fiboonacciAvatar border
TS
fiboonacci
Terimbas Pelemahan Rupiah, 5 Perusahaan di Bekasi Bangkrut, Ribuan Pekeja Kena PHK
BEKASI, KOMPAS.com - Sedikitnya lima perusahaan di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat gulung tikar akibat terimbas dari kian melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS.

(baca juga: Kebijakan Cegah PHK Harus Jadi Prioritas)

"Empat dari lima perusahaan yang tutup karena bangkrut sudah lapor pada kami," kata Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Persyaratan Kerja pada Disnakertrans Kabupaten Bekasi, Nurhidayah, di Cikarang, Selasa (15/9/2015).

Menurut dia, perusahaan yang gulung tikar tersebut antara lain bergerak di bidang produksi elektronik, keramik, dan suku cadang kendaraan. "Meskipun ada yang tidak lapor, tapi tetap kami data karena jelas keberadaan dan prosesnya," katanya.

Akibat kondisi tersebut, setidaknya 1.961 karyawan yang bekerja di lima perusahaan tersebut mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK). "Di tengah kondisi makin lemahnya rupiah, perusahaan tidak sanggup lagi menggaji karyawan hingga akhirnya pailit," katanya.

Sementara itu, sejumlah perusahaan lainnya juga mulai melakukan efisisensi dengan mengurangi tenaga kerja mereka. "Menurut data kami, 368 karyawan yang bekerja di PT Graha Adi Karya Logam, PT Tempo Scan Pacific, PT Kawasaki, dan PT Madurasa terkena program efisiensi di perusaaannya," kata dia.

Karyawan yang terkena efisiensi baru akan dipekerjakan lagi bila kondisi perusahaan sudah berangsur stabil.

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2015/09/16/084100526/Terimbas.Pelemahan.Rupiah.5.Perusahaan.di.Bekasi.Bangkrut.Ribuan.Pekeja.Kena.PHK


0
13.6K
161
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.9KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.