Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kosan34Avatar border
TS
kosan34
6 Hal yang harus dilakukan untuk Membuat Keuangan Agan Lebih Cerah pada 2016
6 Hal yang harus dilakukan untuk Membuat Keuangan Anda Lebih Cerah pada 2016
Tahun baru selalu membawa harapan baru agar menjadi tahun yang lebih baik dari tahun sebelumnya.


Bareksa.com- Tahun baru selalu membawa harapan baru agar menjadi tahun yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Banyak orang membuat resolusi dan target yang bisa dicapai pada tahun ini dan mungkin belum tercapai di tahun sebelumnya.

Dari sisi keuangan,ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki kesehatan keuangan anda pada 2016. Dilansir US news Money ada 6 hal yang bisa anda lakukan pada tahun baru ini.

1. Pastikan Semua Rencana Keuangan Anda

Pada tahun baru ini ada baiknya anda memastikan semua rencana keuangan anda tentang apapun yang akan terjadi. Tidak ada orang yang menginginkan akan mengakhiri hidupnya, tapi tentu anda tidak mau meninggalkan keluarga anda dalam keadaan sulit jika terjadi sesuatu.

Untuk itu anda harus memutuskan siapa yang akan mewariskan properti anda dan siapa yang akan mengambil keputusan untuk anda jika anda tidak mampu melakukannya. Selain itu anda juga harus memastikan keluarga anda tahu bagaimana menemukan informasi finansial termasuk kata sandi untuk akun online anda.

2. Tingkatkan Tabungan Anda

Jika sebelumnya anda menabung sebesar Rp500 ribu setiap bulannya maka ada baiknya anda menaikkannya ke angka Rp550 - 600 ribu. Menaikkan jumlah tabungan tidak akan mengurangi jumlah uang anda dan anda akan mempunyai dana darurat, dana pensiun, ataupun dana pendidikan anak lebih banyak.

Anda juga disarankan untuk membuat tabungan tersendiri untuk pengeluaran tertentu seperti pembelian mobil baru, liburan, renovasi rumah dan juga dana darurat.

3. Gunakan Fitur Autodebet

Semua orang pasti memikirkan untuk menabung, tapi pada kenyataanya tidak semua orang bisa melakukannya.

Cara paling mudah untuk melakukannya adalah dengan otomatisasi yang banyak ditawarkan oleh perbankan. Fitur automatisasi ini bisa beruba autodebet atau autotransfer dari

4. Atur Kembali Keuangan Anda

Jika anda masih mengelola keuangan anda seperti membayar pajak, menerima tagihan kartu kredit melalui surat menyurat, mungkin tahun ini saatnya anda berubah. Ada baiknya anda mulai melakukannya via online sehingga bisa dikelola dengan lebih baik. Selain itu anda juga akan bisa melihat informasi pemasukan dan pengeluaran anda dengan lebih cermat.

5. Bayar utang Anda

Jika anda mempunyai hutang, maka segera lunasi hutang anda. Walaupun kondisi ekonomi membaik dan ada kemungkinan bunga utang akan menurun tapi tetap sebaiknya utang-utang tagihan segera dilunasi.

6. Bayar Tagihan Anda Tepat Waktu

Bunga yang anda bayarkan untuk setiap tagihan yang terlambat akan terbuang sia-sia. Pada tahun baru ini anda bisa saja mengeset kembali tanggal pembayaran terakhir untuk tagihan-tagihan anda.

Anda juga bisa mengeset reminder otomatis pada kalender telepon genggam anda untuk mengingatkan anda membayar tagihan.


EMBER : Bareksa.com


Komen ane : Buat di catet ajah untuk saling mengingatkan emoticon-Traveller
0
1.2K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Perencanaan Keuangan
Perencanaan KeuanganKASKUS Official
9.1KThread5.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.