine adalah senyawa kimia yang diproduksi oleh tubuh yang membuat kamu merasa mengantuk. Ketika kamu tidur, senyawa ini rusak, berarti Adenosine sedang bersaing dengan Caffeine di dalam tubuh kamu.

Caffeine membutuhkan waktu setengah jam untuk bekerja di dalam tubuh kamu, yang berarti dibutuhkan sekitar 30 menit sebelum kamu bisa merasa salah satu efek Caffeine. Jadi, dengan tidur selama 20 menit, Kamu mengurangi jumlah Adenosine yang membuat kamu merasa mengantuk sementara memberikan waktu untuk Caffeine mulai bekerja di dalam tubuh kamu.

Para ilmuan di Universitas Loughborough adalah ilmuan pertama yang memeriksa fenomena ini. Hasil yang mereka dapatkan benar-benar mengejutkan. Menurut penelitian mereka, Caffeine yang digabungkan dengan tidur lebih efektif untuuk membangunkan kamu dan membuat kamu merasa segar kembali, termasuk caffeine atau caffeine nap, udara dingin, atau hanya beristirahat sebentar tanpa tidur siang. Hal ini juga hampir sepenuhnya dihilangkan dengan rasa mengantuk pada siang hari kepada sekelompok orang yang mengalaminya.

Bagaimana Caranya Melakukan Coffee Nap
Setelah mengetahui sedikit mengenai Caffeine Nap, mari kita ketahui cara untuk melakukannya. Untuk mendapatkan manfaat dari Caffeine Nap yang baik, kamu harus mengikuti petunjuk dengan benar dan pastikan kamu melakukannya pada waktu yang tepat.

1. Carilah Tempat Untuk Beristirahat atau Tidur Siang
Pertama, carilah tempat yang baik untuk beristirahat atau tidur. Disarankan adalah kasur di kamar dengan cahaya yang cukup redup atau sofa yang cukup nyaman atau di meja kerjamu. Pastikan bahwa kamu dapat berbaring dan beristirahat pada waktu yang tepat.

2. Seduh Segelas Kopi Favoritmu
Seduhlah kopi dengan metode apapun yang menjadi favorit kamu sehingga menghasilkan kopi yang baik untuk kamu. Setelah proses penyeduhan kopi telah dilakukan, segera nikmati kopi yang kamu buat. Pastikan juga jangan menunda waktu meminum ataupun jangan meminumnya dalam waktu yang terlalu lama. Minum dan habiskan segelas kopimu dalam waktu sekitar 5 menit.

3. Pasang Alarm Untuk Beristirahat Selama 15-20 Menit
Setelah kamu menghabiskan kopi yang kamu buat, pasanglah alarm pada handphone kamu dikamar atau ditempat kamu tertidur atau beristirahat. Ada baiknya untuk tidak tidur lebih dari waktu tersebut karena dapat mengakibatkan kepala kamu pusing pada saat kamu terbangun.

4. Nikmatilah Waktu Istirahat Kamu
Ketika kopimu telah dihabiskan dan alarm sudah kamu atur, berbaringlah dan temukanlah posisi yang nyaman untuk kamu beristirahat. Pastikan kamu tidak menunggu terlalu lama untuk mendapatkan 20 menit waktu tidur atau waktu istirahat yang baik dan Caffeine akan bekerja dengan maksimal setelah kamu terbangun.

Banyaknya Hal Baik Yang Didapatkan
Jika kamu memutuskan untuk menggunakan metode ini secara teratur untuk meningkatkan kinerja dari tidur siangmu, pastikan kamu tidak berlebihan dalam menerapkannya. Terlalu banyak mengkonsumsi caffeine dengan jangka waktu yang lama akan memulai dampak yang benar-benar negatif pada kemampuan kamu untuk tidur lebih lama dari biasanya. Ini berarti jadwal tidur malam kamu bisa terganggu karena metode yang sering kamu gunakan di waktu istirahat siangmu. Seperti segala sesuatu dalam hidup, terlalu banyak hal yang baik benar-benar dapat berakhir menjadi buruk. Jadi, lihat seberapa sering kamu benar-benar menggunakan metode ini.

Kesimpulan
Ide Coffee Nap mungkin terdengar lucu, tetapi itu terbukti nyata dengan adanya ilmu pengetahuan yang mendukung bahwa Coffee Nap menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengembalikan tenaga kamu saat mengantuk di sore hari. Ingatlah bahwa waktu adalah segalanya. Jika kamu menyimpang dari jadwal walaupun sedikit, kamu tidak akan mendapatkan efek atau hasil dari metode Coffee Nap. Kamu juga perlu berhati-hati dengan seberapa sering menggunakan metode ini, Caffeine yang berlebihan juga dapat mengganggu jam tidur malam kamu.

Jika selanjutnya kamu sering mengantuk di sore hari, mengapa tidak mencoba Coffee Nap? Kami berani jamin, kamu akan terbangun dengan lebih segar lagi daripada yang biasanya sehingga kamu memiliki tenaga lebih untuk menjalani aktifitasmu di sore hari.

Jangan lupa rating, cendol dan share ya gan. Semoga artikel ini bermanfaat emoticon-Smilie

Sumber: ENTHUSIAST "COLD BREW" COFFEE(Klik Disini)

Thread Kami Tentang Kopi Lainnya:
- Apakah Kopi Tidak Baik Untuk Kesehatanmu? Ini Jawaban Ilmiahnya
- 10 Mesin Espresso Terbaik Dengan Harga Yang Terjangkau (HOT THREAD)
- Cara Memilih Kopi Kemasan Terbaik Yang Kamu Sukai
- Dapatkah Kamu Meminum Kopi Berlebihan? (HOT THREAD)
- Kebenaran Dibalik 'Beristirahat Dengan Caffeine' atau 'Coffee Nap'
- Dapatkah Kopi Membantu Kamu Untuk Tidur? (HOT THREAD)
- 7 Panduan Untuk Membeli dan Menyimpan Kopi (HOT THREAD)
- Kebenaran Tentang Caffeine di Dalam Kopi
- Beberapa Panduan Untuk Mulai Berkarir Di Bisnis Kopi. Sudah Tahu? (HOT THREAD)
- 10 Handy Grinder Kopi Terbaik
- Ilmu Pengetahuan Dibalik Kopi 'Blooming'
- Cappuccino vs Latte: Sejarah, Perbedaan dan Cara Membuatnya
Diubah oleh kopibrew.id 04-04-2017 06:29
0
4.1K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.