Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

andrianushoAvatar border
TS
andrianusho
Pantai Bagus di Jogjakarta
Jogjakarta, siapa lagi yang takkenal salah kota tujuan wisata yang banyak di datangi wisatawan asing maupun domestik. Kota dengan keaslian budayanya dan kearifan lokal ini juga menjadi salah satu daya tarik. Ditambah juga dengan keindahan alamnya yang mempesona. Namun selain tempat wisata di Jogja yang sudah kita kenali, Jogja masih ada tempat indah lainnya. Mari kita bahas tentang pantai. Banyak pantai di Jogja yang masih tersembunyi yang masih asri.

1. Pantai Jogan

Terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk kesini, kamu bisa menempuh perjalanan selama 2 jam dengan jarak tempuh sekitar 70km arat timur dari pusat Kota Jogja. Dari pusat Jogja, kamu bisa menuju ke Jalan wonosari, dan terus saja menuju ke Arah Desa Tepus. Setelah itu mengambil arah ke pantai siung, karena pantai Jogan ini letaknya hanya beberapa meter sebelum pantai siung. Setelah melewati Tempat Pemungutan Retribusi kita terus saja. Nanti di Kanan jalan ada arah petunjuk ke arah pantai Jogan. Mengenai jalannya sih sudah lumayan bagus, dengan cor2an beton yang sudah bisa di lewati motor maupun mobil.

Pantai Jogan ini adalah sebuah pantai yang paling unik di daerah Wonosari, karena hanya di tempat inilah adanya air terjun yang langsung mengarah ke laut. Hal tersebutlah yang paling utama menjadi daya tarik pantai ini. Dengan adanya Air terjun ini, membuat pantai Jogan tidak memiliki garis batas laut. Jadi di sini beda dengan pantai-pantai lainya di gunung kidul yang biasanya bisa di gunakan untuk bermain air ataupun berenang. Pantai Jogan terdiri dari tebin yang lumayan tinggi, dengan dinding pantai tebing yang tajam dan bebataun-bebatuan koral yang tertata rapi menandakan bahwa batu ini sangat kokoh. Sedangkan kamu bisa melihat tumbuhan pandan yang sangat indah tepat diatas tebing karang.


2. Pantai Gesing

Pantai gesing ini berada di padukuhan Panjomolyo, Desa Girikarto, kecamatan Panggang. Bila para penelusur ingin ke pantai ini, jika dari pusat kota Yogyakarta di sarankan untuk lebih lewat rute Imogori – Panggang dari pada harus menempuh melewati jalan wonosari. Karena yang pertama kamu bakal memutari kota wonosari dan akan memakan waktu perjalanan hingga 2 jam lebih. Jadi sangat di rekomendasikan untuk melewati jalur imogiri-panggang yang akan memangkas waktu perjalanan hingga 1 jam. Jalan untuk mencapai lokasi wisata pantai gesing ini tergolong mudah di tempuh dan sangat nyaman.

Pantai gesing adalah sebuah pantai yang di apit oleh 2 bukit kapur yang besar. Di pantai yang belum rame ini, kamu bisa bermain air maupun hanya sekedar duduk2 santai di pasir. Jika kamu hobi memancing dan fotografi, tempat ini sangat cocok. Mengingat keindahannya yang sangat cocok untuk untuk fotografi dan keampuhan spot-spot potensial untuk memancing melalui atas bukit karang yang terdapat di kedua sisinya maupun melalui bibir pantai yang lumayan landai juga. Disini juga ada warung-warung yang menyajikan berbagai macam olahan seafood khas wonosari dengan rasa yang lumayan pedas. Untuk masalah ikannya, di jamin ikan-ikan di warung ini masih sangat segar, karena ikan-ikan ini merupakan hasil tangkapan para nelayan asli pantai gesing yang biasa berangkat melaut pada malam hari.


3. Pantai Greweng

Pantai yang masih baru dan belum banyak orang tau juga ini berada di kecamatan Girisubo Kabupaten Gunungkidul. Lokasi tepatnya berada di sebelah timur pantai wediombo. Untuk mecapai lokasi pantai greweng ini kamu harus berjalan kaki. Karena belum ada moda transportasi yang bisa mencapai lokasi ini. Motor atau mobil yang kamu pakai bisa dititipkan kerumah penduduk atau parkitan di pantai wediombo. Jadi apabila kamu ingin kesini, maka tujuannya dari pusat kota Yogyakarta adalah ke pantai wediombo terlebih dahulu untuk memarkirkan kendaraan. Setelah itu kamu wajib berjalan kaki melewati jalan setapak dan ladang penduduk selama kurang lebih selama 1 jam. Selama perjalanan itu para penelusur akan di suguhi suasana yang masih sangat asri dan melewati juga perbukitan yang dari celahnya terlihat birunya air laut dari pantai greweng.

Pantai Greweng Gunungkidul ini juga sering di gunakan oleh para pecinta alam untuk mendirikan tenda dan bermalam di pantai. Air tawar yang mengalir dari sumber mata air tadi juga bakal memudahkan kamu untuk memasak atau untuk keperluan lainnya. Di pantai greweng gunung kidul ini juga bisa di gunakan untuk memancing sehingga sangat seru ketika berkemah di sini sambil memancing ikan dan kemudian ikan yang di dapat di bakar bersama teman-teman. Syahduuuuuu pokoknyaa…


4. Pantai Ngetun

Pantai Ngetun terletak di Dusun Sureng, Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Pantai ini bisa dikatakan sebagai surga tersembunyinya Gunungkidul, dikarenakan memang benar-benar masih asri dan jarang dikunjungi wisatawan. Rimbunnya pepohonan yang menghijau dan ramahnya penduduk lokal, membuat perjalanan semakin mengasyikan. Sulitnya medan perjalanan akan terbayarkan dengan keindahan pantai yang ditawarkan. Pantai ini dihiasi dengan pasir putihnya yang lembut, pohon yang rindang untuk berteduh, dan cantiknya tebing yang mengapit. Semuanya menambah pesona keindahan tersendiri.


5. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta, tepatnya di sebelah timur Pantai Watulawang dan di sebelah barat Pantai Ngetun, sekitar 50 km dari kota wonosari atau 2 jam waktu tempuh dari Jogja. Dengan koordinat GPS S8°9’20” E110°37’17”. Kamu tau ga salah satu ikon Pantai Pok Tunggal ini? usut punya usut ternyata di pantai Pok Tunggal tumbuh sebatang pohon Duras tumbuh rindang yang merupakan tumbuhan langka di bibir pantai dan sumber air di bawah pohon Ambal merupakan ikon dan asal mula dari nama Pantai Pok Tunggal.

Keindahan pasir pantai, bukit, serta tebing-tebing tinggi yang menjulang, serta pasir putih yang sangat aduhai banget ditambah pesona pantai ketika sunset. Selain dengan keindahan tebing dan pasir putihnya, di Pantai pok tunggal ini sangat cocok di gunakan untuk berkemah dan menghabiskan waktu untuk berakhir pekan.

Source: http://telusurjogja.com
Diubah oleh andrianusho 28-07-2016 04:44
0
1.9K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.