Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tiga.besarAvatar border
TS
tiga.besar
Fadli Zon Terpilih Jadi Presiden Parlemen Anti-Korupsi Dunia




Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fadli Zon terpilih menjadi Presiden Global Organization of Parlementarians Against Corruption (GOPAC) menggantikan Ricardo Garcia Carventes yang berasal dari Mexico dalam konferensi parlemen anti-korupsi keenam di Yogyakarta.

Fadli dipercaya memimpin GOPAC oleh seluruh delegasi yang hadir pada pemilihan Rabu (7/10) kemarin. Pengesahan politisi Partai Gerindra itu sendiri dilakukan hari ini.
Pada pidato pertamanya sebagai President GOPAC, Fadli menyampaikan bahwa parlemen memiliki peran untuk memberantas korupsi yang dinilainya sebagai kejahatan yang menghambat kesejahteraan masyarakat. "Korupsi merupakan bentuk kejahatan yang menghambat hak masyarakat untuk merasakan kesejahteraan. Parlemen memiliki peran strategis dalam melakukan pemberantasan korupsi," ujar Fadli dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (8/10).
Fadli menyatakan agar GOPAC bisa mengambil peran dengan mendorong negara-negara yang belum meratifikasi konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang pemberantasan korupsi agar segera meratifikasinya.

Konferensi GOPAC dihadiri lebih dari 200 perwakilan anggota parlemen seluruh dunia. Pertemuan ini memiliki agenda utama mempromosikan peran parlemen dalam upaya pemberantasan korupsi. Fadli sendiri sebelumnya merupakan Ketua GOPAC perwakilan Indonesia.

GOPAC didirikan sejak tahun 2002 sebagai hasil Global Conference di Ottawa yang dihadiri 170 anggota parlemen dan 400 pengamat seluruh dunia. Tahun ini, Indonesia mendapat giliran menjadi tuan rumah konferensi anti-korupsi parlemen tingkat dunia yang keenam kalinya. Yogya mendapat giliran sebagai tuan rumah selama tiga hari sejak tanggal 6-8 Oktober 2015.

Ketua DPR Setya Novanto menyatakan konferensi yang dihadiri anggota-anggota parlemen di dunia itu menjadi momentum menunjukkan keseriusan Indonesia dalam upaya pemberantasan korupsi. "Secara khusus konferensi tingkat dunia kali ini terfokus pada pemberantasan dan perang melawan korupsi, terutama grand coruption," ujar Novanto dalam keterangan tertulis yang diterima CNN Indonesia, Selasa (6/10). (bag)

http://www.cnnindonesia.com/nasional...korupsi-dunia/
0
4K
51
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.5KThread41.3KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.