budiimanhgAvatar border
TS
budiimanhg
Saya ditipu agen asuransi
Saya ditawarkan investasi dengan return 33% oieh agen avrist. Return beresiko tidak masalah. Saya ditawarkan investasi. Bukan asuransi.

Dia bilang investasi ini ada sedikit manfaat asuransi. Sedikit ya sudah. So what?

Saya tanya ini saya taro 100 juta, berapa yang buat investasi dan berapa yang buat asuransi. Jawabannya semua investasi. Saya liat asuransinya memang kecil sekali. Asuransi jiwa 250 juta kan kalo ada premi pasti kecil sekali. Ya sudah mungkin diambil dari bunga investasi apa lah. Upline dari agennya memang pernah bilang sesuatu seperti itu. Nanti premi dibayar dari bunga top up atau something.

Barusan saya ditagih lagi 50 juta. Saya agak bingung. Kok agen saya memilihkan sesuatu yang saya harus bayar 50 juta lagi? Kan cukup produk kecil sisanya investasi bebas nanti kalo returnnya tinggi ya saya pasti taro duit lagi.

Saya check ke perusahaan asuransinya.

Saya kaget sekali.

Ternyata dari 100 juta yang saya setor, 50 juta itu angus buat premi asuransi. Asuransi gila apaan? Masak asuransi premi dengan tanggungan 250 juta preminya 50 juta. Saya baca lagi catatan asuransi. Betul betul tidak ada penjeleasan kalo 50 juta pertama hangus.

Adanya premi, kemudian premi top up. Bedanya apa nggak tau. Kalo toh ada ketemunya pasti susah sekali. Ada sih tulisan taun pertama 100% akuisisi. Tahun kedua 40% etc. Ini boro boro saya dijelasin. Sampe sekarang agennya aja nggak tau kalo taon kedua ada yang angus.

Sampai sekarang agentnya masih keukeuh yang dia jual ke saya memang investasi. Meskipun saya sudah bilang saya tertarik investasi dan bukan asuransi. Kalo saya nggak taro duit lagi angus 50 jutanya ilang.

Agennya bilang kalo saya taro 50 juta lagi, 50 jutanya buat investasi. Saya konfirmasi lagi ke avristnya dan mereka bilang cuman 40%nya asuransi dan bukan investasi.

Saya tanya bisa rubah nggak. Ini salah paham. Saya mau investasi bukan asuransi. Lagian kan avrist hanya menanggung resiko kematian anak saya 1 taon yang probabilitasnya kecil sekali. Saya ada screenshot agen bilang ke saya ini investasi.

Kalo toh ini bukan fraud, ini misleading sekali. Semua agen asuransi lain jujur bilang berapa dana yang hilang dan angus dan saya bilang tidak.

Kalo investasi, masak 100 juta investasi 50 jutanya angus? Investasi apaan? Katanya unit link memang semua gitu. Unit link unit lank. Saya ditawarkan investasi kok uangnya ilang.

Saya nggak pernah tertarik beli asuransi. Pengacara saya yang menjualkan asuransi sendiri bilang kalo asuransi nggak ada gunanya karena bpjs. Dia bilang dia dapet sedikit sekali komisi dari sini karena ini cuman investasi dan semata mata mau menolong saya. Saya pikir wajar. Jualan investasi murni komisi kecil. Jualan investasi murni dengan "sedikit" manfaat asuransi ya mustinya bedanya "sedikit' juga dong?

Saya tidak tau lagi harus gimana.

Saya bingung musti gimana.

Mungkin agan agan bilang saya bodoh. Mustinya teliti. Teliti gimana? Agen jelas ngomong itu investasi. Saya udah tanya berapa yang buat investasi dan berapa yang buat asuransi. Saya sudah ngomong saya nggak tertarik dengan asuransi.

Ini "investasi" dengan manfaat asuransi yang kecil. Kalo manfaat asuransinya kecil kok premi angusnya gede banget?

Di dokumen yang saya tanda tangan tidak ada tertulis 50 juta pertama hangus. Atau kalo ada nyarinya susah sekali.
Diubah oleh budiimanhg 15-09-2015 11:24
0
4.6K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Melek Hukum
Melek Hukum
7.6KThread2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.