Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

HenieCayAvatar border
TS
HenieCay
Normalisasi Ciliwung Dituding Rusak Lingkungan, Ini Tanggapan Basuk






akarta - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, menyebutkan, pihaknya bisa berdebat banyak dengan para pengamat terkait tudingan normalisasi Ciliwung yang merusak lingkungan. Menurutnya, normalisasi Kali Ciliwung harus dilakukan, karena boleh ada permukiman di sekitarnya.

"Makanya kita bisa berdebatlah sama mereka. Kan kita tidak semen bawahnya. Saya tanya sama kamu, ini kota sudah jadi. Kalau kamu tidak mau sheet pile (dinding turap) sungai yang di kota, berarti kamu butuh berapa 60 meter lebarnya (terbentuk secara) alami? Bisa tidak kamu korbanin?" ujar Basuki di Balai Kota, Jakarta, Senin (12/10).

Apalagi, kata Basuki, seharusnya lebar Kali Ciliwung idealnya adalah 20-30 meter (m), sedangkan kondisi saat ini tidak seperti itu, akibat adanya permukiman liar. Saat ini, lebar sungai hanya tersisa 5 m, sehingga mengakibatkan penduduk yang tinggal di rumah itu kerap kebanjiran, jika air sungai meluap.

"Kalau mau ngotot pakai sistem yang alami. Ya, mana bisa. Kalau kamu mau begitu pendek, pakai sistem alami, roboh tidak itu (pinggiran sungai) diinjak mobil? Ada beberapa (lokasi sungai) yang kita mau coba alami, roboh akibat mobil parkir," katanya.

Basuki mengaku, sebagai alumus jurusan Geologi dari Universitas Trisakti, ia sedikit banyak mengetahui soal mekanisme tersebut. Ia mengaku tak memiliki nilai yang jelek semasa kuliah.

"Geologi saya tidak terlalu jelek, kok. Saya lulusan tercepat di angkatan saya. Tidak terlalu jelek ilmu Geologi saya," katanya.

Normalisasi berupa sheet pile, katanya, dibutuhkan di kawasan kota karena sudah tidak bisa lagi dilakukan secara alami. Meskipun demikian, untuk sungai yang berada di paling hulu, pihaknya tidak mengandalkan sheet pile, tapi alami.

"Makin ke hulu tidak kita sheet pile, karena di kota tidak bisa (alami). Seluruh dunia, ya sheet pile, tapi makin ke atas tidak. Makanya kita ingin kasih bantuan dana kepada Kabupaten Bogor untuk bisa rapikan ke atas," pungkasnya.



Apalagi, kata Basuki, seharusnya lebar Kali Ciliwung idealnya adalah 20-30 meter (m),sedangkan lebar sungai hanya tersisa 5 m.





Suara Pembaruan



http://www.beritasatu.com/aktualitas...an-basuki.html
Diubah oleh HenieCay 12-10-2015 06:43
0
2.6K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.5KThread41.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.