Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

budiimanhgAvatar border
TS
budiimanhg
BPJS vs Asuransi
Hampir semua agen asuransi tidak pernah mau membandingkan produk mereka dengan kombinasi reksadana, BPJS, dan asuransi terpisah.

Soalnya banyak agen sengaja menawarkan produk yang harganya sudah di mark up sampai 10000% http://www.kaskus.co.id/post/5694d3f...779836308b4568

Tujuan thread ini adalah untuk menganjurkan semua orang yang mau membeli asuransi, atau sudah memiliki asuransi untuk membandingkan penawaran asuransi mereka dengan kombinasi, BPJS, reksadana, atau asuransi terpisah. Jadi sebelum membeli, atau bahkan sesudah membeli sekalipun, agan agan tetap bisa membandingkan selisih harga mereka dengan baik.

Dengan demikian, harga yang anda dapat paling tidak wajar, sukur bagus. Apabila tidak dibandingkan bisa di mark up 10000%.

Halo agan agan. Ane kan baru keilangan duit 50 juta lebih karena salah beli asuransi.

Ane nuntut sampe jadi orang pertama yang menang verstek di bpsk jakarta.

http://www.kaskus.co.id/post/567b473...06bd1b408b4568

Ane lagi mikir. Kalo misalnya asuransi nggak nipu, bisa laku nggak sih? Misal customer sudah tahu BPJS dan reksadana. Mungkin tidak kombinasi antara BPJS dan reksadana lebih murah dari asuransi ataupun produk unit link?

Kesimpulan ane adalah hampir tidak mungkin. Kalau toh bisa itu artinya si agen baik banget. Profit perusahaan asuransi sedikit sekali (mungkin negatip). Soalnya agen dan perusahaan asuransi kan memaksimalkan keuntungan mereka juga. Itu kenapa hampir semua agen asuransi tidak pernah mau membandingkan produk mereka dengan BPJS dan reksadana terpisah.

Jadi meskipun beli asuransi swasta mungkin lebih menguntungkan, hampir dipastikan ini bukan asuransi pertama yang ditawarkan agen ke anda. Hampir dipastikan, kalau anda tidak hati hati sekali, anda akan lebih rugi beli asuransi swasta dibandingkan membeli BPJS dan reksadana terpisah.

Ini ada article membandingkan keduanya ditulis ama orang lain http://www.kaskus.co.id/thread/558d1...mended_for_you

Artikel itu ane setuju. Ane cuman ingin menambahkan aspek "salah beli" di asuransi itu dan aspek resiko.

Investasi ya pake reksadana jelas jauh lebih menguntungkan dari pada lewat asuransi. Kalo pake asuransi 50 juta bisa hilang untuk biaya akuisisi. Ini ane rugi 50 juta. Dan ane nggak bakal beli kalao tau ada biaya segitu.

Ini biaya tidak wajar. Tidak ada pengeluaran berarti atau resiko yang berarti buat pihak asuransi. Itu biaya pemasaran saja dimana 30-40%nya masuk ke kantong agen.

Ada lagi biaya top up 5% yang amat tidak wajar dan disembuynikan. Ilangnya kemana aja nggak ditulis jelas supaya customer tidak tahu.

Jadi kalo beli asuransi di indo ya kecuali kalo kita ahl hukum yang bisa baca kontrak teliti banget, kita bakal rugi besar. Ane aja udah didampingi pengacara tetep rugi besar.

Mungkin betul beli asuransi, bahkan unit link itu lebih bagus dari pada beli BPJS dan reksadana terpisah. Kemungkinannya kecil sekali.

Kita musti tau

1. Perusahaan asuransi musti bayar agen
2. BPJS tidak harus bayar agen dan disubsidi pemerintah. Promosi BPJS dilakukan gratis oleh orang orang yang ingin membantu mensukseskan program pemerintah.
3. Makin customer "rugi" (beli barang kemahalan), makin besar keuntungan perusahaan asuransi dan komisi agen. Jadi agen cenderung menawarkan asuransi yang "kemahalan" dengan harapan customer silap atau salah lalu tetap beli.
4. Kemungkinan ada "regulasi" pemerintah yang mewajibkan pemerintah untuk menulis biaya dengan lebih jelas. Regulasi ini amat mudah dihindari dengan sengaja tidak menunjukkan informasi ke konsumen. Susah untuk konsumen membuktikan kalau mereka memang tidak melihat informasi biaya. Informasi diberikan melalui kertas yang halamannya tinggal dicopot sebelum diberikan ke konsumen.

Udah berapa juta uang rakyat kecil hilang untuk asuransi. Rata rata yang beli kelas menengah kebawah karena tidak mengerti asuransi.

Korban sudah banyak
http://www.kaskus.co.id/post/5693044...e31b455d8b456a
https://www.google.com/search?q=korb...puan+unit+link

Unit link tidak transparan
https://www.google.com/search?q=unit...utf-8&oe=utf-8

Asuransi sering ada biaya siluman. Biaya yang karena tidak ditulis jelas, customer tidak tahu lalu dicharge
https://www.google.com/search?q=unit...utf-8&oe=utf-8

Bahkan agen asuransi unit link pun mengakui bahwa produk mereka lebih mahal. Tapi lebih mahalnya sedikit dan mereka mengclaim kalau itu "worth" it, karena convenience. Masalahnya lebih mahalnya produk unit link sering kali tidak sedikit.

Quote:
http://www.kaskus.co.id/post/5693044...e31b455d8b456a

Inti dari post ini adalah bukan untuk menganjurkan anda untuk menghindari asuransi ataupun unit link swasta.

Inti dari post ini adalah menghindari asuransi yang amat merugikan anda.

Caranya bagaimana?

Sebelum beli, paksa agen anda untuk membandingkan produk mereka dengan membeli BPJS dan investasi reksadana terpisah.

Kalau anda masih berpikir produk mereka lebih bagus, post di sini, kita bahas. Kalau ada yang masih berpikir beli asuransi dan investasi sekaligus bisa lebih untung dari terpisah, tolong post disini. Kita bahas sama sama.

Banyak agen nakal. Bahkan produk bisa lebih murah pun mereka sengaja memilih yang mahal supaya dapat komisi lebih tinggi. Ini merugikan anda. Dengan memaksa agen untuk membandingkan produk mereka dengan bpjs, diharapkan agen tidak bisa "terlalu" nakal.

Ane nggak anti semua asuransi swasta. Ane bahkan tidak anti lagi unit link. Tapi banyak agen nakal dan memaksa mereka membandingkan produk mereka dengan produk lain secara publik akan amat melindungi anda.
Diubah oleh budiimanhg 12-01-2016 13:46
0
10.5K
143
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Perencanaan Keuangan
Perencanaan KeuanganKASKUS Official
9.1KThread5.8KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.