kadalbintit57Avatar border
TS
kadalbintit57
Sungai Jakarta Kinclong tapi ini sungai terbau Sejabodetabek
Hi Gan,
kali ini ane mau posting tentang nasib sungai yang ada di perbatasan jakarta dan tangsel. sungai ini letaknya kurang lebih 15 menit dari terminal lebak bulus tetapi berhubung masuknya daerah tangsel entah mengapa tidak pernah ada pasukan orange yang menjamah untuk membersihkannya.
Awalnya ceritanya gini, ane punya sodara di daerah tabanas ujung kedaung tangsel. Nah ane kaget kok ada ya sungai kotor banget dan bau banget. Ane coba tanya2 ke tetangga2 yang emang dari orok udah idup disitu, ternyata memang sungai itu tidak pernah terjamah oleh pasukan orange. ada salah satu warga disitu bilang kalau dulu sungai itu dalem banget&gak bau tetapi sekarang jadi dangkal dan baunya luar biasa busuk gan. Daerah situ tidak pernah terjadi banjir dan sejak 2 tahun terakhir jadi langganan banjir. Setelah ane analisa ternyata ini penyebabnya :
  1. Lokasi sungai walaupun di tengah2 kota tetapi agak masuk2 banget sehingga kemungkinan besar tidak terjamah oleh pemerintah. Soalnya ane lihat sungai2 di daerah2 terdekat juga sudah pada bersih
  2. Sungai tersebut ternyata sebagai tempat pembuangan limbah home industy tahu dan tempe di gang swadaya kedaung terkenal sebagai kampung tempe. Sehingga setiap pagi bau ammonia yang sangat menyengat dari sungat tersebut
  3. Para boss home industry ini pada gak ditindak gan oleh pemerintah tangsel, makanya mereka cuek aja buang limbahnya ke sungai
  4. Sosialisasi warga dari pemerintah itu kurang bahkan tidak pernah ada. Padahal Para warga disitu kalo ada orang ketahuan buang sampah di daerah itu langsung di marahin gan, bahkan ane pernah liat orang terang terangan buang sampah dikali langsung dimarahin warga dan suruh ambil sampahnya lagi. Tetapi warga tetep aja buang sampah di sungai pada saat gak ada warga lain yang5. gak liat wkwkwkwkw
  5. Kurang pedulinya pemerintah daerah tersebut baik kelurahan kecamatan bahkan kota tangsel tersebut. Para warga disitu kata sudah sering lapor untuk minta dikeruk tetapi tidak pernah sekalipun terealisasi sampai detik ini.


Harapan ane sih dinas kebersihan tangsel bisa sekeren dinas kebersihan DKI Jakarta. Di Jakarta udah gak ada lagi cerita sungai banyak sampah, bahkan sampe isengnya pemerintah DKI, selokan2 aja mereka keruk dan dibersihin.
FYI : walikota tangsel itu cantik banget loh…. Silahkan cari aja di mbah gugel  Airin Rachmi Diany
@walikota tangsel (Ibu Airin) , tolong bu ini sungai di daerah Ibu lebih diperhatikan lagi dan dinas kebersihannya tolong suruh kerja seperti dinas kebersihan DKI. wkwkwkw Kasihan kokoh ahok yang udah bersihin kali sampe selokan diperhatiin tapi kalo daerah tangsel tetep kotor ya sampahnya ke DKI juga.
@Kokoh Ahok, sabar yak Koh kalo DKI kebanjiran karena kiriman dari sungai kotor ini. Saran aja neh Koh, kalo Pemerintah tangsel gak ada tindakan, bawalah pasukan orange kokoh yang kece itu buat keruk sungai ini. lokasinya deket banget kok dari terminal lebak bulus. Kurang lebih 15 menit doang.
Pelajaran buat kita semua adalah jangan buang sampah sembarangan ya gan. Walaupun selepe tolong banget lah jangan …. dan kalo agan punya home industry tolong juga bijak dalam membuang sampah sisa home industrynya juga.
Nah buat ada bayangan seperti apa sungainya, Ini gan foto lokasinya

Dan ane kasih link maps nya biar barang kali mau jalan2 kesitu. Wkwkkw
https://goo.gl/maps/sNnHBefoEYo


0
23K
177
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.