Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

enthusiast.idAvatar border
TS
enthusiast.id
7 Hal Yang Perlu Kamu Tahu Dalam Membeli dan Menyimpan Kopi
Ada kopi, dan kemudian kopi lagi dan lagi. Beberapa langkah yang teliti membuat semuanya menjadi berbeda. Lihat panduan ini untuk memastikan kamu dalam mendapatkan yang terbaik dari seduhan kopimu.

1. Selalu Membeli Kopi Dalam Bentuk Biji


SELALU. Seperti yang dikatakan banyak orang, jika kamu ingin sesuatu yang dilakukan dengan benar, kamu harus melakukannya sendiri. Tidak ada yang lebih benar daripada membeli kopi yang masih dalam bentuk biji kemudian menggilingnya sendiri.

Jika kamu membeli kopi yang sudah menjadi bubuk, kopi sudah kehilangan rasa aslinya. Jarak antara biji kopi yang sudah digiling menjadi bubuk ke waktu kopi diseduh maksimalnya adalah kurang dari 1 hari. Biasanya kopi yang dijual dalam bentuk sachetan yang sudah menjadi bubuk sudah pasti menggunakan kimiawi sebagai pengawet. Dengan mengiming-imingi mengenalkan cita rasa kopi asli, menggunakan "kopi asli", 100% Arabica, itu sebenarnya adalah demi kepentingan keuntungan penjualan, mereka mengelabui penikmat kopi.

Yang lebih fresh memang selalu lebih baik, dan pada kasus kopi, yang berarti menggiling biji kopi adalah yang lebih baik sebelum kamu mulai menyeduh kopi. Jika kamu membeli kopi sachetan yang sudah menjadi bubuk, sebenarnya kamu minum kopi asli atau minum kopi dengan tambahan bahan pengawet? apakah baik untuk kesehatanmu?

2. Beli di Coffee Shop dan Roaster Lokal


Supermarket? Penjual Kopi Sachetan? Mereka musuh utama penikmat kopi. Bukan musuh masyarakat atau apapun (ini yang masih menjadi perdebatan), tetapi merekalah musuh utama penikmat kopi yang sesungguhnya. Dengan pengecualian yang langka, apa yang mereka jual adalah kopi yang tidak fresh, tidak peduli foto dari petani kopi mana yang mereka gunakan pada gambar kemasannya.

Kafe-kafe lokal yang independen sama saja seperti kamu. Dengan asumsi kamu tidak berada pada website ini karena kesalahan, itu karena kamu peduli. Kamu peduli tentang kualitas, kamu peduli tentang kecerdikan, dan kamu ingin kopimu berasal dari orang-orang yang menjaga "passion"nya untuk itu.

Coffee shop adalah tempat dimana hubungan pribadi dipupuk melalui seduhan kopi, dimana barista tahu apa yang kamu suka menjadi apa yang belum pernah kamu rasakan sebelumnya. Ini adalah tempat yang membuat kopi dan lingkungan yang baik untuk para penikmat kopi.

3. Lihat Tanggal Biji Kopi di Roasting


Setiap orang memeriksa tanggal susu, tapi entah bagaimana kopi diasumsikan memiliki tanggal yang abadi. Kopi memiliki tanggal kadaluarsa. Lihat kapan tanggal biji kopi di roasting dalam dua minggu setelah kamu membelinya, sebaiknya dengan informasi tentang origin nya.

Biji kopi roasting yang fresh, menawarkan keunggulan rasa dan aroma sebagai pembanding yang besar, lihat pada kemasan khusus biji kopi dari coffee shop yang ada di sekitar kamu.

Tidak hanya itu, tapi kopi yang fresh sangat penuh dengan kaya rasa juga nutrisi dan antioksidan!

4. Beli Biji Kopi Sesuai Dengan Kebutuhanmu Saja


Dengan yang kami maksud adalah untuk kebutuhan paling lama satu minggu. Hal ini tidak hanya memastikan bahwa kopi yang kamu minum adalah kopi segar, tetapi juga mendorong kamu untuk pergi keluar ke coffee shop di sekitarmu dan berinteraksi dengan sesama pecinta kopi.

Pergi ke coffee shop menumbuhkan budaya, dan budaya mendorong penyeduhan kopi itu.

5. Simpan Biji Kopi di Container Yang Kedap Udara


Begitu kamu telah membawa pulang biji kopi, pindahkan biji kopimu ke dalam toples atau container kedap udara dan kedap cahaya. Dengan begitu kamu bisa menjaga biji kopi untuk tetap segar dan nikmat ketika kamu mulai menggiling dan menyeduhnya.

Tips:
Dengan menggunakan toples atau container, kamu harus mendengar sedikit hembusan setiap kali kamu membukanya, seperti biji kopi akan dialiri gas dari dalam. Itu adalah suara biji kopi yang masih segar.

6. Simpan Biji Kopi Kamu di Tempat Yang Kering dan Sejuk


Percaya atau tidak, bahkan cahaya juga dapat mempengaruhi kesegaran kopi Anda (maka dari itu kami menyarankan menggunakan toples atau container yang kedap cahaya).

Biarpun toples penuh dengan biji kopi yang indah mungkin terlihat menarik, jangan tergoda untuk menggunakannya sebagai hiasan. Sebuah toples yang kedap cahaya adalah yang terbaik.

7. Lupakan Kulkas Sebagai Tempat Penyimpanan


Jangan menyimpan biji kopi di dalam kulkas, dan tidak ada alasan untuk membeli kopi dengan jumlah banyak yang membuat kamu menyimpannya di dalam kulkas.

Sebuah tempat yang sejuk dan toples atau container kedap udara adalah yang dibutuhkan oleh biji kopi.

Semoga artikel ini bermanfaat emoticon-Smilie

---
Sumber:http://enthusiastcoffee.com/7-hal-ya...enyimpan-kopi/

THREAD KOPI LAINNYA:
[ENTHUSIAST COFFEE] - Berkenalan Dengan Tanaman Kopi
[ENTHUSIAST COFFEE] - Sepenggal Sejarah Tentang Kopi
[ENTHUSIAST COFFEE] - 10 Proses Perjalanan Biji Kopi Dari Benih Hingga Ke Secangkir Kopi (HOT THREAD)
[ENTHUSIAST COFFEE] - Bagaimana Cara Menyimpan Kopi
[ENTHUSIAST COFFEE] - Tips Menyeduh Kopi
[ENTHUSIAST COFFEE] - Pengetahuan Tentang Biji Kopi Roasting (Roast Bean)
[ENTHUSIAST COFFEE] - 5 Tips Menyeduh Kopi di Rumah(HOT THREAD)

1
8.5K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.