• Beranda
  • ...
  • Bogor
  • [FR] Track Kaskus Reg Bogor Ulang Tahun Kedua, Camping di Bumi Perkemahan Cipeuteuy

track.kaskus107Avatar border
TS
track.kaskus107
[FR] Track Kaskus Reg Bogor Ulang Tahun Kedua, Camping di Bumi Perkemahan Cipeuteuy


Assalamu’alaikum Warrohmatullahi Wabarakatuh

Hola, warga Kaskus dimanapun kalian berada, gimana kabarnya nih? Baik-baik aja kan? Btw, udah pada tahukah kalian bahwa pada tanggal 30 September 2016 kemarin, komunitas Trac[K] (Traveler dan Backpacker Kaskus) Regional Bogor baru merayakan ultahnya yang ke-2. Yah, meski mengalami aral dan rintangan yang mendera, Alhamdulillah, komunitas ini masih bertahan sampai sekarang dan mudah-mudahan sampai seterusnya ya.

Nah, sebagai bentuk rasa syukur kami untuk ultah ini, Trac[K]-pun mengadakan acara kemping ceria di Bumi Perkemahan Curug Cipeuteuy dari tanggal 1-2 Oktober 2016. Adapun peserta yang ikut, tidak hanya dari anggota Trac[K] saja lho! Banyak kaskuser atau non-kaskuser yang antusias untuk bergabung juga. Sempat waswas karena sebelum hari-H keadaan cuaca benar-benar tak menentu, tapi syukurlah, ketika tiba hari yang dinanti, ternyata cuaca sangat mendukung sekali. Terus, bagaimana keseruan acara kemcer ini? Mari kita simak Field Report di bawah.

Untuk keberangkatan menuju Buper Curug Cipeuteuy kali ini dibagi menjadi dua kloter, kloter pertama berangkat sekitar jam 4 sore sedangkan kloter kedua berangkat jam 9 malam. Keduanya mengambil tempat meeting point di Alfamart Empang Bogor Selatan. Geng yang berangkat kloter pertama difokuskan untuk melakukan persiapan di tekape, sehingga sebagian besar panitia mengambil kloter ini. Jadi, tugas mereka tentu saja membangun tenda-tenda yang akan dijadikan tempat para peserta istirahat nantinya. Dan sekitar jam 9 malam, peserta kloter dua pun mulai berkumpul, tetapi karena jumlah pesertanya lebih banyak daripada kloter pertama, alhasil meski rela jam keberangkatannya molor karena harus menunggu semua peserta hadir.

Curug Cipeuteuy sendiri berada di daerah Tenjolaya (dekat Curug Luhur) sehingga perjalanan kurang lebih dari mepo memakan waktu sekitar satu jam. Namun, karena kloter 2 datang terlalu malam (dini hari), ada beberapa acara yang ditiadakan karena keterbatasan waktu, diantaranya games dan saring pengalaman. Eit, meskipun begitu, acara inti perkenalan peserta yang mengelilingi api unggun tetap terlaksana dong. Tak jarang tawa dari peserta membahana ketika candaan-candaan dilontarkan setiap peserta memperkenalkan dirinya. Pokoknya sukses berat dalam menghangatkan suasana di bumi perkemahan yang mulai dingin ini. Setelah acara perkenalan selesai, sang Ketuplak Panitia acara ultah ini, om Farugazhar, memberikan sambutannya, dan tak lupa ucapan terima kasih kepada para panitia dan semua peserta yang hadir. Beres sambutan, kegiatan berikutnya merupakan acara Bebas. Disarankan buat langsung istirahat atau tidur aja sih, tapi ga sedikit yang masih terjaga dan mengisi waktunya dengan maen kartu, bercengkrama dengan yang lain, masak-masak mie, ngopi, dll.


Hari kedua

Ketika azan Subuh berkumandang, banyak peserta yang mulai bangun untuk melaksanakan kewajibannya. Lalu di saat matahari mulai menyinari buper yang membuat pemandangan hutan pinus lambat laun terlihat, para peserta langsung mengeksplor keadaan sekitar. Setelah semua peserta sudah bangun, maka acara berikutnya segera dilaksanakan, apalagi acaranya kalau bukan makan-makan! Hehe. Dengan menu seadanya, makanan pun digelar memanjang dan masing-masing dari kami langsung mengambil posisi, karena posisi menentukan prestasi #eh. Acara makan-makan ini sungguh terasa khidmat, karena hampir tak ada suara yang terdengar (celetukan candaan sih sesekali ada. ), mungkin memang sudah pada lapar kali ya? Setelah puas melahap semua makanan yang ada, kami pun memutuskan untuk beristirahat sejenak, sebelum lanjut ke acara berikutnya, yaitu mengeksplor curug-curug yang ada di sekitar sini.

