Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Deed-itAvatar border
TS
Deed-it
7 Tips Hidup Hemat Tapi Gak Ketinggalan Jaman
HOOLLLAAAA


Jaman sekarang kebutuhan hidup semakin meningkat. Segala upaya pasti kita usahakan supaya kebutuhan hidup terpenuhi. Tapi kadang ngerasa gak sih gan, kerja keras aja gak cukup. Kita juga harus bisa hidup hemat biar kebutuhan hidup terpenuhi. Apalagi kebutuhan ngelamar si dia sama beli rumah. Hahahaha.. emoticon-Wakaka

Hidup hemat bukan berarti ngirit banget sampai makan mie tiap hari. Hidup hemat juga harus cerdas, gan! Pinter-pinter milih atau ‘ngakalin’ barang-barang biar pengeluaran kita bisa lebih hemat. Syukur-syukur bisa alokasikan budget buat pengeluaran lainnya.

Berikut ada 7 tips buat agan yang mau mulai hidup hemat tapi gak ketinggalan jaman :


1. Ngumpulin uang koin



Ada pepatah yang bilang, jangan abaikan hal-hal kecil. Si koin kecil hasil kembalian agan belanja ke minimarket ini juga bisa jadi uang gede lho kalau dikumpulin. Ane pribadi juga suka ngumpulin uang receh kembalian. Percaya gak percaya, satu bulan ane bisa dapet 60rb lebih. Lumayan banget kan,buat bensin motor 2 minggu?

Biar semangat ngumpulin koinnya, agan bisa beli celengan berbentuk toples transparan gitu. Pas nanti celengannya penuh, pasti rasanya seneng banget deh. Abis itu uang recehnya bisa ditukar ke minimarket terdekat. Biasanya sih,gak bakal nolak, soalnya mereka juga butuh cepe'an.

Dengan agan rajin ngumpulin receh, maka agan bisa pakai uang recehnya buat kebutuhan lainnya (berarti menghemat kebutuhan lain dong hehe) dan mencegah mba mba minimarket bohong minta donasi dari uang kembalian hahahaha..



2. Sharing transportasi



Selain naik kendaraan umum, cara ngirit lainnya adalah sharing kendaraan sama temen. Semisal agan bawa mobil, jangan pelit ngasih tumpangan buat temen yang searah. Selain hemat energi, agan juga bisa hemat uang bensin (kalau temennya ngasih, kalau enggak ya ikhlas aja ya) emoticon-Wakaka

Apalagi sekarang juga lagi ngetren komunitas nebeng-nebengan yang kegiatannya emang sharing kendaraan. Gak ada salahnya tuh ikutan komunitas kayak gitu. Kan bisa memperluas pertemanan.



3. Gak Perlu Piknik Jauh-jauh. Coba yang ini!



Travelling emang menyenangkan ya, gan. Bisa melepas stress. Padahal stressnya dateng hampir setiap minggu (gara-gara kerjaan hehehe). Lah, kalau piknik setiap minggu gimana? Bisa-bisa boncos deh tabungan emoticon-Wakaka

Sebagai alternatif piknik, agan bisa coba berolahraga. Buat mulai olahraga pasti males ya. Hehehe.. Supaya gak males, agan juga bisa ikut komunitas biar semangat karena banyak temannya. Agan bisa pilih komunitas yang melakukan olahraga kesukaan agan.

Selain menyenangkan, berolahraga juga bisa menyehatkan dan hemat juga. Hemat dari piknik jauh keluar kota (atau bahkan ke mall). Hemat juga karena badan agan lebih sehat dan risiko sakit berkurang. Tahu sendiri kan, biaya kesehatan gak murah emoticon-Frown



4. Cari perlengkapan rumah yang bagus sekalian



Sekarang ini banyak alat elektronik yang harganya murah-murah tapi speknya tinggi. Pas baru dibeli sih oke-oke aja, eh baru sebulan make udah rusak. Sediiiihh....

Daripada beli barang yang murah tapi cepet rusak, mendingan beli yang agak mahal tapi kualitasnya oke. Ngebandinginnya jangan dari harganya, tapi dari masa pemakaiannya. Kalau awet dipakai, otomatis bakal lebih hemat kan?

Hemat buat jangka panjang dan juga bikin kamu agak gaya gitu punya barang ori atau barang yang berkualitas. Hehehe..



5. Atur suhu AC



Suka ngatur suhu AC dibawah 20 derajat Celsius? Nah, sekarang mulai kurang-kurangin deh. Mengatur suhu AC pada 24 derajat ternyata bisa menghemat listrik sampai 30%. Lumayan banget kan?

Selain hemat energi, hemat uang buat bayar tagihan atau pulsa listrik, juga bisa hemat perawatan AC karena jadi lebih awet. Kalau AC-nya gak dingin, mending diservis dulu ya gan. Hehehe.. Lagian gak perlu dingin-dingin banget emangnya kulkas daging emoticon-Ngakak (S)



6. Bawa gula sendiri



Kalau kamu doyan minum teh, bandingin deh harga teh tawar sama teh manis. Teh tawar ada yang Rp 1.000, coba kalau teh manis bisa3.000 - 4.000. Bedanya cuma apa? Gula emoticon-Wakaka

Daripada bayar 2.000 buat gula doang, mending agan bawa gula sendiri. Agan bisa sediain sugar sticks di tas agan. Duileh, gaya banget ya emoticon-Malu (S)

Gak cuma gaya, tapi agan juga bisa berhemat. 1 dus sugar stick merek gula lokal aja harganya gak sampai 20.000 tapi isinya 75pcs. Kalau dibagi, satu pcs sugar stick gak sampai 500perak!

Hemat kan?




7. Ngakalin Biaya ke kafe



Pengeluaran yang satu ini emang agak susah dikontrol. Jaman sekarang kalau gak kongkow ke kafe kayaknya kurang asyik ya. Apalagi buat ngajak jalan pacar, pengennya makan atau ngopi yang enak ke kafe. Padahal cuma buat foto-foto doang.

Meeting di kantor juga kadang suka ke kafe, bela-belain buat cari kopi yang enak. Padahal satu gelas kopi bisa 40 ribuan ke atas. Pengeluaran bisa-bisa membengkak gara-gara kopi.

Buat ngakalin budget ngopi syantiek yang kayak gini, agan bisa coba nyari mesin kopi. Mesin kopi jaman sekarang juga udah ada yang bisa bikin kopi ala kafe langsung. Jadi gak perlu ke kafe lagi buat menikmati kopi yang enak-enak dan penampilannya cantik-cantik. Gak perlu kursus jadi barista buat bikin kopi beginian di rumah atau di kantor.



Harga mesinnya ada dari sejutaan sampai yang paling mahal tiga jutaan. Kualitas mesinnya juga oke karena buatan Krups asli dari Jerman. Kalau dibandingin beli mesin kopi sama beli kopi di kafe, ya lebih hemat punya mesinnya sih. Kan bisa dipakai berkali-kali, kalau beli kopi di kafe paling cuma sekitar 20 kali. Lebih hemat dan tetap gaya dong, punya mesin kopi modern!





Nah, itu dia tips hemat tapi gak ketinggalan jaman dari ane gan! Semoga bermanfaat yak, biar bisa cepet nikah sama punya rumah emoticon-Malu (S)

Monggo kalau agan-agan lainnya mau berbagi tips hemat yang gak ketinggalan jaman ala agan. Nanti tips yang oke ane pajang di pejwan, okeh emoticon-Smilie
Diubah oleh Deed-it 25-04-2016 04:03
0
7.7K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.