Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tiga.besarAvatar border
TS
tiga.besar
(KATANYA BERPRESTASI) Program Ahok Banyak yang Mangkrak dan Gagal




Pengamat Perkotaan dari Universitas Trisakti Nirwono Joga menilai, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama memang memiluki segudang program. Tapi sayang, dari sekian banyak program tersebut tak sedikit yang mangkrak alias jalan ditempat. Bahkan ada yang kembali lagi ke kondisi semula.

Nirwono mencontohkan penataan Pasar Tanah Abang, Pasar Minggu, dan Pasar Gembrong Jatinegara yang tidak berlanjut. Bahkan bisa dikatakan gagal.

"Banyak PKL (pedagang kaki lima) kembali berdagang di luar, angkot ngetem sembarangan dan macet lagi," kata Nirwono saat dihubungi, Selasa (29/9).

Nirwono menjelaskan, revitalisasi Taman Waduk Pluit juga terhenti. Masih ada 7 ribu kepala keluarga yang belum dipindahkan. Revitalisasi Waduk Ria Rio juga berhenti.

"Sementara masih ada 42 waduk dan situ yang belum," ucap Nirwono.

Nirwono menyatakan, penertiban bangunan di atas saluran air sudh mulai dilakukan. Akan tetapi perbaikan saluran air secara keseluruhan belum berjalan. "Padahal, banjir awal tahun ini lebih disebabkan buruknya kondisi saluran air," ujarnya.

Kemudian banyak jalan yang rusak. Sementara, perbaikann jalan berjalan lambat dan terganjal ketidaksiapan proses lelang. "Sehingga pasca musim hujan nanti akan semakin banyak jalan yang akan rusak terendam banjir," ungkap Nirwono.

Nirwono mengatakan, program revitalisasi waduk atau situ dan normalisasi kali terganjal lahan. Kemudian belum ada kesiapan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) yang memadai untuk menampung warga yang tergusur.

Menurut Nirwono, program yang harus dituntaskan oleh Ahok adalah penanganan banjir. Hal ini meliputi revitalisasi 44 waduk dan 14 situ di Jakarta. "Total 183 waduk-situ di Jabodetabek," ujarnya.

Program lainnya adalah naturalisasi 13 sungai utama, rehabilitasi seluruh saluran air, dan gerakan perbuatan sumur resapan air oleh warga. "Kolam penampung air di halaman kantor atau area parkir mal," ucap Nirwono. [jpn/zul]

http://m.rmoljakarta.com/news.php?id=15119

BACA JUGA

http://www.kaskus.co.id/thread/5601f...k-kali-jakarta
Diubah oleh tiga.besar 02-10-2015 09:57
0
12.2K
159
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.5KThread41.3KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.