Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

c.ronaldo1Avatar border
TS
c.ronaldo1
Ancaman Cryptolocker, WASPADALAH!!!

Selamat sore agan-agan.
Ane mau berbagi info dan pengalaman yang baru aja ane alami, moga-moga bermanfaat buat yang lain.
Jadi kemaren sore ane lg coba benerin komputer salah satu staff di kantor yang ngeluh kebanyakan junk iklan dan aplikasi. Setelah ane beresin dan bersihin semuanya, komputernya seger lagi kaya baru keluar dari plastik pressan emoticon-Big Grin

Beberapa menit kemudian...
Problempun muncul, pas dia mw kerja dan mencari pekerjaannya, dia manggil ane lagi gan, katanya file kerjaannya kok berubah semuanya dan extensionya ga jelas, 3 digit acak extensionnya. Awalnya ane pikir cuma hal kecil, tinggal scan, kelar udah, tapi ternyata, nih MASALAH BESAR.emoticon-Mad (S)
Ane dapet gambar dan message peringatan yang menamakan dirinya Cryptolocker.
Ane nyari info tentang cryptolocker, ternyata malware trojan high class.
Browsing-browsing cara decrypt data yang udah di encrypt, ternyata bullshit semua dan cuma malah nambah junk aplikasi. semuanya nihil.
Ane coba restore system windows, ke lock gan, coba update antivirus terkini, ga bisa gan, di lock juga. Ane coba ke beberapa jasa recovery data yang terkenal, awalnya mereka bisa gan recovery data, tapi pas ane bilang cryptolocker, mereka langsung angkat tangan.

Pagi ni ane coba buka pake linux gan, sama aja gan, hasilnya nihil.emoticon-Mad (S)
Cara terakhir adalah report ke Fireeye gan, nih situs resmi pembantu korban-korban cryptolocker, tapi mereka juga blom bisa menjamin data kembali walaupun sampai saat ini, FBI, Interpol dan kepolisian cyber dunia masih mencari kelompok ini, walaupun hingga saat ini sudah menguasai beberapa server milik cryptolocker.

Hebatnya cryptolocker, kita tidak merasakan aktivitas yang mereka lakukan, ketahuanya ketika data kita sudah terenkrip oleh sistem mereka dan mereka akan mematikan koneksi internet dan semua yang berhubungan dengan sistem, akan terkunci.

Si Cryptolocker minta tebusan uang berupa bitcoin, besar kecilnya uang yang diminta berdasarkan penilaian dari mereka, dan bila anda membayar dan memenuhi permintaan mereka, tidak ada jaminan data anda akan kembali, malah ada kemungkinan anda akan di peras dan uang anda di kuras oleh mereka.

Bagi agan-agan yang belum tau atau terkena, WASPADALAH dan tingkatkan keamanan firewall dan antivirus anda, sebelum data-data penting semuanya terkunci dan dimintai tebusan tanpa jaminan.

Berikut Ane update foto file data setelah terkena cryptolocker



Diubah oleh c.ronaldo1 07-12-2015 09:31
0
3.5K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.