Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

charlie.hebdoAvatar border
TS
charlie.hebdo
Satu per satu anak buah Ganjar Pranowo terseret kasus korupsi Bansos
Satu per satu anak buah Ganjar Pranowo terseret kasus korupsi Bansos

http://m.merdeka.com/peristiwa/satu-...si-bansos.html




Merdeka.com - Kasus korupsi penyimpangan dalam penyaluran dan pengelolaan dana bantuan sosial (Bansos) yang bersumber dari APBD Provinsi Jateng 2011 kembali memakan korban. Selasa (29/9) kemarin, tim penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah, resmi menahan Mantan Kepala Biro Keuangan Pemprov Jateng, Agus Suranto.

Agus yang kini menjabat sebagai Kepala Biro Administrasi Pembangunan Daerah (Bangda) Pemprov Jateng merupakan salah satu tersangka kasus korupsi Bansos Provinsi Jateng 2011. Pria yang akrab dipanggil Agus Kroto ini langsung di gelandang ke Lapas Kelas 1 Kedungpane, Kecamatan Mijen, Kota Semarang, Jawa Tengah, setelah kurang lebih menjalani pemeriksaan selama lima jam.

Agus diduga turut bertanggung jawab dalam penyimpangan penyaluran bantuan sosial pada 2011 karena mengeluarkan nota dinas yang ditujukan ke Biro Bina Sosial. Dalam nota dinas tersebut, ditegaskan agar proposal yang diajukan melalui Biro Keuangan segera diproses dan dicairkan sesuai nominal yang dicantumkan.

Sebelum Agus, Staf ahli Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Joko Mardiyanto, telah lebih dulu ditahan tim penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah, Kamis (28/5).

Kejati Jateng Hartadi mengatakan, pihaknya telah melakukan penahanan karena sebelumnya tersangka mangkir saat dipanggil sebanyak tiga kali. "Hari ini Joko Mardiyanto ditahan setelah menjalani pemeriksaan pukul 09.30 WIB. Penahanan untuk 20 hari ke depan," tegasnya.

Selain Joko Mardiyanto, Kejati Jateng juga menahan Joko Suryanto yang merupakan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat dan Bencana Alam Biro Bina Sosial Provinsi Jawa Tengah telah ditahan.

Termasuk lima orang tersangka yang merupakan mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Aji Hendra Gautama, Azka Najib, Agus Khanif, Musyafak, serta Farid Ihsanudin.

Merdeka.com - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sendiri mengaku mendukung langkah Kejati dalam membongkar praktik korupsi dana bansos yang telah menjerat beberapa petinggi di Pemprov Jateng. Ganjar bahkan meminta kepada kejaksaan agar mengusut sampai tuntas kasus tersebut.

"Kalau soal (kasus) bansos, saya malah senang. Silakan dibongkar semua," kata Ganjar.

Meskipun beberapa anak buahnya di jajaran Pemprov Jateng telah ditetapkan sebagai tersangka. Menurut dia, hal itu akan memperjelas kasus bansos yang selama ini banyak terdapat penyimpangan.

"Jadi siapa-siapa yang mendapatkan komisi, gratifikasi atau korupsi akan terungkap. Bongkar semuanya," ujarnya.

Politikus PDIP itu juga mempersilahkan kejaksaan untuk membongkar semua perkara yang ada indikasi pelanggaran di Jawa Tengah. "Jika Kejati membutuhkan data lebih jelas, saya akan beri data. Bukan hanya soal bansos tahun 2011 saja, tapi sampai 2015," kata Ganjar.
=============

Dana bansos memang nikmat sampai mantan aktivis pemilik warna ijo hitam ikut menikmati emoticon-Big Grin
Diubah oleh charlie.hebdo 30-09-2015 03:23
0
1.8K
22
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.