Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mr.setujuAvatar border
TS
mr.setuju
(berita widiih..) Sejarawan UI: Kalau Novanto Punya Malu, Dia Sudah Mengundurkan Diri
Jakarta - Skandal 'Papa Minta Saham' yang mempbulikasikan rekaman antara Presdir PT Freefort Indoneisia Maroef Sjamsoedin dengan pengusaha minyak Reza Chalid, Ketua DPR Setya Novanto menyita perhatian publik. Sejarawan Universitas Indonesia Anhar Gonggong menilai kalau Novanto punya rasa malu mestinya dia sudah mengundurkan diri.

"Seharusnya novanto mundur kalau dia punya malu. Kalau andaikata ini terjadi di Jepang dan Korea, Novanto ini sudah bunuh diri.
Anaknya juga harusnya malu, karena malu pun anaknya tidak akan berpesta seperti itu," kata Anhar saat ditemui setelah seminar Kemendikbud bertema Pemahaman sejarah demi masa depan di De Revier Hotel Kota, Jl Kali Besar Barat, Roa Malaka, Tambora, Jakarta Barat, Sabtu (5/12/2015).

Menurut Anhar, banyak pejabat kini menganut pemikiran feodalistis dimana bagi seorang raja, jabatannya itu adalah bagian dari dirinya. Dengan demikian, tidak ada pejabat yang mau mengundurkan diri karena merasa jabatan tersebut adalah bagian dari dirinya.

"Jadi kalau kehilangan jabatan itu, dia akan merasa kehilangan bagian dari dirinya. Jadi dirinya tidak akan lengkap tanpa jabatan itu, oleh karena itu tidak ada raja di Indonesia yang mengundurkan diri," lanjut Anhar.

Anhar berharap proses penyelidikan yang tengah berlangsung di Kejagung dapat segera selesai. Dia berharap Kejaksaan, dan juga Kepolisian, dapat segera menindak Novanto secara hukum jika terbukti ada pelanggaran hukum.

"Kalau menurut saya MKD itu hanya etik, tapi kan Kejaksaan sudah menyelidiki. Mudah-mudahan Kejaksaan bekerja cepat dan tepat, ini kan gejalanya sudah ada, bukan gejala lagi tapi ini kan sudah fakta," ungkap Anhar.

"Polisi dan KPK melakukan hal yang sama melakukan penyelidikan. Saya tidak berasumsi Novanto pasti salah, tapi menurut saya untuk menegakan hukum ini harus segera diusut. Kalau Novanto salah dia harus dipenjara, tapi kalau sebaliknya Sudirman yang salah dia harus dipenjara," tutup Anhar.
(tor/tor)

http://news.detik.com/berita/3088739...gundurkan-diri

punya gak ya ? emoticon-Bingung (S)
0
2.4K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.6KThread41.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.