jobsmartidAvatar border
TS
jobsmartid
Nasihat Untukmu Yang Masih Sulit Cari Kerja


Seringkali teman-teman kita bercerita tentang pengalamannya tentang sulitnya mendapatkan pekerjaan. Kamu bingung mau menanggapi curhatnya seperti apa. Berikut nasihat yang bisa kamu berikan kalau temanmu lagi curhat tentang susahnya nyari kerja;

1. Aku tahu kamu bisa ngerjain hal itu, tapi kan Manajer rekrutmen tidak
Misalnya temanmu sekarang bekerja sebagai seorang public relations, padahal sebenarnya dia memiliki passion dibidang rekrutmen dan menghubungkan talent. Sehingga dia memutuskan untuk bekerja sebagai HR. Kamu sebagai temannya pasti tau bahwa temanmu itu mampu untuk menjadi HR, tapi kan perusahan tidak tahu. Jadi yang perlu dilakukan adalah membuat lamaran yang mengesankan, ceritakanlah bahwa passion temanmu itu adalah dibidang rekrutmen. Tambahkan juga bahwa ilmu dan pengalaman apa saja yang bisa ditransfer jika dia bekerja sebagai HR.

2. Jangan hanya mengandalkan CV

CV memang merupakan salah satu faktor penting dalam proses rekrutmen. CV yang menarik akan membuatmu lebih dilirik oleh rekruter. Tapi untuk mendapatkan pekerjaan yang temanmu idamkan, CV aja gak cukup. Makanya menjalin networking itu penting banget. Kamu bisa menjalin hubungan dengan orang-orang yang sudah bekerja di perusahaan yang temanmu inginkan. Gimana caranya biar bisa menjalin networking gitu? Kamu bisa memanfaatkan sosial media atau linkedin.

3. Apa yang bisa saya bantu?
Kamu pasti sering banget dapat pernyataan “ aku lagi cari kerja nih, kalau ada kesempatan kasih tau aku ya”. Mungkin gak enak kalo ngerepotin orang lain. Sehingga pernyataan yang diajukan itu tidak detail dan ngambang aja. Padahal, dengan memberikan sedikit detail sama sekali tidak mengganggu orang yang diajak bicara, justru sebaliknya. Hal itu akan sangat membantu mereka untuk menentukan langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya. Jadi kalau ada teman kamu yang bilang kaya gitu sama kamu, sampaikan apa yang bisa kamu lakukan untuknya secara detail. Misalnya dengan menyampaikan secara detail posisi apa yang dicari, industri apa yang diinginkan. Pernyataan yang detail tidak akan mengganggu

4. Berhenti mengatakan “saya akan lakukan apapun”
Ketika temanmu sudah banyak mengirim lamaran pekerjaan tapi belum dipanggil juga, hal yang akan dilakukannya adalah mulai putus asa dan menurunkan standardnya agar bisa mendapatkan pekerjaan. Beritahukan temanmu untuk berhentilah melakukan hal itu. Karena nantinya kamu tidak akan nyaman dipekerjaan baru dan keluar lagi sebelum satu tahun kerja.
Sumber
Diubah oleh jobsmartid 21-12-2015 11:46
0
2.2K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.