Kira-kira 30 menit beristirahat, kami segera mengumpulkan pasukan untuk mengeksplor curug pertama yang baru saja dibuka jalurnya oleh pengelola, nama curugnya adalah Curug Citugu. Dari tempat kami berkemah, trek pertama yang kami temui ternyata langsung berupa tanjakan, untungnya hanya sebentar saja. Setelah itu kami harus menelusuri jalan setapak sempit yang melewati hutan bambu dengan jurang di salah satu pinggirnya. Dengan hati-hati kami terus berjalan hingga jalanan mulai menurun menuju sungai. Ternyata sungai itu harus diseberangi agar bisa sampai ke jalan setapak berikutnya yang semakin menantang. Hingga tak terasa sekitar 30 menit berjalan, kami pun sampai di curug yang dituju. Penampakan Curug Citugu yang tinggi dengan dikelilingi tebing yang kokoh tentu saja tak disia-siakan oleh kami untuk langsung mengabadikan momennya. Namun sayang, kolam di bawah curugnya terlalu dangkal tidak bisa untuk dipakai berenang, sehingga kami memutuskan untuk mengeksplor curug lainnya.

Sampai kembali di tempat kemping, kami beristirahat kembali sambil menunggu pasukan berkumpul semua. Dan ketika semua sudah di tempat, kami langsung mendatangi curug terdekat yang ada di sini, Curug Cipeuteuy. Tanpa ba-bi-bu segera saja kolam di bawah Curug Cipeuteuy dipenuhi oleh kami, rasa capek yang melanda selama trekking sebelumnya sirna seketika, berganti dengan kesegaran yang melegakan. Selain berenang atau main air, tak jarang beberapa peserta melancarkan aksinya dengan melompat dari tebing curug, baik dari tebing Curug Cipeuteuy atau curug di bawahnya.

Puas bermain air di Curug ini, sebagian peserta kembali pindah lokasi dan mengeksplor curug lainnya yang masih di sekitar situ. Dari Curug Cipeuteuy, kami harus trekking mengikuti parit kecil, hingga menemukan sungai kecil yang alirannya turun ke bawah dan membentuk seperti perosotan. Eit, tapi ternyata turunan itu ga bisa dilalui dengan menjatuhkan diri/perosotan, tetapi harus dengan merangkak mundur a la Spiderman. Sesampainya di bawah, kami pun dibuat takjub dengan pemandangan sekitar yang berupa sungai yang dikelilingi tebing-tebing tinggi. Setelah itu kami harus melewati leuwi yang berkedalaman sedada orang dewasa, dan voila, Curug berikutnya pun di depan mata. Namun kami tidak bisa bermain lama-lama di sini, karena cuaca mulai mendung, belum lagi kolam di bawah curugnya ternyata cukup dalam, sehingga hanya beberapa orang saja yang berenang-renang dan melompat dari curugnya. So, dengan berat hati, kami putuskan untuk menyudahi petualangan kali ini.

Kembali ke basecamp, kami langsung salin dengan baju kering, lalu merapikan barang bawaan dan membongkar tenda. Namun baru saja sebagian tenda dibongkar, hujan turun tanpa peringatan. Untung saja tenda yang masih berdiri merupakan tenda-tenda berukuran besar sehingga kami masih sempat berteduh di bawahnya. Waktu sudah hampir menunjukkan jam 3 sore dan hujan sudah mulai mereda, kami segera membongkar sisa tenda yang ada, dan selesailah sudah rangkaian acara ulang tahun Trac[K] Regional Bogor kali ini. Kami pun kembali menuju tempat parkir dan pulang ke tempat masing-masing.

Sebagai penutup, kami ucapkan terima kasih kepada para peserta yang telah mau bergabung di acara ultah Trac[K]. Kami mohon maaf apabila selama acara yang berlangsung kemarin masih banyak kekurangan di sana sini. Semoga tidak kapok untuk gabung di acara berikutnya ya! So, kapan-kita-kemana?





Diubah oleh track.kaskus107 18-11-2016 09:27
anp50
adhiet6
adhiet6 dan anp50 memberi reputasi
2
16.8K
80
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Bogor
BogorKASKUS Official
999Thread972Anggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.